Google Ad

Friday, November 28, 2014

Nugget Ayam Wortel


Sejak Yodha bosan makan nugget ayam..lama banget aku nggak bikin nugget. Dulu pas TK sampai kelas 1 dan 2 terlalu sering ku buatkan nugget..jadinya dia bosan. Eh..pas kemaren di tanya mau makan apa ..kok nyeletuk pengen makan nugget..katanya pas di sekolah lauknya sering nugget.jadi dia suka lagi. Ya oke dech..pas nggak sempat masak aku beliin nugget kemasan dech..dan Yodha protes.." kurang enak Mi..nuggetnya "..hihi. Ternyata seleramu tinggi juga ya Nak..ndak mau makan sembarang nugget..hihi. Tapi setelah aku cicipin nugget bermerk yang di jual di budhe sayur memang agak neg ya sekarang rasanya. Jadilah aku buat sendiri lagi nugget untuk Yodha..dan hasilnya..suka dech dia..kemaren buat sarapan..terus sisanya minta di bawa buat bekal sekolah. Nah..tak bawain agak banyak biar bisa berbagi sama teman2nya..sama saus buat cocolannya..ternyata pulang aku cek..habis..ludes. Aku tanya dia habisin sendiri apa berbagi..katanya berbagi sama teman2nya dan pada suka semua.

Jadi pengen sering buat aneka nugget lagi nich kalau Yodha udah doyan lagi..hihi. Nah kemaren aku buat vaarian nugget wortel..soalnya Yodha paing suka makan sayur ya wortel. Sebenernya kemaren mau tak kasih bayam..tapi aku ragu..kalau Yodha nggak suka kan malah jadi nggak mau makan nugget lagi nanti. Tapi penasaran juga sich..besok buat ah..nugget bayam..jika langu bayamnya ya nggak usah di kasih ke Yodha..soalnya dia gitu..kalau *kecenthok atau makan apa sekali makanan apa yang nggak di sukai..nanti malah nggak mau makan lagi..hihi. Nugget kemaren aku coba versi beda dari resep nugget yang udah sering ku buat dan udah ku posting juga resepnya. Biasanya kan aku buat nugget pakai tepung panir / tepung roti , nah kali ini aku pakai tepung bakso / sagu, enak juga ternyata teman2 , kenyalnya lebih dapet. Dan biar mudah juga..aku pakai ayam cincang aja..bukan giling kayak biasanya..hasilnya juga enak lho..jadi tekture ayam masih terasa. Dapat ilmu baru dech. Dan juga..nggak perlu pakai food processor..cukup main cincang aja pakai pisau dapur..beres...! ^^

Ok..mau coba teman2..yukk simak resepnya ya :
Nugget Ayam Wortel

Bahan :
300 gram dada ayam, di cincang halus
1 buah wortel besar, serut pakai serutan keju
1 butir telur
60 gram Tepung Bakso atau bisa pakai tepung sagu
50 ml air es
1 sendok teh kaldu ayam bubuk
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
garam sesuai selera
1 sendok teh bawang putih bubuk / atau bawang putih secukupnya, haluskan

Bahan pelapis :
100 gram  tepung terigu protein rendah atau sedang
2 butir telur, kocok lepas
Tepung panir orange khusus nugget secukupnya

Cara Membuat :
campur semua bahan dan bumbu , aduk rata
Koreksi rasa, dengan cara ambil sedikit adonan, goreng. cicipi..udah pas sesuai selera belum gurihnya.
Jika rasa sudah pas, tuang adonan nugget ke loyang yang di alasi plastik tebal dan di oles sedikit minyak. Kukus sampai matang sekitar 30 menit.
Potong2 sesuai selera.
Gulingkan nugget ke tepung terigu, celup ke kocokan telur, lalu gulingkan ke tepung panir sambil di tekan2 agar panir melekat sempurna.
Simpan di kulkas sebentar sekitar 15 menit agar panir menempel kuat di adonan.
Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga kecoklatan atau simpan di wadah kedap udara dan di freezer untuk stock nugget beku.
Noted :
Tepung panir orange adalah tepung  panir yang khusus buat nugget , dan aneka frozen food lain. jika kesulitan mencari tepung panir di kota teman2..aku jual lho..hihi.  Dan ready stock...tepung panir yang aku jual ini renyah dan kriuk dech buat nugget..warna nugget juga makin cantik..seperti di foto itu teman2..^^


15 comments :

  1. baru aja mau request resep2 dg tepung bakso ... eh ada resep nugget ini .. ok bgt nih mbak .. tku. Ditunggu resep2
    lain dg tepung bakso ya mbak ... tku (irene)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba Irene..udah banyak lho resep2 pakai tepung bakso..di ubek2 aja di kolom Aneka Tepung ya..hihi. Nanti aku buat yang lain juga..:)

      Delete
  2. pengen beli tepung panir nya mb..boleh minta contact nya mb..pin BB, WA atw nmr hp??? ^_^...salam kenal mb diah

    ReplyDelete
  3. Hi mba.....inbox aja di fb ku ya..nnati tersambung di messenger..fb ku Diah Didi

    Tq

    ReplyDelete
  4. Mb plastik yg di pake alas plastik apa ya , lagi belajar masak ni buat anak . Hehe .. Mksh mb

    ReplyDelete
  5. mba, tepung bakso itu apa ya? bisa diganti tepung lain gak? makasih.

    ReplyDelete
  6. Mba mau tanya, kalau mau beli plastik tebalnya kalau ke toko bilangnya plastil buat apa yaaa

    ReplyDelete
  7. Terimakasih artikelnya bermanfaat sekali, semoga bermanfaat bagi yang lain. Kunjungi www.greenmommyshop.com yang menyediakan kosmetik organik yang ramah lingkungan.

    ReplyDelete
  8. Mba diah kl mw bl tepung nugget itu gmn?brp hrganya?aq tnya dl rapopo yaa..hehe...oia ongkir ke tasik brp?

    ReplyDelete
  9. tepung panir brpa per kilonya mba.....

    ReplyDelete
  10. Bunda kl d simpan d freezer tahan brp lama yah

    ReplyDelete
  11. Bunda kl d simpan d freezer tahan brp lama yah

    ReplyDelete
  12. sekarang ibuku lagi rajin buat nugget ayam sendiri di rumah. dan bikinnya gede2 mba dibanding yang buatan pabrik/beli kemasan. jadi puas aku mba makannya. lebih murah dan sehat ^^

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel