Thursday, November 13, 2014

Soto Kemangi


Soto Kemangi..mungkin masih terdengar aneh ya nama menu ini teman2. Tapi..beneran ada lho..soto yang di makan dengan daun kemangi..yaitu soto kemangi atau di Yogya lebih di kenal dengan nama Soto Kemasan. Yogya..memang gudangnya warung soto enak2..aneka macam soto ada..dan salah satu yang terkenal unik adalah soto kemangi ini. Soto *kere..sebutan lainnya..hihi. Kenapa di sebut soto *kere atau soto miskin..karena sotonya nggak pakai daging ayam atau daging sapi..tapi pakainya tahu dan tempe bacem..hihi. Unik kan teman2. Tapi tentu saja biarpun tanpa daging..kaldu sotonya tetep terbuat dari kaldu ayam kampung asli..jadi walaupun tanpa daging ayam ya kuah sotonya tetep gurih dan enak.

Soto kemangi atau soto kemasan ini ada di jalan lingkar selatan atau ringroad selatan Yogya teman2..jika mau coba..deket terminal Giwangan.Warung soto ini di sebut juga soto kemasan..karena dulu awal jualan pendirinya itu di daerah Kemasan Kota Gede..terus sekarang ini pindah ke jalan ringroad selatan itu. Sotonya bening minimalis khas soto ndeso Yogya..cuma isi tahu..taoge dan daun sledri serta nasi..hihi. dan yang bikin unik..soto ini di sajikan dengan daun kemangi. Selain itu uniknya nggak ada sambal di meja2 seperti halnya warung2 soto pada umumnya. Setiap beli soto ini penjualnya akan tanya ke pembeli pedes nggak ?..Kalau pedes..maka cabe rawit segar akan langsung di ulek di mangkuk dan di campur isian lain seperti nasi dan kuah soto. Jadi..rasa segernya itu fresh..pedes2 *kemepyar seger gitu. Itulah uniknya soto kemangi ala warung soto kemasan di Yogya. Udah terkenal lho..sering di liput tivi juga..udah di liput Pak Bondan juga..silahkan kalau pas di Yogya,.di coba ya teman2. Tenang..biarpun di mangkuk nggak ada dagingnya sama sekali..tapi kalau makan di warungnya ya tersedia aneka sate , empal daging dan lauk pauk lain kok..hihi.

Nah..karena aku lagi pengen makan soto..tapi nggak punya daging ayam..jadi ingat soto kemangi ini..kebetulan punya stock kaldu ayam pejantan di kulkas..sisa ungkepan tahu bacem juga..sipp dah..pas banget kan di masak soto kemangi ini...soto ndeso..hihi. Tapi beneran lho..kalau soto di tempatku dulu tuch juga pasti pakai irisan tahu sama tempe bacem..ada tetangga yang jual soto keliling begitu dah stylenya..jadi unik dan khas rasanya. Resep kuah sotonya pakai soto bening ala aku aja..lha belum   sempat tanya je ke penjual soto kemangi resepnya apa,..hihi..kalau pun tanya belum tentu mau  jawab kan resepnya..jadi lebih baik pakai resep sendiri aja..sama enak dan segernya,..hihi. Sedikit aneh mungkin ya sotonya buat yang belum pernah makan..tapi enak lho teman2..hihi..kalau aku sich penikmat  kuliner sejati. Jadi kuliner yang *nyleneh2 gini..tetep..aku suka2 aja..^^
Soto Kemangi

Bahan :
800 ml kaldu ayam bening dari 1 ekor ayam pejantan. Liat cara bikin kaldu bening di SINI
2 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas , memarkan
1 batang sere, memarkan
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk dan garam secukupnya
1 sendok teh gula merah
1 sendok makan kecap manis

Bumbu halus :
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica butiran
2 cm kunyit, bakar dan geprek saja..tanpa di ulek biar warnanya nggak terlalu kuning kuahnya.

Pelengkap :
Nasi putih secukupnya
tahu dan tempe bacem secukupnya..potong2 kecil
Bawang goreng dan sledri cincang secukupnya
Taoge secukupnya
Cabai rawit secukupnya jika suka pedas
Kemangi secukupnya buat lalapan

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan air kaldu dan bumbu2 lain.
Masak hingga meresap. Koreksi rasa.
Ulek kasar cabai rawit di mangkuk saji..jika mau pedas sotonya.

Susun bahan2 pelengkap soto di mangkuk, tuangi kuah soto. Sajikan dengan lalapan kemangi..nyam2 hangat dan segar di makan mendung2 gini dech..eh tapi setelah di foto sotonya..kok aku baru ingat..taogenya belum di masukin..haha..jadinya yang di foto ini tanpa taoge sotonya.....lol..!

6 comments :

  1. Baru dengar mba ada soto kemangi,,, segeer ya mba, atau pasti aroma kemanginya berasa banget ya... :) belum kebayang xixixi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Yogya mba..hihi..kemanginya nggak di cemplungi di kuah..buat lalapan aja..:)

      Delete
  2. Meski baru denger sepertinya kalau dicoba pasti bikin nagih nih... apalagi selagi kuahnya masih panas dicemplungin deh kemanginya... hemmmm hujan2 bikin anget badan ya mbak Di..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba unik..kemanginya buat lalap soto..hihi..enak juga lho..:)

      Delete
  3. waaah..mbak diaah..ini favoritku kalau pulang ke jogja..segeeeerrr :D

    ReplyDelete
  4. ini kayaknya sedap pakai bacem lagiii.. makasih ya mba resepnya :)

    ReplyDelete