Tuesday, May 12, 2015

Tips Membuat Sambal Untuk Anak- Anak



Beberapa waktu lalu sekilas lihat di tivi ada banyak pabrik saus sambal berbahan berbahaya yang di segel polisi ya..teman-teman. Seyem ya..jadi nggak mau makan sambal-sambal botolan gitu dech. Apalagi buat anak-anak..ya. Untuk Yodhaku nggak suka saus-saus botol gitu..hihi. Dia sekarang ini lebih suka makan pakai sambal terasi. Pertama ku kenalkan sambal sich suka makan sambil ngamuk karena kepedasan. Ngamuk lucu sich..heboh..haha. Heboh kepedesan..aku malah ketawa aja melihatnya. Dia suka ngomel-ngomel..kalau makan pakai sambal..katanya "Mami bohong..bilang nggak pedas..ternyata pedas..!" Tapi anehnya..biarpun protes terus..tapi ya..tetep di makan sampai habis sambalnya..karena merasa enak kali ya..haha...kapok lombok ya Kak. 

Nah..karena kasian liat Yodha kalau kepedesan makan sambal..akhirnya muncullah ide untuk membuat sambal versi anak-anak. Dan berhasil..tadi aku buat sambal khusus yang enak..tapi nggak terlalu pedas. Pedesnya semriwing aja. tapi tetep terasa kalau itu adalah sambal terasi. Dan Yodha suka banget ternyata sambalnya. Nah..ini baru nggak pedes Mi katanya..hihi. Okey dech Kak..nanti Mami buatin sambal seperti ini terus ya..buat makan ayam goreng..ikan dll.

Kunci untuk membuat sambal anak ini..cabe dikit aja ya teman-teman..banyakin tomatnya. Biar rasanya nggak cuma kecut atau asam tomat..bumbu-bumbunya juga musti pas. Bawang merah di banyakin juga..jadi aroma sambalnya lebih gurih. Terasi..juga pilih yang sedep..jadi nggak perlu pakai penyedap ya buat anak2 pun udah enak. Jadi..sambalnya tetap enak..dan warnanya pun tetep menggoda ya teman-teman. Kalau nggak di bilangin ini sambalnya nggak pedes..pasti bisa terkecoh ya kita..dengan penampakan warnanya yang merah mggoda. Ya..karena pakai tomat itu tadi teman-teman. Aku tadi sempat makan juga sambalnya..enak..tapi buat penggemar pedas mania kayak aku ya..nggak nampol pedasnya..haha. Tapi buat anak-anak dan teman-teman yang nggak suka pedas..pas dech. Pilih tomat segar yang ranum dan merah, jadi selain warnanya cantik juga nggak akan terasa asam sambalnya.

Tadi buru-buru bikin sambalnya..karena Yodha lagi ujian akhir ini..jadi pulang jam 12, jadi masak musti cepat..nggak nyampe 15 menit..matang dech sambalnya. Lho..kok bisa....?..Bisa dong...jadi ibu jaman sekarang musti pinter-pinter bagi waktu ya teman-teman buat keluarga..acara masak memasak..dan kegiatan lain. Apalagi nich buat ibu-ibu yang berkarir juga..pasti dech waktu memasak jadi terbatas. Tapi..seperti tag line dalam buku terbaruku nich teman-teman..*Selalu Ada Waktu Untuk Memasak*..jadi semangat ya. Pasti bisa dan ada waktu untuk memasak jika kita mau sedikit berusaha dan meluangkan sedikit waktu ya. Kayak tadi contohnya..buat sambal matang untuk Yodha..10 - 15 menit aja tadi kira-kira udah matang lho.

Nah..tips memasak dengan cepat tapi tetep enak..itulah yang aku tuangkan idenya dalam buku perdanaku..Buku Resep 62 Resep Lezat Untuk Menu Sehari-Hari. Dalam buku tersebut, semua tips memasak dengan cepat, mempersiapkan bahan dengan cepat, membuat bumbu dasar. dll..komplet ada semua tips nya. Dalam setiap resep juga di sertai dengan tip-tips yang bermanfaat. Jadi..hari gini nggak ada waktu untuk masak ?..Duch..nggak kekinian dech !..hihihi...kok jadi ikutan istilah yang lagi nge trend di sos med ya teman-teman aku..^^

Jadi intinya.memasak itu..bisa tetap kita lakukan walau kita sibuk kok. Sebagai contoh nich..bikin sambal terasi matang untuk anak-anak yang enak nich..cuma makan waktu maksimal..15 menit..yukk simak resep praktis berikut ya, Resep praktis lain beserta tips nya lengkap..ada di bukuku ya..jadi silahkan jika yang membutuhkan, bisa pesan lewat aku..atau bisa di  beli di toko-toko buku nanti ya..ready akhir bulam Mei ini..Insyaallah..^^

Sambal Terasi Matang Khusus Untuk Anak-Anak

Bahan
6 buah cabai merah, buang bijinya
8 buah bawang merah, potong-potong
1 bawang putih
1 buah tomat merah, yang ranum dan segar ( kira-kira 100 gram )
1 sendok teh terasi bakar 
1 sendok teh gula merah
1/4 sendok teh garam ( sesuai selera )
Minyak secukupnya

Cara Membuat 
Goreng cabe merah, bawang merah dan bawang putih, tomat, hingga matang
Masukkan semua bahan ke dalam blender, beri sedikit air atau minyak goreng
Blender sebentar, jangan terlalu halus ya, agar tekture sambal masih terasa seperti jika di ulek
Tumis kembali hingga matang dan harum

Tips
Jadi..membuat sambal dengan blender itu nggak masalah. Karena bahan-bahan sudah di tumis terlebih dahulu. Jadi tidak akan terasa langu cabenya. Rasanya..tetap sedap dan enak. Selama ini banyak yang beranggapan menghaluskan bumbu dengan blender itu tidak enak. Padahal..kalau kita tahu triknya..percaya dech..sama enaknya dengan di ulek kok. Jadi...lebih cepat dan praktis kan..terutama buat super mom yang sangat sibuk pun..masih sempat kok bikin sambal. Yukk semangat masak ya..^^

16 comments :

  1. Enak yå mba diah. Kalo bikinnya agak banyak penyimpanannya gimana yå? Biasanya ak simpan di toples kaca kecil, tapi gak berani lama lama, max 3 hari. Harusnya gimana yå mba? Slnya anakku juga seneng sambal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di simpan di kulkas mba bs tahan seminggu lebih :)

      Delete
  2. mbak diah..mau juga dong beli bukunya..

    ReplyDelete
  3. Mba Diah, jadi ga sabar nih nunggu bukunya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..moga akhi rbulan ini ya ready..:)

      Delete
  4. Saya kok sll suka lihat anak kecil kalau kpedesan ya, Mbak. Lucuu....:D *jahat*

    Btw, emang musti banyakin brambang ya biar makin gurih sambalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi,...iya Yodha suka ngomel2 sambil makan..terus monyong bibirnya jika kepedesan mba..:D

      Delete
  5. anak-anak suka pedes mbak dirumah jadi gak pernah ada sambal khusus untuk anak :)

    ReplyDelete
  6. Mb Diah..toss dulu. Kl di jepang jg sy bikin sambel dan bumbu masak lain slalu pake blender. Rasanya ttp not bad kok ya 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Aulia..kalau lagi buru-buru..sangat menolong emang blender ya..hihi

      Delete
  7. Senangnya ketemu resep ini. Buat latihan makan pedas untuk anakku.

    ReplyDelete
  8. Nah ini mbak, aku juga selalu bikin sambal anak-anak, karena bojoku ndak suka pedes. masalahnya adalah, sambelku kok ndak pernah terasa enak ya? padahal sudah pake resep ini lho... pakai tomat yang mana? kan banyak jenisnya ada tomat besar berdaging tebal, tomat besar daging tipis, tomat imut bulet (tomat cherry), tomat besar bergelombang, tomat besar bulat mulus... aku sampek bingung mau milih tomat yang pas. Tomat besar kalo digoreng hasil sambelnya tetep banyak airnya....
    tomat mana ya yang paling tepat buat bikin sambel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kunci utama sambal terasi yang enak ya terasinya mas...kan itu sebagai penyedap alaminya..Mas di luar negeri pakai terasi apa ?..:D

      Delete
    2. Oh tak kiro tomatnya, soalnya tomat sini berasal dari pertanian rumah kaca sih ya... Di Jerman cuma ada terasi bakar flower brand dari Malaysia mbak. lucu ya, namanya terasi kan aslinya dari Indo, eh malah Malaysia ngekspor duluan, gimana ini pengusaha kita...?

      Delete