Sunday, November 2, 2014

Sup Iga Pedas Ala Sop Janda


Beberapa waktu lalu sempat hujan sebentar di Semarang sini ya teman2..lha kok sekarang cuacanya jadi panas lagi ya..super panas. Jadinya pengen makan yang seger2 terus dech. Pokoknya hari ini di niatin mau masak komplet tadi buat Yodha dna papinya..soalnya dari kemaren makan kok gak kebeneran terus di luar. Tapi malam..wuah..makan di Semarang bawah itu malah keburu laper..beneran saking macetnya kota Semarang sekarang. Jadi kalau nggak perlu2 banget malas sebenernya turun ke kota Semarang bawah di hari weekend. Lagian di atas ya..sudah komplet apa2 ada. Cuma semalem memang mau ke jNE pusat..karena banyak kiriman tepung udah terpacking..sementara JNE atas langgananku udah tutup sore hari..ya udah terpaksa turun ke kantor pusat JNE di Semarang bawah..sekalian cari makan malam..dan terjebak macet dengan suksesnya..hihi.

Ya udah..mari kita makan yang seger2 dulu ya teman2..di tengah cuaca panas ini....aku bikin sup iga pedas tadi..terisnpirasi dari Sop Janda..yaitu sop iga ala mbak Darmi ya katanya...aku sich belum pernah makan ke sana..cuma di ceritain dan di pinjemi tabloid info kuliner punya mba Elmi yang meliput tentang sop iga pedas ini. Jadilah pengen coba. Setelah ku lihat resepnya ternyata sop iga biasa yang di kasih banyak cabe rawit hijua..jadinya super pedas gitu. Makasih pinjeman tabloidnya ya mba..udah ku coba nich..^^

Wah..lha tapi kalau ada banyak cabe rawitnya di sopnya,..cuma aku yang suka,..jadilah aku buat sopnya pertama sop biasa dulu nggak pedas..baru yang buat aku aku kasih cabe rawit hijau banyak..jadi tetep jadi sop ala Janda kan..hihi. Kenapa di sebut Sop Janda..konon yang jual adalah seorang janda pas awal2 buka warung sop tersebut,...hihi. Ada aja ya teman2..nama unik dari suatu makanan.

Asliny apakai iga yang bertulang..tapi aku unyanya daging iga aja..nggak masalah..sama enaknya. Bumbu2 aku sesuai resep dari Sop Janda mba Darmi ini cuma aku nggak pakai cuka..aslinya pakai. Aku lebih suka kucuran jeruk nipis pas makan sopnya ketimbang cuka yangd i campur langsung ke dalam kuah sop. Lebih seger jeruk limau dech di banding cuka....menurutku.

O..ini dia resepnya ya teman2..jk mau coba dari tabloid info kuliner : )

Sop Janda 

Bahan :
500 gram daging iga sapi
2 liter air
Garam dan gula pasir secukupnya
Kaldu sapi 1 sendok teh
Cuka 1 sendok makan ( aku nggak pakai, ganti jeruk limau aja...pas mau makan di kucurkan langsung lebih segar )
Penyedap  rasa secukupnya ( aku nggak pakai )
Aku tambahin sayuran wortel dan kentang biar nggak sepi sopnya
Daun bawang dan bawang merah goreng secukupnya
Cabe rawit hijau 50 gram

Bumbu halus :
5 siung bwang putih
1/2 buah pala
1 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Rebus daging iga dan air dengan api kecil hingga keluar kaldu beningnya. Saring air kaldunya dan potong2 daging iganya.
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan air kaldu dan daging iga yang sudah di potong2. Masukkan pula bumbu2 lain
Jika sudah emuk dan bumbu meresap tambahkan cabe rawit hijau dan daun bawang.
Sajikan dengan taburan bawang goreng dan jeruk limau jika suka.


10 comments :

  1. Unik, kreatif & lucu2 ya mbak nama kuliner di Jawa... ada rondo royal, sekarang ada sop janda... serba janda semua...hihih ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo mba..Janda..menarik kali ya..buat nama makanan..hihi

      Delete
  2. mbak diah ....salam kenal .saya mau nanya sedikit nih ...dr beberapa resep dimanapun yg saya baca kok kebanyakan klo bikin kaldu pake daging atau iga dalam potongan besar2 dan kemudian dipotong2 setelah jd kaldunya .daging yg sudah dipotong2 dimasukin lg .kenapa harus begitu ya mbak ...bukanya ribet ...kenapa ga dr awal saja dipotong kecil2 biar pas udah jadi kaldunya ga motong2 lg hehe ...maklum baru belajar masak mbak jd masih butuh banyak pencerahan .EZHA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar kaldunya bening mba.kalau di potong2 langsung kaldunya buthek..:)

      Delete
  3. Kyaaa...kangen banget ama sop janda di cibitung ini mbaaak, barusan aja ngobrolin ini ma temen
    eh kok ndilalah nongol resepnya dsini..
    hepiii :D :D
    Makasiih bnyk yaa mba Didi, lgsg dicobain ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIpp mba..aslinya pakai iga bertulang ya..dan tanpa sayuran..:)

      Delete
  4. di dekat rumahku juga ada yang jual sop janda mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di cibitung ya Mak..memang aslinya situ ya sop Janda..:)

      Delete
  5. Kemaren2 pernah liat diliputan berita siang (tp lupa channel mana),, ngiler banget ehh ada resepx udah diupdate mba DD,, bisa dicobain ntar klo dah dirumah.. Mkasih ya mba..

    ReplyDelete
  6. Sipp mba..met coba ya..aslinya pakai iga bertulang aja ya minus sayuran..:)

    ReplyDelete