Saturday, May 9, 2015

Tips Memasak Enak Tanpa Penyedap



Setelah bertahun-tahun mengurus blog aku banyak berinterasi dengan teman-teman pembaca yang suka mampir ke blogku. Tidak sedikit yang suka galau..dan sering bertanya..gimana caranya..memasak enak..tanpa penyedap. Alhamdulillah..semua jawaban pertanyaan itu akhirnya mengilhami aku juga untuk menulis buku 62 Resep Masakan Lezat Untuk Menu Sehari-Hari yang akan segera beredar moga-moga akhir bulan ini ya teman-teman. Semoga nanti buku ini bisa menjadi panduan..buat teman-teman..yang ingin memasak enak tanpa memakai penyedap buatan.

Untuk Memasak enak, kunci utama adalah pemilihan bahan-bahan yang berkualitas...dan segar terutama untuk masakan daging, ayam..seafood dll. Walaupun kita bumbuin dengan enak dan bumbu komplet..kalau bahan makanan kurang segar, tentu saja rasa makanan kurang enak. Sebagai contoh udang. Udang..itu adalah sumber rasa gurih alami teman-teman..karena di dalam udang..terkandung rasa umami alami. Coba saja..beli udang segar..di bumbuin garam aja..udah enak lho. Beda cerita..jika udah sudah tidak..segar lagi..bukan rasa gurih dan manis alami yang di dapat..tapi malah bisa merusak rasa masakan..karena cenderung akan amis rasanya.

Ayam..juga..misal ada penjual ayam yang nakal menjual ayam sisa kemaren..jika kita nggak teliti membeli dan kita masak..pasti dech hasil masakan akan kurang enak teman-teman...baik rasa ataupun aromanya. Jadi..teliti sebelum membeli ya. 

Kalau pemilihan bahan udah tepat, selanjutnya..adalah proses pengolahan dan takaran bumbu yang juga harus pas. Tak jarang banyak teman yang email ke aku...apalagi pemula atau newly wed yang baru belajar masak. "Mba..kok aku kalau masak selalu keasinan ya..?"..dll. Nah..kesalahan utama di sini..adalah..banyak teman yang suka *byak byuk* atau sembarangan naruh garam di masakan..hihi.

Garam..adalah bumbu tama masakan kita.  Karena tanpa garam..masakan kita kan terasa hambar. Namun..pemberian garam dalam masakan..itu sebaiknya..sedikit saja di awal, misal..separo dari jumlah takaran di resep. Karena..masakan...semakin lama di panaskan akan semakin asin. Makanya..dalam setiap resep yang ku tulis..aku selalu tuliskan..jangan lupa..koreksi rasa sebelum di sajikan. Jadi..rasa asin dan gurih..bisa lebih kita sesuaikan selera, karena selera orang kan berbeda-beda, ada yang suka masakan asin, ada yang sedang-sedang saja..atau ada yang suka tawar dengan sedikit garam. 

Jadi..kita sebagai  koki rumahan nich..yang  bertanggung jawab untuk memasak masakan buat keluarga..otomatis..kita juga yang  menilai terlebih dahulu masakan yang kita buat..agar nggak nyesel jika udah di sajikan..eh..kurang garam..eh..kurang ini..itu. Jadi..sebelum ambil mangkuk atau piring saji..jangan lupa..koreksi masakan kita dulu ya teman-teman..rasanya. Jadi di sini lah untungnya kita tidak menambahkan garam dalam jumlah banyak di awal, sehingga jika masih kurang garam, tidak masalah..tinggal tambah saja. Beda..jika dari awal udah terlanjur asin..wassalam dech..bakalan semakin asin itu masakan, ketika akan sering di panaskan kembali.

Selain garam..bumbu-bumbu lain..juga harus di takar dengan tepat..agar rasa bumbu bisa balance dan seimbang. Gula..adalah salah satu bahan penyedap alami untuk masakan kita sehari-hari teman-teman..tentu saja.d.engan takaran yang pas ya..kalau terlalu  banyak penambahan gula..yang bukan enak..tapi malah kemanisan..masakannya..hihi. Untuk penambahan gula juga sedikit dulu, jika kurang bisa di tambahkan lagi.

Okey..dech..tips-tips lain..masih banyak lho teman-teman...yang aku tulis di buku perdanaku 62 Resep Masakan Lezat Untuk Menu Sehari-Hari yang akan segera terbit. Monggo..silahkan di cari di toko-toko buku nanti ya..atau kalau malas ke toko buku..bisa di pesan secara online langsung ke aku ya..di bundadidi@gmail.com atau inbox fb ku, biar ku catat dulu. Bisa di kirim ke seluruh Indonesia. Nanti yang beli online langsung sama aku..sekalian untuk syukuran terbitnya bukuku juga..rencana aku mau kasih bonus undian  ahh, hihi...tiap bulan, misal ada 2 pemenang gitu..Mau nggak teman-teman ?..Nah..hadiahnya apa ya ?..Bisa bantu polling teman-teman..hadiahnya ..mau produk-2 tepung andalanku..atau sutil donat yang unik dan langka itu ?..hihi. Tapi di undi ya..jadi siapa yang beruntung, dia yang dapat hadiah suvenir tambahan dari aku..selain dapat bukunya. Tapi yang jelas..Insyaallah buku 62 Resep Masakan Lezat Untuk Menu Sehari-Hari yang aku tulis ini, bisa jadi panduan dan pegangan buat teman-teman di dapur, karena isinya komplet..62 resep lho..jadi bisa lumayan jadi ide padu padan menu selama 1 bulan. Banyak resep baru juga yang belum pernah ku posting di sini..jadi..di jamin bakal ada kejutan resep-resep baru dalam buku itu.

Maklum..saking semangat nulis buku perdana teman-teman, dari pihak penerbit minta 60 resep aja..aku kasih banyak banget..hihi. Jadinya karena keterbatasan halaman..nggak semua juga di masukin ke dalam buku tersebut. Nich..siapa tahu teman-teman mau coba..resep tanpa penyedap..tapi tetap enak..seperti contoh resep berikut nich teman-teman. Jadi..semangat ya..selalu ada cara untuk masak enak dan sehat. Don't worry.. happy cooking..! ^_^

Sate Pentul  Ayam & Udang Versi Goreng

Bahan
200 gram fillet Ayam, cincang halus
50 gram udang kupas, cincang halus
50 gram kelapa parut yang setengah tua
2 lembar daun jeruk purut, iris halus
Bumbu
2 buah cabai merah
3 buah cabai rawit
3 butir bawang merah
1 siung bawang putih
2 kemiri sangrai
¼ sendok teh ketumbar
1 cm kunyit
1 cm jahe
1 sendok teh garam ( boleh di tambah jika suka asin )
1 ½ sendok teh gula pasir
Minyak goreng secukupnya
Cara Membuat
Aduk rata daging ayam dan udang dengan semua bumbu. Koreksi rasa dulu ya teman-teman, caranya, ambil sedikit adonan, lalu goreng dan cicipin rasanya..udah sesuai selera belum. Jika udah oke..kepalkan adonan, ke batang serai yang sudah di kupas membentuk bulat lonjong
Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang
Sajikan hangat

Tips : Minyak untuk menggoreng sate ini..jangan pelit ya,..hihi..biar satenya bisa berendam..dan matang sampai dalamnya2..^^


23 comments :

  1. Mbak diah aku mau donk pesan bukunya, soalnya tempat saya jauh dr kota n toko buku besar, ngarep juga dapat souvenir hiiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaaa..oke..siap..ku inbox ya..:)

      Delete
  2. Mba buku brapa harganya?ada resep kue nya ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sms ya mba.kira2 nya sich udah tau..tapi pastinya..tgg keputusan dr penerbit dulu..:) yg pertama ini khusus masakan mba..yang kedua..kue kering..yang ketiga,,moga2 bs nyusul segera yang jajanan ya..:)

      Delete
  3. Wah tak kira sate lilit Bali, soalnya penampakannya sama persis, cuma kalo sate lilit dibakar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..ini versi sate lilit..tapi malas membakarnya mas..:D..enak juga tapi lo..jadi lebih gurih..:D

      Delete
  4. Wah mbaa aku jadi pengen beli bukunya deh biar masakanku variatif ngga itu2 aja hehehe

    ReplyDelete
  5. mbak diah salam kenal yha... saya umi di gresik, udah berkali-kali saya buka blog mbk diah...hihihi... membantu banget di bidang per "dapur" an
    saya mau dong beli bukunya, kira2 kalo ke gresik tambah ongkir brp ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Umi bisa email aku mba di bundadidi@gmail.com ya :)

      Delete
  6. mbak Diah, selamat ya penerbitan buku barunya...aku mau donk suvernir nya...hehe, boleh mb.Diah hadiah hadiahnya berkenaan baking baking, loyang, cetakan kue dll selain product tepung yang ditawarkan... biar menambah lengkap perabotan di dapur neh hehehhee....ditunggu ya mb.Diah caranya mendapatkan undian tersebut....goodluck buat mb.Diah and keluarga ya...

    Salam + ARA +

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Ara..mksh mba..setiap beli bukuku vi aonline yang lewat aku langsung, nanti akan di undi mba..jk minat email ya..di bundadidi@gmail.com

      Delete
  7. Wah selamat mbk diah, semoga laris dan bermanfaat. Ehem mau dong sutilnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..mksh ya mba :) ..sutilnya di undi mba..hihi

      Delete
  8. Mbak mo order bukunya dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. inbox ya mba di fb atau email di bundadidi@gmail.com..Tq

      Delete
  9. kira-kira bumbu instan apa yang paling aman buat tubuh kita

    ReplyDelete
  10. mba klo buat frozen,dikukus dl kali yaa?

    ReplyDelete