Wednesday, November 26, 2014

Tumis Pare & Tempe Semangit Tabur Teri Nasi



Duch jam 12 an tadi..perut kok kasih tandan laper..ternyata tadi pagi lupa sarapan..cuma nyuap beberapa sendok ngabisin sarapan Yodha..hihi. Nengok dapur cuma ada nasi putih..sama sisa lauk beli tadi pagi..tapi kok nggak berselera ya , karena nggak cocok sama rasa masakannya. Tadi pagi nggak sempat masak, karena dari Subuh, sibuk packing sebelum Yodha bangun..jadi beli lauk di luar..wah ya tapi beda rasanya kalau sama masak sendiri. Akhirnya bongkar2 kulkas..nemu pare 2 buah ..nemu tempe semangit..nemu teri nasi..hihi..komplet kan..langsung kebayang oseng pare plus tempe semangit..terus di taburi teri nasi yang gurih..wah..daripada bayangin aja..langsung action dech klutekan sebentar di dapur..dan mateng dech..nich tinggal separo sekarang teman2..hihi. Aku suka makan sayur oseng pare gini semi di gado..jadi nasinya dikit. Hemm..enak dech..walau cuma lauk sayur pare aja..sama tahu sumedang  goreng..beneran enak dech.."My tummy is happy..."..*ikut2 an Yodha..kalau dia habis makan terus suka makanannya..dia selalu bilang gitu..hihi.*

Teman2 suka oseng pare juga ?..Atau takut pahit ..?..Nggak masalah kalau aku..pahitnya pare..masih enak kok..teman2....hihi. Aku punya tips nich buat ngurangi pahit pare. Setelah di potong2, cuci bersih , beri garam dan gula pasir, lalu remas2 hingga agak lemes,diamkan dulu sebentar, baru cuci bersih kembali. Jadinya nggak pahit banget dech parenya. Masih ada sich sisa pahit2nya..tapi cuma dikit. Dan pare kalau nggak pahit blas ya malah kurang asyik rasanya.

Oseng pare paling pas dech sama tempe semangit..bikin tambah sedep osengnya. Apalagi agak pedes gitu..wah..tambah manteb dech. Eh tapi cabe lagi mahal ya sekarang...aku beli di budhe sayur langgananku tadi 2 ribu dapat 6 biji..hihi. Wah..jadi ingat nich aku jualan cabe kering juga lho teman2..ada yang betuk flake atau bubuk..dan masih harga lama nich..nggak naik..kan aku nyetoknya sebelum cabe naik..hihi.

Yo wis..nggak perlu mikirin harga cabe yang melambung ya teman2..buat penyuka pedas kayak aku ya tetep aja nggak bisa ninggalin cabe..berapapun harganya..ntar  kan turun lagi yach..jika banyak petani yang berlomba2 nanem cabe..dan stock melimpah lagi..hihi. Yukk..mari masak aja..nggak perlu mikirin BBM naik..cabe naik..gas naik..semua naik..huhu..eh tapi ada yang nggak naik ya teman2...gaji pak Boss...hihi..*ratapan ibu RT..lol...*
Oseng Pare Tempe Semangit Tabur Teri

Bahan :
2 buah pare ukuran sedang, cuci bersih, potong2
1 sendok teh garam dan 1 sendok makan gula, aduk rata
Tempe semangit 100 gram, potong2 kecil
2 cm lengkuas , memarkan
2 lembar daun salam
1 sendok teh kaldu bubuk 
Garam sesuai selera
1 sendok teh kecap manis
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh terasi
 Air 100 ml

Pelengkap :
50 gram teri nasi, goreng hingga kering

Bumbu iris :
6 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
6 buah cabe merah, iris serong tipis
5 buah cabe rawit, iris serong tipis

Cara Membuat :
Remas2 pare dengan campuran garam dan gula hingga agak layu, diamkan sebentar. Cuci bersih kembali .
Tumis bawang merah dan putih hingga harum, masukkan cabe, terasi, aduk hingga cabe layu, masukkan tempe semangit, aduk rata, Masukkan air, pare dan semua bumbu lain. Tutup wajan dan masak hingga meresap dan air habis. Koreksi rasa. Sajikan hangat dengan taburan teri nasi goreng. Yummy..!

8 comments :

  1. Selain pare, alternatif lain apa ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kacang panjang, buncis, atau kangkung enak mba..di oseng pakai teri..:)

      Delete
  2. Replies
    1. tempe yang over fermentasi mba..biasanya dari tempe segar, biarkan suhu ruang 3 atau 4 hari..:)

      Delete
  3. Waduhhh.... nyomok tempe gembusnya blm juga dicoba mbak Di...(cari gembus di Jakarta susah) eh lha kok sudah ada oseng pare pake tempe semangit... kesukaanku banget dehh... Yo wis oseng pare aja deh yg dicoba dulu...secara yg namanya pare selalu ada di pasar... nyomok tempe gembusnya dibayangin aja dulu ..heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuaaa di sini gembus super murah mba..500 per biji..:D

      Delete
    2. Di jakarta harganya segitu juga mbak tapi jarang ada di pasar... di jakarta jarang peminatnya kali ya.. kalau oncom selalu ada, mungkin peminatnya kalah sama oncom...hihih

      Delete
  4. mbak, pare nya diremas2 sm garam gula tujuan nya apa ya? spy ga pahit?

    ReplyDelete