Monday, November 24, 2014

Empek Empek Tahu



Ini dia hasil empek2..pakai tenggiri termahal..hihi. Lha..kemaren ke pasar aku beli sekilo hilang..55 ribu..terus beli sekilo lagi..jadi biaya empek2 ini 100 ribu lebih..haha. Tapi..puas dech hasilnya...soalnya semua suka..Yodha lahap..dia bilang..wah lebih enak dari yang kemaren beli di restoran empek empek katanya. Minggu kemaren memang kita makan di cabang resto empek2 yang sudah terkenal di sini..tapi  sekarang kok rasanya biasa aja..jadilah pengen bikin sendiri dech..pastinya lebih enak..dan lebih puas makanya..karena jadinya banyak. Biasanya bikin empek2 favorit semua , kapal selam..tapi aku pikir2 udah sering banget bikin itu ya. empek2 jenis lain..lenjer, adaan, pistel , samapi keriting ..semua udah pernah ku coba. Jadi pengen empek2 yang belum pernah ku coba buat sendiri..yaitu empek2 tahu. Setelah browsing2..empek2 tahu nich kurang populer ya..kalau di luar Palembang..tapi kalau di Palembang sana..empek2 ini merupakan salah satu empek2 favorit juga. Samapai aku liat cara buatnya di you tube walau nggak ada resepnya..oh jadi intinya..empek2 tahu ini adalah empek2 adaan yang di lumurkan ke tahu..atau bisa juga di isi tahu...lalu di goreng langsung, nggak perlu di rebus atau di kukus. Kalau empek empek adaan sich udah sering bikin..jadi mudah dech. Hemm..kebetulan kemaren habis beli tahu sutra yang enak..jadi dech bikin empek2 tahu ini kemaren.

Empek2 tahu ini cara membuatnya lebih mudah, cepat dan praktis teman2..nggak perlu di kukus atau di rebus teman2 buatnya..jadi adonannya kayak adonan adaan aja, teurs di lumurkan di tahu yang di potong segitiga..atau di isi tahu dalamnya. Aku suka yang di lumurkan ke tahu aja cara membuatnya, kayak yang aku lihat di you tube..jadi bentuknya lebih cantik..jadi mirip kapal selam setelah di potong2..tapi isinya bukan telur..tapi tahu. Jadi..cara membuatnya lebih cepat dan praktis teman2..dan hasilnya..yummy dech..empuk..lembut dan sedikit kenyalnya pas banget. Sema suka dech.

Untuk empek2 kali ini aku pakai tepung bakso yang aku jual..untuk menjawab pertanyaan teman2..yang beli tepung bakso dari aku..apakah bisa buat empek2 pakai tepung bakso ini..ya bisa banget teman2..hasilnya oke banget dech..tekture empek2nya empuk dan pas kenyalnya. Jadi..tepung bakso yang aku jual ini...memang selain buat aneka bakso..bisa juga untuk empek2, batagor, aneka dimsum yang di goreng, kekian dll. Jadi..serbaguna teman2..karena belum berbumbu kok..rasanya masih tawar aja..jadi bisa di bumbuin sesuai selera. Jadi apa keistimewaan tepung bakso ini...? Tepung bakso ini campuran tepung sagu dan tapioka dalam komposisi tertentu..sehingga jika di buat aneka bakso..empek2..dll..tekture kenyalnya jadi pas. Jika kita buat bakso atau empek2 pakai sagu aja..kadang2 bisa keras, jika  pakai tapioka saja..kadang2 terlalu kenyal..nah..kalau tepung bakso ini campuran keduanya..jadi memang khusus untuk membuat aneka bakso..empek empek dll..yang sudah di takar secara khusus. Jadi buat teman yang butuh tepung bakso ini..selalu ready ya, soalnya aku selalu re stock juga ..karena ini salah satu item tepung jualanku yang laris manis..hihi.

Oke..buat teman2..yang suka empek2..yukk si coba ya. Gunakan tahu yang enak ya teman2..agar..rasa empek2nya juga tambah enak. aku kemaren pakai tahu sutra..lokal sini yang enak..bukan tahu sus lho ya..atau bisa juga pakai tahu Cina atau tahu sumedang kali enak juga. selamat mencoba ya teman2..^^
Empek Empek Tahu

Bahan :
200 gram fillet ikan tenggiri,  cincang halus
125 gram TEPUNG BAKSO 
25 gram tepung terigu protein sedang
1 butir telur
100 ml santan
5 butir bawang merah
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica bubuk
4 buah tahu yang enak ( bisa tahu sutra, tahu cina dll )
Ketimun secukupnya
Soun seduh secukupnya

Kuah Cuko 
Jika cuma untuk 2 -3 orang..bikin separonya aja

Bahan :
500 ml air
250 gram gula merah
2 sendok  makan air asam Jawa kental ( dari 50 gram asam yang di lumatkan dengan sedikit air

Bumbu halus :
8 siung bawang putih
5 buah cabai rawit merah ( bisa di pisah cabenya jika mau sekalian buat anak bikin kuah cukonya )
1/2 sendok makan garam
2 sendok makan ebi yang sudah di sangrai, dan di haluskan. ( yang ini harus pakai ya..soalnya yang bikin kuahnya enak ya ini kuncinya..^^..kalau tanpa ini..kuah empek2nya terasa hambar..^^ )

Cara membuat Saus :
Rebus air dan gula merah. Saring.
Rebus kembali dan masukan bumbu halus dan ebi.
Aduk sampai mendidih.
Jika mau buat sekalian , sisa saus bisa di simpan dalam botol dan di taruh di kulkas.

Cara membuat empek2 tahu  :
Campur fillet ikan tenggiri, dan santan, kocok dengan mixer hingga jadi pasta ikan yang halus. Tambahkan telur dan semua bumbu2 kecuali tepung. Kocok rata kembali. Masukkan campuran tepung pakai tangan aja..sambil di aduk2 ringan, nggak perlu di uleni. Adonan nggak apa2 agak lembek, jangan di tambah2 tepung lagi..nanti takaran bumbu jadi berkurang rasanya.
Ambil 1 buah tahu, olesi seluruh permukaannya dengan adonan empek2..lalu langsung masukkan di minyak yang sudah di panaskan dengan api sedang , goreng hingga matang.
Potong2..sajikan dengan kuah cuko, ketimun dan soun. Yummy..! ^^


Tepung bakso..yang aku jual..kayak gini nich teman2, buat yang belum tahu...^^


12 comments :

  1. Waw, saya juga ngefans sama pempek tahu mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..enak ya mak Rini..kalau tahunya juga enak.:D

      Delete
  2. Mbak Diah saya minat tepung baso nya..saya dari kota Semarang..gimana kontaknya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. email aku ya mba..di bundadidi@gmail.com..atau inbox di fb..atau isi contact form di pojok kanan atas web ini ya..:)

      Delete
  3. Mba.. Pengganti tepung bakso bisa pakai tepung tapioka? Perbandingan nya berapa mba? Maklum jauh tinggal di Switzerland mba.. Mau pesen mahalan ongkir nya.. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bs mba..ganti aja tapioka atau sagu..:) sesuai di resep ya jumlahnya..:)

      Delete
  4. mba diah, aku ini gaptek gk pny email dan fb.. apa bisa aku pesan tepung2 jualannya mba diah lewat kotak comment atau hrs telpon or sms ke nomor hp mba diah.. aku tinggal di bekasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bs tinggalin hp mba Nadia di kolom komen..ntar ku sms..dan ku hapus jk udah ku catat no nya..:)

      Delete
  5. Mb saya pengen beli tepung basonya,ini nomer hp saya mb..081227191422

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mba yang kemaren email ya..?..Udah di bales ya..:)

      Delete
  6. Mba mau tanya klo beli ikan tengiri di sekitar banyumamik dimana ya mba?aku jarang banget nemuin ikan tengiri di sini. Salam kenal rizka

    ReplyDelete
  7. wah perlu dcoba nih,kyna ngga klah enak dgn empek2 yg sdah familiar :)

    ReplyDelete