Google Ad

Tuesday, December 30, 2014

Roti Pia Basah Isi Kacang Merah


Akhir2 ini setelah sering buat hotteok ala Korea..jadi ingat..kalau di Jawa nich banyak kue2 enak....yang nggak kalah enak sama hotteok..tapi kok ya kalah nge top ya..hihi. Misal..bakpia...atau yang lebih mirip lagi roti pia basah..ini bener2 mirip hotteok..karena bentuknya gepeng tipis..dan ada isinya. Hemm..sama2 enak..tapi kok nggak ada ya..yang kepikir bikin gerai pinggir jalan..roti pia basah gitu..jadi bisa di nikmati anget2 dan jadi jajanan khas. Selama ini roti pia basah ini cuma bisa di temui di pasar2 tradisional..dan itupun kurang tenar pamornya..di banding saudara dekatnya..yaitu bakpia pathuk Yogya dkk..hihi.

Jadi hari ini temanya pengen ngulas soal bakpia dan aneka pia ya teman2. Walau sejenis ternyata variasinya banyak sekali ya aneka pia di Indonesia kita tercinta ini teman2..tapi..sudah adakah yang go public..mendunia..kok ya belum banyak ya. Sayang sekali..snack khas Indonesia yang enak2 ini..kurang begitu di kenal luas. Mungkin bakpia Yogya ya..yang sudah terkenal..itu pun masih sebatas di dalam negeri ya. Moga2 besok2 semakin nge top dech kue2 khas Indonesia.

Kemaren pas pulang ke Yogya..di sudut pasar tradisional di tempatku..ada kios penjual bakpia yang unik..yaitu bakpia yang fresh..langsung di panggang di depan pembeli..wah..ide bagus juga itu ya..daripada beli yang dah di pajang di toko..memang lebih enak..kalau beli yang fresh abis manggang. Jadi pembeli juga bisa melihat langsung cara membuatnya. Kemaren aku sempat tergoda mau beli..tapi liat antriannya kok panjang banget..jadi undur diri dech. Tapi kadang2 mikir juga sich..kalau mau beli bakpia sekarang...karena udah bisa bikin sendiri dan sering buat..jadi bisa lebih enak dan sesuai selera dech rasanya..manisnya..dll. Buat bakpia ala Yogya itu mudah lho teman2..resep udah banyak ku share ya di web ini aneka variasi bakpia.

Nah..karena lagi ingat hotteok ala Korea..aku nggak bkin bakpia yang versi Yogya dech..api yang pia basah alias roti pia. Beneran,..mirip hotteok..sama2 adonan roti tanpa telur, Bedanya..kala hotteok di goreng di minyak, kalau roti pia ini di panggang. Tapi keduanya smaa enaknya lho. Bedanya hotteok ngetop sebagai cemilan kebanggaan Korea..kalau roti pia basah ini..hampir tenggelam di telan jaman..kalau di kalangan anak2 atau remaja..kalah ngetop sama kue2 modern ala bakery2 ala Mall yang lebih terkenal tuch  ya..hihi..sayang yach teman2. Tapi ya gimana lagi..penggemar roti2 jadul gini mungkin udah berkurang ya teman2..buktinya roti pia ini hanya di jual di pasar2 tradisional..dengan harga yang murah meriah..dan itupun nggak terlalu laku..huhu. Padahal enak lho teman2..asal di buat dengan benar..isiannya enak..rasanya juga enak..tak kalah enak sama hotteok..hihi.

Ya udah dech..mari kita lestarikan aja..jajanan jadul gini ya teman2..jika mau mencoba membuat pia basah ini dia resepnya ya teman2..isi bisa di sesuaikan selera..bisa kumbu kacang hijau, coklat kumbu kacang merah dll sesuai selera.
Roti Pia Basah Isi Kacang Merah

Bahan:
250 gr tepung terigu protein sedang
2 sendok makan gula pasir
35 gr margarin
125 ml air hangat
1/2 sendok makan ragi instan
1/2 sendok teh garam

Isi : pasta / kumbu kacang merah 

Cara Membuat :
Aduk semua bahan kecuali mentega dan garam, masukkan mentega dan garam uleni hingga kalis elastis.
diamkan 45menit, kempiskan adonan.B
Bagi adonan @ 30gr, bulatkan, diamkan lagi selama 30 menit
Tipiskan, masukkan isi sesuai selera, bentuk bulat pipih.
Panggang kurleb 10 menit ( panas..tergantung oven masing2..kalau punyaku 170 C )
Balik dan panggang lagi 5 menit ( waktu juga di seuaikan oven masing 2 ya..)
Roti pia basah isi kacang merah ini..enak banget..nggak kalah dech rasanya sama hotteok isi kacang merah..hihi.


3 comments :

  1. Saya malah suka kue jadul daripada kue modern, cake dan sebangsanya mbak...makanya blog saya banyak kue basahnya ketimbang cake...suka ma resepnya, jadi nambah koleksi resep kue jadul. Makasi ya mbak

    ReplyDelete
  2. Halo mbak diah...mau tanya jadi berapa pcs ya??? Saya mau jual harga 1000...kira gimana mbak??
    Makasih

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel