Monday, November 17, 2014

Menu Serba Tahu..: Asem Asem Buncis & Tahu, Rollade Tahu Campur


Tahu...salah satu makanan favoritku..kalau lihat tahu di pasar atau tukang sayur kadang main ambil aja gitu langsung beli..padahal belum niat mau bikin apa. Akhirnya kadang nginap di kulkas. Tapi tahu sebenernya nggak boleh nginap lama2 ya di kulkas..soalnya bisa asam..jadi musti cepat2 di masak dech. Akhirnya kemaren masak serba tahu..hihi. Asem asem tahu dan buncis..sama rollade tahu campur.

Asem asem itu beda ya sama sayur asem teman2. kalau asem asem itu masakan khas Jateng atau di Semarang sini..juga di kenal sebagai masakan harian. Asem asem itu seperti sayur oseng2 tapi berkuah..dan biar lebih segar biasanya di tambahkan tomat hijau atau belimbing wuluh. Tapi citarasa dominannya adalah rasa manis dan gurih berkecap. Kalau sayur asem kan nggak pakai kecap ya teman2..^^

Di Semarang asem2 yang paling sering di masak tuch..asem asem buncis dan daging biasanya. Padahal..bahan lain juga enak lho di masak asem asem gini..misal tahu..tempe atau cakar ayam..daging ayam dll. Buatnya juga cepat dan gampang..serta segar karena berkuah ..jadi cocok buat menu harian nich. Mau coba yukk..yuuk buat..mudah saja kok masaknya :

Asem Asem Buncis & Tahu

Bahan :
100 gram buncis, siangi, potong kecil2
Daging tetelan yang berlemak 200 gram, rebus dengan api kecil hingga empuk dan kaldu jadi bening.
Tahu putih yang padat 2 potong ( kira2 150 gram ) , potong2 kotak
Belimbing wuluh 4 buah, potong2
Tomat hijau 2 buah , potong2
Air 1500 ml
Kecap manis 2 sendok makan
Kaldu bubuk rasa sapi 1 sendok teh dan garam sesuai selera
Gula merah atau gula pasir secukupnya sesuai selera

Bumbu :
Cabai merah 6 buah, iris bulat atau serong
Cabai hijau 5 buah, iris juga
Bawang merah 6 butir, iris tipis
Bawang putih 3 siung, iris tipis
Daun salam 1 lembar
Lengkuas 2 cm, memarkan

Cara membuat :
Daging tetelan di potong kotak kotak kecil.
Saring air kaldu, ukur 1000 ml.
Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu iris hingga harum dan matang.
Masukkan daging tetelan, tahu dan belimbing wuluh, dan semua bumbu lain. 
Masak hingga bumbu meresap dengan api kecil, terakhir masukkan buncis dan tomat hijau. Masak lagi hingga buncis matang.
Cemilannya masih tahu juga..hihi. Karena masih punya sedikit daun singkong rebus..aku buat rollade campur aja..jadi semua bahan di aduk ..biasanya kan di gulung2 cantik rolladenya..nah ini versi malasnya..campur aja tahud an daun singkong rebusnya..di bentuk lontong, kukus, lalu goreng dech dengan di celup kocokan telur.

Resep rollade tahunya juga mudah saja teman2..:
Rollade Campur Tahu & Daun Singkong

Bahan :
300 gram tahu putih
100 gram daun singkong rebus, peras dan campur dengan sedikit garam
Telur 1 butir untuk campuran dan 1 butir untuk pencelup
Bawang putih 1 siung
Kaldu bubuk rasa ayam 1 sendok teh dan garam secukupnya
Gula pasir 1/4 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh

Cara Membuat :
Haluskan tahu, daun singkong, campur dengan bawang putih halus dan bumbu2 lain. Tambahkan telur, aduk rata.
Ambil selembar daun pisang atau plastik tebal. Letakkan adonan rollade. Gulung dan bentuk seperti lontong. Kukus selama 20 -30 menit hingga matang. Satu adonan bisa jadi 2 bungkus rollade. Setelah dingin potong2 dan celupkan ke kocokan telur. Goreng hingga kuning keemasan. Sajikan. Enak dech di makan hangat2 sambil di cocol sambel petis berbumbu..yang aku jual..hihi..enak banget, petisnya udah ada ras apedas manisnya..jadi tinggal di colek ke gorengan dech..^^


11 comments :

  1. Hmmm.... asem2 buncis aku suka banget mbak Di... makannya suka tak gado gak pake nasi, apalagi dinikmati anget2 pas hujan... yummy..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Erti..suka juga..di gado..sama dech..:)

      Delete
  2. daun singkok dimasak seperti ini jadi beda ya mbak, lebi menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak Lydia..buat variasi olahan daun singkong ya..:)

      Delete
  3. jadi pengen nyicipin resep asem-asemnya,,, nambah lagi deh pengetahuan saya dengan resep2 yang yahud di blog ini,,

    ReplyDelete
  4. Resep asem2nya aneh...di bahan2bahan2 ga di sebutkan ad bumbu halus,tapi di cara masak koq ada instruksi menumis bumbu halus....semoga nih resep bukan copast

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duch..namanya manusia biasa..salah nulis resep dikit tuch biasa tho mba...tapi bukan berarti resepnya copast tho..!

      Delete
    2. Hehhehe.....thx buat resepnya ya..td sempat bingung baca nya...

      Delete