Thursday, November 27, 2014

Cemilan Serba Tahu Lagi....^_^ Bakso Tahu & Tahu Sumedang Krispi


Tahu lagii..hihi. Memang..aku suka sekali berkreasi dengan bahan biasa yang murah dan mudah di dapat seperti tahu ini..jadi aneka hidangan yang bervariasi tentunya. Mungkin kalau di kumpulin udah jadi satu buku nich teman2..olahan serba tahu yang aku posting di blog ini..hihi. Wah..sayangnya sampai sekarang belum ketemu penerbit yang cocok. Maklum teman2..penulis pemula..yang belum punya pengalaman nulis buku..kalau nggak kenal orang dalam atau punya relasi langsung dengan penerbit.. biasanya nggak di lirik sama penerbit mayor..jadi bisanya kerja sama sama penerbit minor..atau self publisher dulu..alias nerbitin buku dengan biaya sendiri..huhu..makanya lagi nabung nich..jualan tepung dulu..hihi..buat nerbitin buku yang bagus sekalian kualitasnya...kemaren udah ada penawaran dari salah satu penerbit, lumayan dech biayanya kalau self publisher jika untuk buku berwarna. Jadi sabar ya teman2..yang menunggu kapan aku bikin buku..tak ngumpulin modal dulu..kalau materi sich udah siap dari dulu.

Oke dech back to menu tahu ya. Kemaren itu kok kalap beli tahu aku. pagi2..ada Mang tahu Sumedang yang jualan tahu dan di pikul keliling tiap pagi teriak2..tahu Sumedang..kok main panggil aja..eh lha pas budhe sayur bawa tahu Surabaya..ya tak beli juga..hihi. Akhirnya menunya serba tahu. Yang tahu Surabaya buat bakso tahu..yang tahu Sumedang buat tahu krispi. Padahal yang suka tahu goreng ya cuma aku di rumah..eh untungnya Yodha sekarang udah mau makan tahu. Kemaren pas makan tahu krisi habis 4 biji dia.katanya.." Enak banget ya Mi "..hihi. Sipp Kak..ayukk..suka tahu gitu dong biar ada temen makan kalau  bikin cemilan dari tahu goreng..hihi.

Oke dech..mau coba cemilan murah meriah ini teman2..yukk simak resepnya ya..yang pertama bakso tahu goreng. Nish..mirip2 perkdel tahu sich..cuma pakai udang cincang..jadinya lebih gurih banget rasanya..dan adonan di ikat pakai tepung , aku sich pakai sedikit Tepung Bakso yang aku jual ya..jika nggak ada pakai sagu juga bisa. Jadi...nggak bakalan mudah pecah dech pas di goreng teman2..karena ada pengikatnya. Bakso tahu ini enak di cemil pakai sambel kecap..petis, saus dll sesuai selera. Atau bisa di makan pakai kuah..jadi dech bakso  kuah tahu, enak dan gurih teman2. Tapi bakso tahu goreng ini nggak kopong lho ya teman2..karena bahan utamanya kan tahu..jadi rasanya itu gurih lembut bagian dalamnya...^^

Bakso Tahu

Bahan :
300 gram tahu putih yang enak ( misal tahu Cina, tahu Surabaya dll )
50 gram udang kupas, cincang halus
1 batang daun bawang, iri shalus
1 tangkai sledri, iris halus
3 sendok makan tepung bakso 
1 putih telur
1/2 sendok teh bawang putih bubuk 
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh kaldu bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
garam sesuai selera

Cara membuat :
Haluskan tahu, campur dengan udang cincang dan semua bumbu serta bahan lain. Aduk rata. Koreksi rasa dulu ya, caranya ambil sedikit adonan, goreng, lalu cicipi, udah pas belum gurihnya sesuaikan selera. Jika sudah pas..siap di goreng dech.
Bentuk bulat2 kecil. Goreng di minyak yang sudah di panaskan terlebih dahulu,
Usahakan agar bakso tahu terendam minyak seluruh bagian ya..jadi nggak perlu sering di bolak balik..jika bagian sisi udah agak matang, baru di balik. Goreng hingga kuning kecoklatan
Sajika dengan aneka saus sesuai selera



Nah..sekarang menu tahu krispi favorit Yodha nich. Ini paling enak pakai tahu Sumedang yang udah di goreng / udah berkulit itu lho teman2..jadi hasilnya bisa krispi di luar.lembut di dalam. Jangan pakai tahu putih basah ya..nanti nggak awet kriuk lapisannya. Atau jika pakai tahu biasa..di goreng dulu ya tahunya hingga kering. kalau ini caranya mudah banget..hihi..soalnya pakai Tepung Crispy yang aku jual..tapi tetep aku tulis saja ya biar lebih jelas..siapa tau teman2 yang beli tepung krispi dari aku kemaren pengen coba juga. Tahu krispi begini bisa jadi  peluang usaha juga lho teman2..di Semarang sini banyak yang jual dan laris manis lhi..di jual di gerobak2 pinggir jalan gitu.

Tahu Krispi

Bahan :
10 buah tahu Sumedang goreng
150 gram tepung krispi, ambil 50 gram, aduk dengan air secukupnya jadi adonan basah agak kental, sisanya buat pelapis kering.

Cara membuat :
Celup tahu Sumedang ke adonan tepung basah...gulingkan ke tepung pelapis kering sambil di cubit2 ya..agar bisa keriting. Ketok2 kan sisa kelebihan tepung .
Goreng di minyak yang sudah di panaskan terlebih dahulu hingga matang dan renyah.
Sajikan hangat dengan cabe rawit atau saus cocolan sesuai selera

6 comments :

  1. Bakso tahu dan tahu krispi favorit saya, mbak. Suka bikin bakso tahu, tp ukuran kira2. Nanti coba bikin ikuti resep di atas. Kebetulan tepung bakso dari mbak masih ada, tinggal sedikit sih. Kalau tahu krispi belum pernah bikin, yg pernah tahu isi. Pengen beli tepung krispi mbak Diah, tapi nanti aja sekalian yg lain2, dikumpulin dulu, jadi sekalian kirimnya. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..silahkan di coba ya. Tahu krispi macam2 versi mba..kalau di sini ada beberapa penjual yang membuatnya kayak yang aku buat itu..pakai lapisan tepung renyah kayak ayam goreng krispi..:)

      Delete
    2. Mbak Diah, sdh tak coba. Lumayan enak! Adonan sama sekali tdk ambyar. Lain kali saya akan buat kuah dan tambah sayur spt resep mbak sop bola2 tahu. Terima kasih atas inspirasinya.
      Sisca - Surabaya

      Delete
  2. Wah mantep nih kayaknya, izin bookmark ya Mba...
    Saya mo suruh Istri saya coba resep ini...
    Hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mas...selamat mencoba ya..mumpung weekend nich..bisa masak2 di rumah..bareng istri..:)

      Delete
  3. Mba diah..resepnya keren bingits, kebetulan suamiku penggemar tahu, izin bookmark ya mba...
    sebelumnya thanks..:D

    ReplyDelete