Thursday, May 7, 2015

Jerohan Ayam Bumbu Terik



Hari ini aku mau masak nasi ayam nich teman-teman. Nasi lengkap khas Semarangan..yang terdiri dari nasi gurih, sayur labu, ayam ingkung ( masak opor atau terik ). Nah..salah satu lauk nasi ayam khas Semarangan itu adalah sate jerohan. Jerohan ayam di masak sama seperti ayamnya..di ungkep dengan bumbu opor putih atau terik hingga bumbu meresap dan kuah mengental. Nggak perlu di bakar atau di goreng satenya..jadi basahan gitu aja. Nah..karena belum matang semua..aku posting aja sate jerohannya dulu ya..^^

Rasanya..tentu saja..enak..pakai banget..! Apalagi jika pakai ayam kampung. Suka dech kalau makan nasi ayam , cari sate jerohan yang ada telur yang belum jadi itu lho teman-teman..yang warnanya seperti kuning telur. Itu adalah favorit Yodhaku. Di setiap beli makanan yang ada sate jerohan ayam kampungnya..pasti tak pernah ketinggalan itu. Jadi telur uritan ini..jadi bonus tersendiri ya..jika makan sate jerohan ayam teman-teman..hihi.


Sate jerohan ayam ini..di masak hingga empuk, dengan santan dan bumbu terik. Rasanya..enak sekali. Karena di ungkep api kecil dan lama, maka bumbu-bumbu menjadi semakin meresap dan jerohan jadi empuk. Siap di jadikan lauk nasi ayam..atau bisa di sajikan begitu saja..dengan sambal terasi pedas..wah enak juga itu. 

Tips mengolah jerohan ayam agar tidak bau, cuci bersih berulang-ulang dengan di lumuri air jeruk nipis terlebih dahulu ya teman-teman. Kemudian..bilas hingga bersih, lalu rebus dulu hingga matang ( tapi belum empuk ). Buang air rebusan pertama, lalu bumbuin jerohan sesuai selera.

Oke..selamat mencoba ya..jika suka jerohan ayam. Jika tidak suka..bisa di ganti ayam aja..^^
Terik Ati Ampela, Tahu dan Telur

Bahan :
6 pasang ati ampela, 250 gram usus ayam yang sudah bersih
Santan 800 ml dari 1/2 butir kelapa
2 lembar daun salam, 2 sereh, 2 cm lengkuas geprek dan 2 lembar daun jeruk purut.
Gula merah 1 sendok makan ( sesuai selera )
Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh
Garam secukupnya

Bumbu halus : 
6 butir bawang merah
4 butir kemiri
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
Rebus rempelo ati, usus hingga matang. Potong-potong, tusuki dengan tusukan sate selang seling. Haluskan bumbu2, lalu tumis hingga harum, masukkan santan, ati ampela dan usus. Masukkan bumbu2 lain.
Masak sampai kuah mengental dengan api kecil. Koreksi rasa.



3 comments :

  1. mbak kalau mau pesan tepungnya caranya bagaimana terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa email aku mba..di bundadidi@gmail.com, inbox di fb Diah Didi atau tinggalin no hp ntar ku sms ya..:)

      Delete
  2. Mbak,mau ya d sms harga dan varian tepungnya. Ini nomer hp saya 087869089082.
    Terima kasih :)

    ReplyDelete