Saturday, May 16, 2015

Bebek Kremes



Wah..lama nggak bikin kremesan. Padahal ya tinggal tuang tepung aja..campur air dan kuning telur..lalu goreng dech..kan pakai tepung kremes jualanku kalau bikin kremesan...hihi. Kemaren dapat  bebek mentah dari mba Elmi..makasih mba..baru sempat masak..soalnya dari kemaren nunggu air kelapa dari tukang sayur kehabisan terus...mau ke pasar kok males. Baru tadi dapat air kelapa. Ngungkep ayam atau bebek berasa kurang sipp..kalau  nggak pakai air kelapa.

Tadi sich..sebenarnya mau buat bebek hitam yang terkenal tuch..yang di request teman-teman resepnya..tapi tak pikir-pikir Yodha nanti nggak bisa makan kan..soalnya pedes banget. Jadi aku ungkep aja..terus di goreng pakai kremesan. Nah..kalau ini Yodha suka banget. Baru di ungkep aja..udah nggak sabar..tanya-tanya terus..udah matang belum Mi bebeknya ?..hihi. Dia memang suka bebek..dulu pernah  makan bebek *perawan* di bebek judes kan enak dan empuk banget gitu bebeknya. Yodha suka..eh habis itu kok tutup restonya..jadinya jarang makan bebek lagi..lha cari bebek mentah juga susah juga kan ya. 

Pas udah mateng..foto aja nggak boleh lama-lama ini sama Yodha..hihi..jadi cepet-cepet aja tadi fotonya. Terus habis dia makan sesuap..langsung nyanyi gini.."This is recomended for you gaes...o..o..o..! " hihi..dia ngikutin host gokil  favoritnya..tuch lho sich Erwin roker yang doyan makan...yang bawain acara urban street food...kata Yodha. 

Yodha nich memang lucu ..kalau makan di resto atau di warung juga..kalau enak..langsung komen..kalau nggak enak juga. Pas kemaren kita makan steak Solo..di salah satu warung terkenal..dia komen..rasa dagingnya aneh, belum matang..hihi. Pas aku bilang..ssst..jangan keras2 Kak..nanti nyakitin hati yang jual...kalau sampai dengar..kalau Yodha bilang gitu. Terus Yodha bilang..."Ya ndak pa-pa tho Mi..kan biar mereka lebih baik nanti..ke pelanggan lain cara masaknya"..kata Yodha. Hihi..duch..duch..udah kayak komentator makanan kayak pak Bondan aja nich..hihi. Tapi memang benar sich dia..pas makan daging steak itu..memang aneh daging masih bau mentah..haha. Lha gimana...masak daging beku langsung dari kulkas di iris-iris dan dimasukin ke kuah steak langsung dan cuma di masak sebentar..jadi ya memang aneh. Berarti lidah mu memang udah terlatih Kak..hihi...besok gede bisa nggantiin Mas Erwin Moro jadi  host makan-makan ya..haha.

Okey dech..mari kita kembali masak lagi ya teman-teman...jika suka bebek..cobain yuk resep ini. Untuk masak bebek..kita musti berani bumbu ya...untuk menetralkan aroma anyirnya. Untuk bebek kremes ini.sengaja kremesan di goreng terpisah..soalnya Yodha suka bebeknya di goreng sendiri...nggak di selimuti kremesan.
Bebek Kremes

Bahan
1 ekor bebek
500 ml air
500 ml air kelapa
2 lembar daun salam
3 cm lengkuas, geprek
1 sendok makan gula merah
1/2 sendok makan garam ( secukupnya )

Bumbu halus
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
6 butir kemiri sangrai
1/2 sendok makan ketumbar sangrai
3 cm kunyit bakar
2 cm jahe
 
Cara membuat 
Lumuri bebek dengan air jeruk nipis, cuci bersih
Ungkep bebek dengan semua bumbu dan bahan lain
Masak hingga air habis dan bumbu meresap, sambil sesekali di koreksi rasa, kurang garam atau tidak ya..sesuai selera
Dinginkan
Goreng di minyak panas hingga matang 
Taburi dengan kremesan yang di goreng terpisah ( aku pakai tepung kremes )
Cara membuat kremesan pakai tepung kremes yang ku jual..liat di SINI ya teman-teman..atau di SINI

Sayurnya..favorit Yodha juga..sekarang lagi seneng sayur oseng buncis..cap cay dll. Tapi sayurannya di masak hingga *medok* alias empuk gini..hihi. Biar sayurnya empuk. kalau masih kreyes-kreyes nggak mau ngunyah dia sayurnya.
 



3 comments :

  1. Mba diah kalo bebeknya diganti sama ayam tetep pke gula merah ga? itu air kelapany pke yg muda pa yang tua?klo beli diabang" yg jualn es klapa kyky dh ga murni(dicmpur es +air)
    Mksih sblmy😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba di ganti ayam, air kelapa tua aja ..:)

      Delete
  2. Mbak ini bebek nya skitar brp kilo ya berat nya

    ReplyDelete