Google Ad

Friday, December 5, 2014

Korean Rolled Eggs ( Gyeran mari )



Coba masakan Korea lagi yukk teman2..kalau sering lihat drama Korea..jadi banyak menu2 Korea yang pengen aku coba dech. Lumayan..buat variasi menu harian kan teman2..daripada makan di resto Korea..di jamin..mahal..hihi. Nah..kali ini yukk mari...kita buat dadar telur gulung ala Korea..hihi.

Gyeran mari  atau Korean rolled eggs, adalah salah satu jenis masakan Korea yang dari dulu pengen aku coba. Dulu sering lihat makanan ini di drama2 Korea..kayaknya kok enak gitu..dan unik sekali..omelet..tapi bisa di potong2 seru. Padahal aslinya ya telur dadar aja kalau di kita ya teman2..tapi presentasinya dan bentuknya itu itu lho teman2..yang sangat menarik. Percobaan pertama hari ini..nggak terlalu buruk lah ya..cuma layernya aja yang belum dapet..soalnya aku kasih isian wortel sama daun bawang..jadi pas di roll..jadi nggak beraturan. Kalau polosan aja..mungkin akan lebih cantik lagi layernya. Wuaa..ketagihan..besok buat lagi ahh..secara cuma modal telur aja..tapi berasa buat makanan ala Resto Korea..hihi.

Rolled eggs ini banyak variasinya di Korea teman2..aku suka isi yang murah  meriah tapi seru warna warni aja..yaitu wortel dan daun bawang. Tips untuk membuat dadar telur ala Korea ini..kuncinya..gunakan wajan anti lengket yang besar..jadi..hasil dadaran bisa  besar dan cantik. Api..jangan terlalu panas, agar nggak terlalu kering omeletnya. Kalau udah terlanjur kering..nanti susah di gulung. Isian bisa di sesuaikan selara ya teman2. Bisa di campur langsung di kocokan telur..atau di taburkan di atas omelet ketika setengah matang. Kalau aku pilih yang di taburkan saja..jadi lebih cantik hasilnya.

Cara membuat omelet ala Korea ini cukup mudah.cuma harus telaten saja waktu menggulungnya. Pertama tuang separo telur kocok dulu, tunggu hingga setengah matang, taburi bahan isi, gulung sampai hampir habis, sishkan di pinggir wajan. Tuang sisa adonan telur, buat dadar lagi, goreng hingga setengah matang, lalu gulung lagi dengan di isi telur yang pertama di gulung tadi..jadilah dadar  yang tebal. Jika belum ada bayangan..liat saja di you tube..pasti banyak teman2. Kalau aku belajar langsung ke Korea..*halah..ngayal..haha*..iya kok..belajarnya sama Master Chef Korea tuch yang tayang di Chanel M beberapa waktu lalu..kan di salah satu episode dulu itu ada tantangan bikin rolled eggs ini. Ternyata banyak peserta yang gagal lho bikin telur gulung ini teman2..padahal mereka yang orang Korea ya..hihi. Tak sedikit yang sampai stres pas di episode rolled ini ini..gara2 gagal melakukan tantangan. Jadi di ulang2 terus cara membuatnya..jadilah aku belajar dari yang gagal2 itu triknya..kan keliatan jelas cara membuatnya kalau di tivi..hihi. Dan alhamdulillah coba pertama langsung mulus dech nggulungnya tadi..cuma layernya aja yang belum dapet. Besok mau coba yang polos ah..biar bisa lebih cantik lagi.


Nah..teman2 mau coba juga seru2 an bikin rolled egg ala Korea ini..yukk aku kasih tau caranya ya :
Korean Rolled Eggs ( Gyeran mari )

Bahan :
3 butir telur, kocok dengan garpu hingga rata, tambahkan garam dan merica sesuai selera.
1/2 buah wortel, rebus sebentar, potong dadau kecil2
1 batang daun bawang, iri shalus

Cara membuat :
Panaskan wajan anti lengket api kecil saja, beri 1 sendok teh minyak.ratakan dengan tisu dapur atau kuas.
Setelah wajan panas, masukkan setengah kocokan telur, tunggu hingga setengah matang , tapi atasnya masih basah adonannya. Segera taburkan wortel dan daun bawang, lalu gulung hingga padat. Sisihkan di pinggir wajan. Tuang sisa kocokan telur di sisi wajan yang kosong, tunggu hingga setengah matang ( kalau keburu matang nanti patah waktu di gulung ) , lalu letakkan rolled egg pertama, lalu gulung lagi hingga padat sambil terus di bolak balik sebentar hingga set gulungannya. ( tapi jangan terlalu lama agar tidak kering luarnya ). Biarkan sebentar agak dingin, baru di potong2. Jadi intinya dua kali goreng dan di tumpuk ya rolled eggnya teman2..jadi  bisa besar gulungannya. 
Jika kurang jelas..silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar ya..besok jika kau buat lagi aku fotoin dech agar lebih jelas ya teman2.

Mudah kan..yukk di coba ya teman2..^^



13 comments :

  1. aduuuuuh mbak diah sampai bingung aku, resep satu belum di coba sdh datang resep yang baru, enak2 lagi, mbak diah memang top, kl ini kesukaan anak2....siiiip makasih resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba.met coba ya..:) Iya simple banget ini..:)

      Delete
  2. Lalu di makannya setengah matang ya mba diah?? Trims dini

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho..itu kan udah matang mba..waktu di gulung2 kan tetep jalan proses pemasakannya. Kalau aslinya omelet kan memang masih lembut ya ..punyaku itu malah kematangan..hihi

      Delete
  3. kalo yg ini mau nyoba ahhhhh
    keliatannya gak ribet

    #emakemakmales
    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..nggak ribet kok mba..cuma kayak telur dadar aja..bumbu dan isian bs sesuaikan selera ya..:)

      Delete
  4. Bahan & caranya simple ya mbak Di..tapi hasilnya cantiiiiik. Mau coba ahh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba Ertina...bumbu seusiakan lidah Indo aja ..pakai cabe iris kayaknay enak juga ya mba..:D

      Delete
  5. Mba, tolong bales comment saya di bagian resep kue cubit dong hehe, penasaran bgt mba sama kue cubitnya, udah berkali-kali bikin ga berhasil. Makasih mba sebelumnya. Sukses terus ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba..maaf baru rada sibuk , rencana mau bales komen2 komplet ntar malam..hihi..tapi aku jawab di sini aja ya..itu pakai ragi aja mba biar empuk ya. ragi itu membantu adonan jadi empuk..dan ngembang..:)

      Delete
  6. mba diah itu cara gulungnya biar padet gmana mba

    ReplyDelete
  7. Hai mba, artikelnya sangat bermanfaat :) saya sangat menyukai resep yang mba bagikan. golife.id

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel