Wednesday, November 12, 2014

Acar Tahu Khas Rembang



Beberapa waktu lalu di pinjami majalah Selera jadul2 terbitan tahun 87 an sama mba Elmi tetanggaku..wah senengnya..serasa dapat harta karun resep2 jadul..hihi. Lha aku suka je yang jadul2 gini..karena biasanya lebih otentik resepnya..kalau majalah sekarang kan banyak di modif sana sini..jadinya belum tau otentiknya gimana. kalau aku pertama nyoba resep..itu musti coba dulu aslinya..baru dech..setelah coba dan kira2 nggak sesuai selera baru di utak atik sendiri biar pas di lidah..hihi. tapi paling nggak bumbu2 dasar dll tetep sama..takaran aja yang biasanya aku sesuaikan seleraku sendiri. 

Baiklah nanti aku coba satu persatu resep2 jadul dari majalah Selera ini ya teman2..udah nggak terbit lagi kali ya..majalahnya..ejaannya aja masih ejaan lama lho belum yang di sempurnakan..hihi. Harganya tertulis Rp.3000,- ..hihi..murah banget ya..haha..padahal kalau jaman dulu ya udah mahal segitu ya. Eh tapi biarpun majalah jadul seru lho majalah selera ini..banyak iklan2 kuno..kayak merk2 margarin blue**** dll..yang jadul2 gitu iklannya. ada pula menu sebulan, ada cerpennya juga..hihi..tapi cerpen yang berhubungan dengan masakan. Seru kan..teman2. Eh tapi malah keren lho majalah jaman dahulu..satu edisi dalam 1 majalah itu di buat dalam dua bahasa..yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris..hihi. Ayukk..siapa yang punya Eyang dulu langganan majalah selera jadul ini dan nggak kepakai..kirimkan lah ke aku teman2..hihi..atau tak beli mau lho aku..haha. Pengen dech koleksi resep2 jadul..dari majalah atau buku2 jadul gitu..seru. Dulu aku sering berburu majalah lama gini di tempat penjual buku atau majalah bekas..tapi sekarang nggak sempat lagi..hihi.

Kali ini yang aku coba yang murah meriah dan gampang2 aja dulu , yaitu Acar Tahu khas Rembang. Acar Tahu ini. Sebenernya acar tahu ini kayak masakan tahu gurih bersantan..tapi di beri sedikit cuka agar rasanya lebih segar..dan setelah ku coba..enak lho..seger dan gurih..apalagi ada ranjau cabe rawit hijaunya..wah makin seger dech...pas nyeplus cabe rawit ijonya ini.

Mau coba..teman2..yukk simak resepnya ya, aku adaptasi dari majalah Selera jadul.. :

Acar Tahu Khas Rembang

Bahan :
250 gram tahu putih, potong kecil2 kotak ( pakainya tahu cina yang padat ya..biar nggak hancur )
20 buah cabai rawit hijau
1 batang serai
1 sendok teh gula merah
2 sendok makan kecap manis
Garam secukupnya
4 buah bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
Santan sedang 250 ml
Cuka masak secukupnya ( 1 sendok teh aja cukup )

Bumbu halus :
2 cm jahe
1 cm kunyit
2 butir kemiri

Cara membuat : 
Tumis bawang emrah dan putih , hingga harum. Masukkan bumbu halus, tumis kembali hingga  benar2 matang dan harum. masukkan santan, dan bumbu2 lain. Biarkan mendidih, masukkan tahu. Masak dengan api kecil hingga kuah meresap ke tahu. Koreksi rasa. Sajikan

10 comments :

  1. Tahu nya tahu putih biasa ya mba? Trs tahu nya ga di goreng dl ya mba? Apa nnt tahu nya ga hancur ya mba?

    ReplyDelete
  2. Nggak mba..pakai tahu Cina yang padat itu lho mba..:) Tapi kalau tahu biasa..di goreng dulu ya boleh..:)

    ReplyDelete
  3. Oh oke deh mba. Tak coba skrng ya mba, untk menu malam, pas bngt jg mmng mau masak dan lg punya tahu putih biasa di kulkas. Brrt tahu nya di goreng dl ya mba, makasih bnyk ya mba sharing nya...

    ReplyDelete
  4. Yaaay...tahu kesukaanku banget...masakan jadul tuh simple tapi enak2 yo mbak... mbayangin nyeplus rawitnya aja udah kemecer nih... ntar pulang kerja tak coba bikin deh...^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..yang jadul tuch masih original dan sederhana2 resepnya ya..:)

      Delete
  5. kalau disini sering bikinnya pakai cabai gendot. cabai hijau gendut gitu mbak

    ReplyDelete
  6. Majalahnya jaduuul banget ya mba tahun 87 saya belum ada didunia ini hahaha,,, pas banget punya stock tahu agak banyak,,, siap dieksekusi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..wah masih mudah banget dong mba Tina ya.......* berasa tuabanget daku..hahaha

      Delete