Tuesday, November 25, 2014

Nyomok Tempe Gembus



Hihi..nama masakannya unik banget ya teman2..*Nyomok* ..nggak tau dech artinya apa. Kalau di Yogya kan..ada juga istilah *jangan* itu artinya sayur..misal.. *Jangan tempe..itu artinya sayur tempe. Jadi..ada cerita lucu nich..kan ada orang dari luar Jawa..di undang makan di salah satu keluarga di Yogya..yang punya rumah mempersilahkan makan..nerangin menu2nya.." ini ikan..ini lauk..ini jangan..nah..si tamu yang di undang..nggak berani makan sayurnya..karena di kira *jangan * itu menu yang nggak boleh di makan kan..haha. Lucu nggak teman2..?..Nggak ya..hihi..biarin dech daripada ngantuk. Tadi malam bangun jam 2 lembur packing 150 pack tepung leker..buat kirim ke Jakarta pagi ini..jadinya super ngantuk pagi2 gini. Tapi karena nggak biasa tidur pagi atau siang hari ya di tahan2 aja walau kepala rada nyut2 an.

Oke dech kembali ke sayur Nyomok khas Rembang ini ya teman2..aslinya pakai tempe ya..tapi kemaren aku pengen coba pakai gembus aja..enak juga ternyata. Gembus yang lembut di padu kuah santan yang gurih dan pedas sedep khas cabe hijau..enak dech.  Sayur ini mirip2 sayur cabe hijau ala Temanggung empis2..tapi cita rasanya beda lho teman2..jadi tetep bisa jadi varian menu untuk sehari2 lho. Kalau empis2 Temanggung khasnya cabenya hijaunya super banyak..jadi pedasnya banget..kalau sayur nyomok ini nggak terlalu pedas, bumbu kuahnya juga pakai kunyit dna ketumbar,..jadi rasanya tetep beda walaupun mirip ya. Rasanya gurih pedas enak dech di nikmati sama nasi hangat..sama kerupuk..menu ndeso yang sedep dech.

Oke..mau coba..yukk..boleh di ganti tempe biasa ya..jika nggak ada tempe gembus teman2..^^
Nyomok Tempe Gembus

Bahan :
200 gram tempe gembus, potong2 kotak kecil
Santan 800 ml
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang sere, memarkan
1/2 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu sapi
Garam sesuai selera
Cabai hijua besar 10 buah, potong2 bulat

Bumbu halus :
6 buah bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar
1 cm kunyit
1/2 sendok teh terasi

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan cabai hijau, aduk hingga layu. Masukkan santan dan bumbu2 lain, masak hingga mendidih. Masukkkan gembus, masak kebali hingga meresap dan kuah meyusut sambil sesekali di aduk. Koreksi rasa.
Sajikan.

4 comments :

  1. Waw... enak nih... mau dong bagi dikit...hihih. resep mbak Di tuh simple tapi selalu bikin ngilerrr & laperrrr....!! Cari ah tempe gembus, moga2 ada. Di Jakarta jarang banget yg jual gembus mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..kemaren masih ada tak buat gembus krispi juga..enak..hihi

      Delete
  2. lhaaaaaa.....ini baru wuenak tenan mbaaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mba...tempe gembus enak di masak apa aja ya..:D

      Delete