Friday, November 7, 2014

Sayur Betik Khas Jepara


Wah..aku kangen sayur pepaya muda hari teman2....jadilah tadi langsung masak sebentar di dapur. Bosan jika di oseng atau di sambal gorang..mari kita masak pepaya dengan cara berbeda ya. Kali ini aku masak sayur betik khas Jepara. Sayur pepaya muda yang di masak dengan santan, bumbu utama kluwak..rasa gurih pedas dan sedikit manis berempah..enak banget. Setelah matang aku jadi ingat lha ini mirip brongkos pepaya yang sering di masak ibuku ya..enak banget. Cuma kalau sayur betik ini warnanya agak coklat kemerahan karena pakai cabai merah..sementara kalau brongkos lebih cenderung coklat warnanya..karena pemakaian kluwak banyak sedang cabainya dikit. Dua2nya sama enak..olahan pepaya ini. Nggak tau ya..aku suka pepaya nich di masak apapun. Dari kecil kebiasaan kali ya..karena ibu sering banget masak sayur pepaya..maklum ya tinggal metik di kebun..pepaya banyak pohonnya. Pepaya muda ini enak di masak apa aja lho teman..di oseng..sambel goreng..di bobor..sayur anyep..brongkos dll. dan sekarang yang aku coba ini sayur betik pepaya khas Jepara. rasanya..enak juga ternyata..pedas2 sedep aroma khas kluwak.

Untuk masakan berkluwak, pilih kluwak yang matang dan nggak pahit ya teman2. Kalau kluwaknya pahit..nanti sayurnya juga pahit. Gimana caranya ?..Ya harus di cicipi dikit kluwaknya sebelum di buat bumbu..ada rasa 2 pahit nggak..kalau pahit jangan di pakai ya. Itu tandanya *pemeraman kluwaknya tidak sempurna. Jika tidak ada kluwak segar yang masih lembek isinya..pakai kluwak yang kering juga bisa..di rendam dulu di air panas, baru di haluskan ya teman2. Kluwak ini salah satu bumbu dapur favoritku teman2..jadi apapun masakan yang berbumbu kluwak kok aku suka ya..enak dan unik khas Indonesia gitu...walau di negara lain juga ada kali ya kluwak..hihi.

Agar makin sedep..sayur betik ini bisa di tambah tetelan sapi..hemm makin enak dech rasanya. Sedep khas aroma rempah dan kluwak..bikin laper pas lagi masak aja aromanya udah sedep banget.  Oke..selamat mencoba ya teman2..jika suka..menu murah meriah tapi enak..^^
Sayur Betik Khas Jepara 

Bahan :
1 buah pepaya muda  ukuran sedang, kupas, cuci bersih dan potong korek api agak besar
150 gram daging tetelan sapi, rebus hingga empuk, potong2 kecil, sisihkan kaldunya buat campuran kuah jika pakai santan instan atau untuk memeras santan jika pakai santan segar.
santan 800 ml
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas , memarkan
1 batang serai, memarkan
1/2 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu sapi bubuk
Garam sesuai selera

Bumbu halus :
6 buah bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
5 buah cabai merah keriting
1/2 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh merica butiran
1 cm kencur
3 buah kluwak. 

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga benar2 matang dan harum, masukkan santan, dan bumbu2 lain Tunggu hingga mendidih, masukkan pepaya dan daging tetelan. Masak dengan api sedang hingga bumbu meresap dan kuah menyusut. Koreksi rasa. sajikan.

5 comments :

  1. Wah...pingin nyicip saya mba, soal nya tampilan nya menggoda bngt. Tp sayang, disini susah skl dpt kluwak
    , mungking2 jg ga ada yg jual. Brrt tanpa kluwak ga bs masak ini ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti jadinya sambel goreng biasa mba Laura..kluwak nya nich yang bikin sedep mba...musti impor dr Jawa ya..berarti masakan Jawa aja ya mba yang byk pk kluwak..hihi

      Delete
  2. Iya nih kaya nya ya mba. Makin penasaran aja deh sama rasanya. Trs klo ga pake daging, bs pake apa aja lg mba? Ttp mau buat jg ah, walau hsl akhir nya nnt sambel goreng, hehehe...

    ReplyDelete
  3. Daging apa aja mba..tambah kunyit aja mba..jadi gule dech..:D

    ReplyDelete
  4. huhhhh, bikin ngiler aja nih.
    pengen nyobain buat sayur betiknya.
    thanks infonya, keep share :)

    ReplyDelete