Google Ad

Monday, February 23, 2015

Tempura Ala Jepang


Tempura udang yang renyah gurih..garing di luar , lembut di dalam..siapa yang bisa menolaknya..hihi. Aku juga suka sekali. Dari dulu jaman kerja terakhir sebelum nikah di ekspor impor aku banyak buyer dari Jepang..jadi sering banget makan di resto Jepang sama klien..paling suka yang tempura. Aku sich sukanya gorengannya aja..ya udang dll..kalau sausnya nggak suka..hihi..*lidah ndeso *

Nah dulu tuch kalau udah makan tempura Jepang ini..berasa makan makanan mewah..hihi..maklum..anak kost..seringnya di traktir bos atau relasi kalau makan ke restoran Jepang..atau kalau ngajak klien makan di resto Jepang kan juga di bayari kantor..hihi. Sekarang begitu suka masak..dan sering bikin tempura sendiri..ternyata kok ya mudah saja..hihi. Murah dan ekonomis teman2..kalau bikin tempura sendiri di rumah.


Tapi kadang2 tuch..kalau buat adonan pencelup sendiri..suka repot ya teman2..karena timbang bahan2 yang cuma dikit..kan karakter adonan tempura itu kan encer ya..jadi hanya butuh sedikit tepung aja, jadi kadang kalau mau buat tempura..suka males nimbang2 tepung cuma 50 gram..dll. Nah..sekarang ada nich..tepung easy mix JAPANESE TEMPURA praktis siap pakai , produk baru dari Sriboga. Aku udah coba di rumah..enak..pakai banget. Adonan tempuranya itu..*just perfect*..kriuk di luar..dan lembut di dalam. Tapi harus di nikmati selagi hangat lho ya..jangan membayangkan tempura itu awet kriuk hingga dingin..karena kalau di resto2 Jepangpun kriuknya ya ketika hangat aja kan ya teman2. Tapi kriuknya lumayan bertahan lama kok...di banding jika kita meracik sendiri adonan tepungnya..hihi. Karena bahan tepung yang di pakai memang khusus dari Sriboga.

Nah kebetulan aku di perbolehkan menjual produk ini secara online oleh Sriboga..jadi seneng sekali dech..karena sangat unik dan sesuai seleraku rasanya. Jadi..resmilah sekarang jadi produk baru jualanku ya teman2. Cara membuatnya mudah banget, simak step dan tips di bawah ini ya..^^

Tempura Ala Jepang Dengan EASY MIX  JAPANESE TEMPURA

Bahan :
250 gram udang segar ukuran besar
100 gram TEPUNG JAPANESE TEMPURA
180 - 200 ml air es ( air dingin )
Garam dan bumbu lain secukupnya jika perlu, seperti garam atau kaldu atau merica bubuk
50 gram tepung TEPUNG JAPANESE TEMPURA  untuk pelapis
Minyak secukupnya

Cara membuat :
Siapkan udang kupas yang sudah bersih dan lurus bentuknya ( lihat tips & foto cara meluruskan dan membersihkan udang )
Campur 100 gram TEPUNG JAPANESE TEMPURA dengan air es, tambahkan bumbu jika perlu. kocok perlahan hingga rata dan jadi adonan yang nggak terlalu kental ya.
Gulingkan udang ke tepung easy mix kering, celup ke adonan tepung basah
Goreng ke minyak yang sudah di panaskan hingga matang dan renyah
Sajikan hangat selagi renyah dan krispi lapisan tepungnya
Sajikan dengan saus sesuai selera

Tips :
Bersihkan tali kecil hitam yang berada di punggung udang, dengan bantuan tusuk sate atau tusuk gigi bersih, karena tali hitam ini adalah kotoran udang, jika tidak di hilangkan akan ada rasa pahit2 sedikit udangnya..hihi

Noted :
Tepung tempura ini ala Jepang, jadi tidak terllau asin, no msg, jadi jika suka gorengan yang gurih , bisa di tambah garam atau bumbu bubuk sesuai selera. Tapi kalau aku lebih suka..udangnya yang aku bumbuin, jadi ketika di balut tepung tempura ini..pas..sekali rasa gurih alaminya..dari udang..dan tepungnya jadi ikut gurih alami tapi nggak berlebihan. Jadi enak buat di cemal cemil. 
Selain untuk menggoreng udang, tepung tempura ini juga enak untuk membuat aneka tempura sayuran, cumi, ayam, jamur, ikan, dll sesuai selera.


Nah...gimana biar udang yang tadinya melengkung2 ini bisa lurus, mudah saja..kerat2 bagian bawah udang dengan pisau, tapi  jangan sampai putus ya, balik udang, lalu pijit2 hingga lurus.


Nich udang yang udah di pijit2 tadi...jadi lurus dan siap berbaris untuk di goreng..hihi..


Lumuri udang yang udah di lurusin di atas dengan sedikit garam dan tepung maizena, remas perlahan dan cuci di air mengalir hingga bersih..agar bau amis udang hilang. Karena maizena akan menyerap aroma amis udang. Coba saja buktikan teman2..cium udang sebelum di remas2 dengan maizena dan sesudahnya..aroma amisnya hilang lho..hihi

Setelah udang bersih, jika mau lebih gurih boleh di bumbuin sedikit garam dan bawang putih bubuk, lalu di gulingkan ke tepung Tempura easy mix kering.


 Selanjutnya..celup ke tepung tempura easy mix basah ya..lalu goreng hingga matang.


Tips menggoreng tempura agar renyah, minyak harus banyak, panaskan dan tunggu hingga minyak benar panas, baru masukkan tempura. Jangan terlalu banyak memasukkan adonan tempura ke wajan..agar suhu minyak tetap terjaga dan stabil. Kalau kebanyakan masukin tempuranya..yang ada malah susah kering dan nanti bakalan menyerap minyak tempuranya.


Udah..matang dech..mudah sekali kan teman2..membuat tempura ala Jepang sendiri..lebih hemat dan hasilnya banyak..hihi. Coba aja makan tempura di resto Jepang..pasti dech mahal banget ya harganya. Rasanya..hemmm..nyam..nyam..garing di luar..lembut di dalam..best ever tempura dech..lebih enak daripada beli lho..hihi. Jika adonan tempura masih sisa..bisa di buat menggoreng bawang bombay atau sayuran lain lho. Tak kalah enak dari udang..tapi tetep..favoritku ya tempura udang ini..hihi..gurih banget..!

 

 

 

Nah ini dia tepung tempura easy mix nya teman2..ready stock lho. Aku rencana ambil 2 minggu sekali aja dari pabriknya..jadi dapat stock baru terus. Yang mau order seperti biasa ya..email aku di bundadidi@gmail.com, inbox fb ku Diah Didi, isi contact form di bagian kanan atas webku ini, atau tinggalkan komentar di kolom komentar tinggalin no hp ntar ku sms juga bisa. Atau jika serius langsung mau order bs sms atau wa ke  no 089654712500,  sms only ya...no call..dan harap bersabar jika kadang terlambat balas sms..karena terbatasnya waktu, dan nggak selalu pegang hape, tapi  sebisa mungkin akan di balas maks malam hari setelah sms. Terimakasih.
Tersedia kemasan 1 kg ya. Membuat tempura ala Jepang..jadi lebih mudah dan cepat dech..dengan tepung praktis ini.Dan lebih ekonomis...coba teman-teman makan di restoran Jepang dan pesan menu Tempura udang..hemm..sudah pasti nguras dompet kan..hihi. Kalau pakai tepung ini..selain jadi banyak..satu kilo tuch bisa berkali-kali pakai dan multi fungsi lho. Search aja di webku ini, banyak olahan pakai tepung tempura ini, dari untuk tempura sayur, jagung, hingga tempura pisang ala aku..hihi.

Oh ya, tepung tempura Sriboga ini, nggak asin ya..jadi rasanya cenderung tawar, otentik ala, jadi fleksibel,..jika mau jadi tempura gurih, kalau aku tambahin bumbu sendiri, kalau buat tempura pisang yang manis, tambahin gula dan vanili..enak..!





32 comments :

  1. kriukssss.....yummyyyyyy.....*lapar melanda

    ReplyDelete
  2. kalau untuk tempe atau tahu bisa juga nda mba ?

    ReplyDelete
  3. aku juga dulu bingung kenapa udangnya lurus sih, ternata di kasih tau temen caranya. Seperti ini toh

    ReplyDelete
  4. Makasi Mbak resepnya. Jadi pengen coba :)

    Ngomong2, di kerat2 tuh apa ya? Hehehehe aku ga pernah sukses lurusin udang. >.<

    Salam kenal,
    Lia

    ReplyDelete
  5. haloo mba Diah Didi, sy mau order tepung tempura harga nya brp ya? makasi 08998330500

    ReplyDelete
  6. mbak saya mau beli tepung tempura ,tepung aci bakso dan tepung kentang bagaimana caranya , umi alfa 081719797

    ReplyDelete
  7. sorry salah mbak umi alfa 0811719797

    ReplyDelete
  8. mba saya mau tepung tempuranyaaa 0821 4350 8777

    ReplyDelete
  9. mba saya mau pesen tepung tempuranya gmn caranya? 082182181013

    ReplyDelete
  10. Mbak berapa harga tepung tempura sama tepung leker mix oka 081274158662

    ReplyDelete
  11. mbak aq mau pesen tepung tempuranya gimana caranya 085753318588

    ReplyDelete
  12. Mbak aku pengen pesan tepung tempuranya dan produk lain yg mbak jual, please info ke aku dong di 0813 6876 7411. thx.

    ReplyDelete
  13. mbak, saya mau beli tepungnya. 082147560514

    ReplyDelete
  14. Mau pesen tepungnya jg 08161603628

    ReplyDelete
  15. Mba, bisa minta list jualan dan harganya? minta tolong diemail ke oops.thia@gmail.com

    ReplyDelete
  16. cara order tepung tempuranya gimana mbak? 085225143660

    ReplyDelete
  17. mba minta list harga dan cara pemesanannya raniaahad@yahoo.com

    ReplyDelete
  18. Mbak, harganya berapa dan berapa minimal ordernya ?
    Mohon info ke ririentmarlini@gmail.com ya, Mbak.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  19. aku juga dulu bingung kenapa udangnya lurus sih, ternata di kasih tau temen caranya. Seperti ini toh

    ReplyDelete
  20. bisa di buat bekal nih, makasih resepny ya mb

    ReplyDelete
  21. Mba saya mo pesen tepungnya... Sama minta list jualanny de mbak.. Sapa tau ms ad yg lain yg sy butuhin... Thanks mbak.. Tar dkrm aj k email saya y... Mariskamitzi@yahoo.com...

    ReplyDelete
  22. Mbak saya mau beli tepung tempuranya..sekalian boleh di email list jualannya..kali ada yang bisa sekalian dibeli ke fantry.lastrinisari@gmail.com.makasih

    ReplyDelete
  23. Mbak saya mau beli tepung tempuranya..sekalian boleh di email list jualannya..kali ada yang bisa sekalian dibeli ke fantry.lastrinisari@gmail.com.makasih

    ReplyDelete
  24. Wah ini makanan favorit keluarga :D

    ReplyDelete
  25. mba diah,sy order tepung tempuranya,skalian minta list jualan mba boleh?
    sy tunggu info.dr.mba di ukkybandi@gmail.com
    suwun mba

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel