Sunday, May 3, 2015

Lodeh Pepaya Bumbu Iris


*Jangan Telo..atau lodeh pepaya muda..nich salah satu masakan kebanggaan ibuku..hihi..secara sering banget bikin ini di rumah. Memang Pepaya muda itu sayuran yang murah meriah..dan enak di masak apa saja. Di oseng enak..di bumbu gurih..bumbu rujak..di brongkos..enak semua. Aku suka semua..paling suka..di lodeh begini pakai daun so..terus sering di panasin hingga kuah medok dan mlekoh..hihi..enak bingits..!

Buat teman-teman pemula yang baru belajar masak..pasti yang paling males ngulek-ngulek bumbu ya..jika membuat masakan Jawa berkuah, seperti sayur lodeh ini..tenang..nggak di ulek pun juga enak kok. Di iris aja..praktis..cepat dan nggak perlu tenaga....hihi. Ibuku dulu kalau ngajarin masak..selalu kasih kebebasan.misal membuat sayur bersantan pedas itu bisa dua pilihan, bisa di ulek atau di iris bumbu. Bedanya..jika di ulek..bumbunya nggak perlu banyak-banyak, karena di ulek pasti  lebih terasa, jika di iris perlu bumbu sedikit lebih banyak..itu aja sich prinsipnya. Dan jika di iris, itu rasa sayur lebih segar. jadi..suka-suka aja..mau di ulek..atau di iris boleh kok..jika membuat sayur lodeh yang pedas begini teman-teman. Kadang..cabe merah yang di iris jika sudah matang, bisa jadi pemanis masakan juga kan.



Nah..belajar bumbu udah..sekarang belajar  foto makanan juga ya..biar lebih lengkap belajarnya. Aku selalu ingat sama guru les photograpy yang aku ikutin secara online dulu sering bilang, pertama buatlah suatu cerita sebelum memotret makanan. Sempat bingung juga..memang foto makan bisa di buat cerita ya. Tapi lambat laun setelah praktek..beneran..bisa lho..bercerita lewat foto..misal..saat ini..aku lagi kangen ibuku..huhu..karena kesibukan belum sempat mudik..jadilah masakan ala beliau yang jadi pengobat rindu. Jadi foto ini cukup bercerita..bagiku..bahwa aku merindukan dapur jadul jaman dulu waktu kecil..hihi. Yang di rumah setiap pagi selalu ada sayur yang sudah di nget ( di panaskan )...jadi mlekoh, medok dan over cook  seperti ini penampakannya teman-teman..hihi. Sound unhealthy ? Yes..but it was delicious...! hahaha



Nah..yang membuat sayur lodeh Jawa itu unik dan enak..jangan lupa tempe semangitnya ya..nah ini aku fotoin lagi..buat teman-teman yang belum tau tempe semangit itu yang seperti apa...yang kayak gini nich. Udah berubah..dari putih..jadi kecoklatan, jadi agak empuk..tapi belum kategori jadi tempe bosok lho ya..kalau udah jadi tempe bosok...aromanya terlalu tajam buat sayur. Jadi  yang semangit saja ya..seperti penampakan di bawah ini. Kalau tempe semangit seperti ini..memberi aroma dan rasa khas..tanpa merusak rasa masakan..dan nggak hancur. Jika udah jadi tempe bosok, aroma terlalu tajam dan jadi hancur ketika di campur masakan.



Kalau pepaya muda..udah tau pasti ya..biarpun sayuran murah meriah..tapi sayur ini sangat berjasa lho..menyambung hidup banyak orang..hihi..lebay. Iya..dari dulu ingat waktu kecil..hingga sekarang, kadang jika  di tempatku..misal ada orang yang nggak mampu..itu masih suka minta pepaya muda atau sayuran lain kepada kami..untuk di masak...karena tidak punya uang belanja sayur..dll..jadi ya..lauknya sayur pepaya aja..di oseng atau di lodeh gitu. Kandungan gizinya sebenarnya juga banyak lho..bahkan buat ibu-ibu yang menyusui , bisa melancarkan asi juga Kalau di tempatku bias di bobor sama daun bayam atau daun katuk..buat ibu-ibu yang menyusui bagus. Tapi jangan over cook dan di ngat nget ya...jika buat *busui..hihi. Ini penampakan pepaya mudanya..kalau dulu mah di cacah gitu kalau masak..sekarang versi malas..di serut saja biar cepat..hihi



Oke dech..ceritanya kepanjangan ya teman-teman, maaf..hihi. Langsung saja ini ya resepnya ya teman-teman..jika mau coba ^^

Sayur Lodeh Pepaya Bumbu Iris

Bahan
1 buah pepaya muda ukuran sedang, cacah atau serut
1500 ml santan sedang
8 butir bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
8 cabai merah, iris tipis
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
100 gram tempe semangit, potong kotak
50 gramn daun so
1/2 sendok makan gula merah
1/2 sendok teh kaldu sapi
Garam sesuai selera

Cara membuat 
Tumis bawang mera dan bawang putih hingga matang dan harum, masukkan cabai merah, aduk hingga matang dan layu cabainya.
Masukkan santan, dan semua bumbu lain. Biarkan hampir mendidih
Masukkan pepaya muda, tempe semangit, masak dengan api kecil hingga bumbu meresap.
terakhir masukkan daun so, masak sebentar, koreksi rasa
Sajikan
Akan lebih enak lagi...di nikmati sehari setelah di masak..hihi.







6 comments :

  1. wah ini faforitku banget mb...klo aku g ditumis..langsung cemplang cemplung aja bumbunya..lebih praktis..haha..plus tambah pete rese.. :D

    ReplyDelete
  2. mbak Diah, kalo jaman kecilku cacahan kates nom ini buat campuran oblok2..itu lho semacam bothok tapi nggak dibungkusi...isinya kelapa parut, cacahan kates nom ini, mlandhing (petai cina/lamtoro), godhong so, tomat ijo, sama lombok ijo diiris2...wenaak mbak, palagi kalo dah dingat-nget sampai mlandhing/lamtoro-nya mlenthus2 gitu...wiii nikmaatt...lawuhnya cukup krupuk dah sedap banget :)

    ReplyDelete
  3. Huadeuh ngecesss... jadi bikin kangen masakan kampung. Harus bikin nih..secara tehnik masaknya aku bingits, tinggal plang plung..ga pake lama, ga pake ribet tapi tetep yummy..hihi. Tapi cari pepaya mudanya nih yg susah mbak Di...melas deh..

    ReplyDelete
  4. mb...jd pengen nyoba resep ny...tp dsni gk ada daun so...ini daun apa y mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous : hallo,, daun so itu daun mlinjo yang masih muda itu loh,, tau kan? Gak pake daun mlinjo tetep enak loh, hehe :)
      Maaf ya mbak diah aku nyomot bantu jawab :D

      Delete
  5. Jangan kates,, hemm sayur favorit keluargaku tuh mbak,, lodeh pepaya :)
    Apa lagi di campur dengan lotho,, biasanya di daerah tempat tinggal ku sayur pepaya+lotho+kacang panjang mbak,, siiip banget resep nya mbak :D makasiih...

    ReplyDelete