Saturday, May 23, 2015

Tip Memilih & Mengolah Tempe



Tempe...oh tempe..makanan favoritku dan mungkin juga banyak teman-teman di seluruh Indonesia ya..hihi. Sehari nggak makan tempe..serasa ada yang kurang..hihi..*lebay kalau ini..*
Tapi memang beneran sich...nggak pernah bosan lho..mengolah tempe ini teman-teman aku..dan juga memakannya..dari yang cuma di goreng sederhana bumbu garam, bawang & ketumbar..atau yang biasa kita sebut tempe goreng garit,...sampai di buat aneka masakan yang lebih bervariasi..pokoknya..love  tempe forever dech..hihi.

Nah..buat teman-teman newbie di dapur..buat para *manten anyar*..alias newly wed yang baru belajar masak..atau remaja putri yang baru belajar masak..jangan ragu untuk mengolah tempe ya. Tempe..enak lho di buat aneka masakan..selain cuma di goreng aja.

Nah sebelum masak..aku kasih sedikit tips ya..cara memilih tempe yang benar..agar   mendapatkan tempe yang berkualitas sehingga rasa makanan menjadi lebih enak. Karena tak jarang lho..kita temui kadang-kadang rasa tempe yang asam atau pahit, jika kita beli tempe ya teman-teman. Udah dech..bakalan merusak citarasa jika dapat tempe seperti itu..mau di olah apa aja..jadi kurang sip rasanya.

Jadi..tempe..adalah salah satu bahan makanan khas Indonesia yang terbuat dari kedelai yang mengalami proses fermentasi dengan ragi. Tempe ini banyak mengandung vitamain B 12. Tempe yang bagus itu bentuknya padat dan terbuat dari kacang kedelai yang tua. Warnanya putih bersih, karena sudah terselimuti lapisan jamur di seluruh bagiannya. Jika di tekan itu keras, aromanya segar aroma khas tempe. Jika tempe terasa pahit itu berarti kacang kedelai yang di pakai masih muda, sehingga proses fermentasi kurang bagus, selain itu kadang ada juga tempe yang di campur ampas tahu dan jagung.


 

Warna tempe kedelai..seharusnya putih pucat dalamnya. Sehingga waspadalah jika menemukan tempe yang kuning bagian dalamnya..berarti itu memakai pewarna bukan alami. Karena nggak mungkin itu tempe pakai kunyit, karena kunyit itu menghambat proses fermentasi,  karena kunyit mengandung zat anti bakteri. Jika ada, pilihlah tempe yang di bungkus daun pisang, karena tempe yang di bungkus daun pisang, masih ada kontak udara, karena tidak terlalu rapat bungkusnya, jadi proses fermentasinya lebih lambat, maka tempe tidak akan cepat  busuk. Jika tempe yang di bungkus plastik, sebaiknya jangan di simpan terlalu lama, karena fermentasi terus berjalan. Coba saja pegang tempe yang terbungkus plastik..pasti akan terasa hangat bukan teman-teman jika kita pegang.

Simpan tempe yang di bungkus rapat di kulkas ya..agar lebih awet, tapi maksimal daya simpan di kulkas 3 hari saja. Selain di konsumsi dalam bentuk segar..di Jawa..tempe segar bisa di buat tempe semangit yang enak di pakai sebagai penyedap masakan. Sebaiknya membuat sendiri tempe semangit dari tempe segar..karena jika membeli di pasar..takutnya bukan dari tempe segar..tapi dari tempe yang gagal fermentasinya. Tempe yang gagal fermentasi tidak enak jika di jadikan tempe semangit..karena aromanya beda..dan biasanya akan menjadi tempe yang busuk...serta pahit.

Bagaimana cara membuat tempe..wah..silahkan lihat di google..banyak ya..hihi. Aku sendiri, seumur-umur belum pernah bikin tempe sendiri..walaupun dulu jaman kecil ibuku sering bikin tempe sendiri, tapi aku agak-agak lupa takarannya, paling-paling bantuin bungkusnya aja dulu..hihi. Kalau prosesnya lama juga soalnya..dan belum kepepet sich sekarang untuk membuat tempe sendiri..karena hampir tiap hari di mana-mana banyak tempe bertebaran..di tukang sayur atau di pasar maksudnya..hihi. Murah pula..tinggal goreng dech, nggak perlu menunggu lama.

Nah..anak-anak biasanya kurang suka tempe ya teman-teman..seperti Yodhaku. Nah...makanya kita perlu kreatif dech dalam mengolah tempe..agar lebih menarik minat anak-anak agar gemar makan tempe. Yodhaku yang biasanya ogah makan tempe goreng..sekarang udah mau lho..makan tempe..tapi dalam bentuk olahan yang lebih enak dan modern seperti ini..yaitu Steak Tempe. Gimana resep steak tempe..dan olahan tempe lain yang menggugah selera, seperti foto masakan tempe di foto paling atas postingan ini ?..Resepnya ada di buku perdanaku ya teman-teman, yang segera di launching minggu besok.  Yodhaku..suka banget steak tempe ini..^^


Buku perdanaku : 62 RESEP MASAKAN LEZAT UNTUK MENU SEHARI - HARI ini, Insyaallah pertengahan minggu besok udah ready teman-teman..jadi yang pesan buku kemaren..silahkan konfirm lagi ya...atau nanti aku konfirm ulang satu persatu. Tadi udah nyicil konfirm teman-teman yang mesan di inbox page di fb, tapi belum selesa semua..udah keburu lemot koneksinya..huhu..duch..padahal dari subuh lancar...eh begitu pagi..udah lemot lagi internet..jadi sabar ya teman-teman..segera ku balas satu persatu  nanti. Ntar tengah malam lagi..hihi..jika koneksi lancar lagi teman-teman.

Buku resep perdanaku ini terdiri dari 120 hal full colour, dengan 62 an resep..macam-macam lho..ada 10 resep olahan tempe, 10 resep olahan tahu, 10 resep olahan seafood, 10 resep olahan daging, dan 10 resep olahan ayam, serta satu lagi 10 resep olahan sayur. Komplet dech menunya..bisa buat bekal menu buka puasa sebulan nanti kan teman-teman..hihi. Dalam buku ini..juga di lengkapi aneka tips lengkap dalam memperisapkan bahan dan memasaknya..jadi buat pemula pun nggak akan kesulitan mengikuti resep-resep dalam buku ini.

Okey..di tunggu ya..yang mau pesan..bisa email di bundadidi@gmail.com..inbox di fb..page..atau sms juga boleh dech di 089654712500. tapi sms only ya..soalnya single fighter nich ngurus kerjaan..orderan tepung dll..jadi takut ngecewain aja..jika ada yang telp..terus nggak bisa langsung ku angkat..hihi. Harap maklum ya teman-teman..belum punya assisten soalnya.

Ok..Happy  weekend & Happy cooking..!

3 comments :

  1. assalamualaikum mbak Diah, tampilan steak tempe nya menggoda..bukan anak2 aja yang mau..dewasa juga. semoga lancar launching bukunya..jadi ga sabar bukunya sampai kesini..Fajarati-Riau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wass, mksh mba Fajarati..ya mba..siapp segera sy krim bukunya ya...mungkin rabu sampai Semarang..:)

      Delete
  2. Ntar kalau main di Gramedia aku mau cari bukunya aah...

    ReplyDelete