Sunday, November 23, 2014

Wingko Ketan Hitam


Dari kemaren..mau bikin wingko ketan hitam..karena pengen ngabisin sisa ketan hitam yang udah ke buka bungkusnya dan tinggal dikit..eh lha kok beli kelapa di pasar..jatuh dech kayaknya ..akhirnya tadi ke pasar lagi. Walau niat awal cuma beli kelapa ke pasar..tapi jadinya ya belanja macam2 lagi..hihi..eh..lha kok ikan tenggiri yang jatuh sekarang..wuaa..mana mahal kan ya ikan tenggiri..55 ribu sekilo. Jadi ceritanya..si ganteng Yodha kan bawain belanjaan mami..nah..dia bawa ikan tenggirinya..terus di tengah2 belanja yang lain..lupa dech dia taruh mana tuch tenggiri..hihi. Ya udah dech tenggiri 1 kg hilang dech..ya Kak ya..! Tadi kembali ke dalam pasar, cek siapa tahu dia ingat di tinggal di mana..ya udah nggak ada dech..dengan santainya bilang Yodha..." ya aku lupa Mi..masak nggak boleh "..haha..dasar Kakak..dech. Akhirnya balik tukang ikan lagi ya, dan beli lagi dech tenggiri 1 kg. Begitulah kehebohanku sama kakak kalau ke pasar tiap Sabtu atau Minggu ..lha..pak boss besar ndak mau ikut ke pasar..cuma nunggu di luar..otomatis..yang suka bantu bawa belanjaan nya Kakak dech..jadi sering ada apa gitu ketinggalan atau hilang di pasar..hihi. 

Nah..tadi aku sempatin beli kelapa setengah tua yang pas buat wingko babat ini dan bikin wingko babat ketan hitam. Enak dan legit teman2. Cara buatnya juga mudah banget..nggak perlu di oven2 kok..cukup pakai teflon bisa. aku pakai snack maker double pan tadi..jadi sekali panggang bisa 8 wingko dan bentuknya jadi seragam gede2..hihi. Trik bikin wingko agar nggak keras luarnya..jangan di penyet2 ya..biarin aja matang dengan sendirinya dengan api kecil masaknya..pasti dech wingkonya bakalan empuk, lembut dan nggak keras. Agar tekture liat ketannya dapat aku tambahin tepung ketan putih. Tapi rasa ketan hitamnya tetep menonjol kok teman2. Enak dech..wangi..legit dan harum ketan hitam..apalagi pakai ketan hitamnya yang super halus..tepung ketan  hitam yang aku jual nich..enak..kalau di buat kue2..nggak ada rasa ngeres2 kasar..yang ada ya rasa legit khas ketan hitam gitu. Tepung ready stock lho..ini tinggal dikit sich kemaren..tapi tenang besok datang lagi yang baru banyak.....karena aku udah pesan ke supplier untuk di buatin lagi tepung ketan hitamnya..jadi selalu fresh dech teman2..tepung ketan hitam yang aku jual..karena terjualnya juga cepat sich..2 minggu sekali aku udah re stock biasanya. 

Oke dech..buat yang suka kue2 dari ketan hitam..atau teman2 yang masih punya stock tepung ketan hitam di rumah..semoga bisa jadi variasi snack buat keluarga di rumah ya teman2..yukk di coba ya..^^
Wingko Ketan Hitam

Bahan :
75 gram tepung ketan hitam
50 gram tepung ketan putih
100 gram kelapa parut panjang yang setengah tua , setengah muda ya teman2.
50 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam.
1/8 sendok teh vanili bubuk
100 ml air kelapa

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata. Koreksi rasa..jika sudah pas , manis gurihnya..diamkan sebentar sekitar 15 menit. Panggang dengan di sendokkan bentuk pipih ke teflon anti lengket..nggak perlu di oles minyak ya.
Panggang hingga matang sambil di bolak balik hingga matang.

5 comments :

  1. Yummi...mau bikin tp gak pnya snack maker double pan....

    ReplyDelete
  2. bisa dipakai tepung ketan hitam yang dari mbak diah kemarin juga ya

    ReplyDelete
  3. Mbak Diah, sisa tepung ketan hitam saya buat wingko krn habiskan stok kelapa parut juga. Saya tdk punya air kelapa, jadi pakai air biasa. Tapi saya tambah 1 butir telur. Enak! Tepung ketan hitam saya sdh habis sekarang. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete