Tuesday, May 5, 2015

Mie Kuah Pedas Udang



Kemaren rencana mau buat Mie Pedas ala Aceh..tapi ujung-ujungnya kok melenceng pakai kecap juga..sedikit..hihi. Jadi nggak otentik Aceh dong ya..maka aku sebut Mie Pedas aja. Memang aku belum pernah makan mie Aceh itu bagaimana otentik rasanya. Dulu di Semarang atas sini ada warung Mie Aceh..di daerah dekat mahasiswa sana..tapi belum sempat nyicip kok ya udah tutup. Memang di Semarang atas ini..walaupun dekat kampus dan mahasiswanya tentu berasal dari beragam daerah..namun keragaman makanan yang di jual masih kurang. Masih di dominasi pedagang penyetan yang paling banyak..hihi. Beda banget sama di Yogya. Kalau di Yogya..mau makanan apa aja dari daerah lain di seluruh Indonesia..banyak.

Pas aku baca resep di salah satu majalah koleksiku..ada bahannya pakai bubuk kari..ah..aku nggak punya..dan kurang suka juga bubuk kari. Jadilah bikin mie aceh versi aku sendiri..versi Jawa..pakai sedikit kecap juga biar pas enak rasanya..hihi. Pokoknya..lidah Jawa kudu pakai yang namanya gula atau kecap biarpun sedikit untuk penyeimbang rasa.

Jadilah resep ini bukan resep otentik mie Aceh..cuma ala-ala aja ya teman-teman. Kalau pelengkapnya sich..komplet..ada acar..ada emping..dan juga tampilannya sama-sama menggoda bukan. Untuk cabenya aku tambahin cabe bubuk biar makin merah dan pedes..hihi. Untuk kaldunya aku pakai kaldu udang.

Oke..jika mau coba..ini dia resepnya ya teman-teman..^^

Mie Kuah Pedas

Bahan :
250 gram mi basah
2 lembar daun kol plus taoge harusnya...tapi aku pas nggak punya.
100 gram udang kupas, sisakan ekor
1/4 sendok teh cabai bubuk
400 ml air / kaldu udang ( Cara membuat kaldu udang liat di SINI ya )
2 sendok makan kecap manis

Bumbu Halus:
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 buah cabai merah
1/4 sendok teh merica

Pelengkap:
Daun bawang, diiris tipis
Bawang goreng
Emping

Acar Ketimun :
100 gram ketimun, dikupas, buang biji, potong sesuai selera
5 buah cabai rawit
100 ml air panas ( mendidih )
2 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh garam
1 sendok teh cuka

Acar ketimun: Campur air, gula, garam, dan cuka.  Masukkan ketimun dan cabai rawit. Koreksi rasa.
Diamkan hingga meresap

Cara Membuat :
Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum dan matang. Tambahkan udang. Masak sampai berubah warna.
Tambahkan  air / kaldu. Masak hingga mendidih.
Masukkan mi, dan semua bumbu lain.Masak sampai meresap. Koreksi rasa, tambahkan kecap, aduk rata. Angkat.
Tata mie dalam piring. Taburi irisan daun bawang, bawang goreng, dan emping.
Hidangkan bersama acar ketimun dan cabai rawit, serta emping melinjo

12 comments :

  1. ebetulan saya orang aceh mba, dan setau saya mi aceh ttp pakai kecap sedikit mba, krn saya sering lihat pembuatan mie aceh kalau saya beli. Trs menurut teman yg kebetulan jg dulu jualan mie aceh, katanya di bumbu nya jg ada pemakaian cabe kering atau sdh menjadi bubuk dan kaya rempah lainnya jg mba. Saya jg sering buat mba, tp sepertinya mie aceh rumahan rasanya tdk mungkin otentik dngn mie aceh warung, gak tau jg knp ya...mngkn jg krn mereka punya bumbu rahasia kali ya...

    ReplyDelete
  2. Mksh mba Laura infonya. Oh pantes ya mba..aku ikutin resep di majalah..gak pakai kecap..aku kurang cocok cuma asin aja..hihi. Rempah kari itu yang di maksud kali ya. wah jadi penasaran pengen maem mie aceh yang asli,.:D

    ReplyDelete
  3. Ayo mba main2 ke Aceh, ntar saya aja deh yg jd guide nya buat mba Diah, special lho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasyikkk..moga ada kesempatan ya mba..daku termasuk orang yang belum pernah ke luar Jawa hingga jauuuhh gt..:D

      Delete
  4. mirip mie aceh kalau dilihat dari gambarnay ya mbak, aku suka banget mie aceh

    ReplyDelete
    Replies
    1. mksh mak..sipp dech kalau udah mirip fotonya..hihi..kalau rasnaya..kurang tau soalnya aku belum pernah coba mie aceh yang asli..:)

      Delete
  5. Belum pernah makan mie aceh...tp gambarnya menggoda sekali mba Diah😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..sama mba Hesti..aku ya belum pernah coba aslinya..ini mereka2 aja..di sesuaikan selera sdr..:)

      Delete
  6. ke Jogja Mbk ada mie aceh bungong jeumpa enak Dan murah mantaap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..kapan2 di coba dech klu ke Yogya..:)

      Delete
  7. Enak banget tuhhh kayaknya.. Aku mw coba ah dirumah buat kayak gitu.. Hehehehe

    ReplyDelete
  8. Aku malah udah bosen makan mie aceh karena ikut suami tugas di aceh. :-)

    ReplyDelete