Thursday, November 20, 2014

Ayam Bakar Bumbu Opor



Menu ayam bakar bumbu opor ini..adalah menu daur ulang teman2..hihi..tapi..looks yummy kan..?..Ya memang enak sekali teman2...! Jadi ceritanya kemaren sore masak opor..tapi karena nggak sempat masak sambal goreng, suami rada2 males makan kalau cuma opor aja..akhirnya beli mie thek thek yang lewat depan rumah aja buat makan malam. Lha si opor ini kan kasian ya..kalau di cuekin di kulkas..akhirnya tadi pagi aku olah ulang jadi ayam bakar bumbu opor ini..dan rasanya..enak sekali..Yodha suka.....papinya juga. Alhamdulillah,..habis dech opornya akhirnya walaupun tanpa sambel goreng..cukup di ganti pakai sambel korek cabai rawit aja makannya..hihi.

Jadi..untuk membuat ayam bakar bumbu opor ini mudah saja teman2..ayam di ungkep dulu pakai  bumbu opor biasa, tapi santan agak kental ya..kalau mau di buat ayam bakar gini..biar rasanya mantap..*mlekoh gitu..bumbu2nya tebal menyelimuti ayam bakarnya. Untuk membakarnya jika malas nyalain arang..juga bisa pakai pan anti lengket biasa..rasanya..sama enaknya kok.  Aku pakai sayap aja sich kemaren masak opornya..jadi lebih mudah empuk dan meresap bumbu2nya..tapi jika mau pakai ayam pejantan..ayam kampung juga bakalan tambah sip dech teman2.

Jadi..jika masih punya sisa opor di kulkas..yukk berdayakan saja jadi ayam bakar bumbu opor ini..tinggal di masak lagi hingga kuah mengental dan habis. Atau kalau memang niat mau bikin ayam bakar ini ya bisa juga..masak opor biasa ya..di masak api kecil samapi kering, lalu di bakar. Mudah kan..nah..ayam opor ini paling enak di nikmati pakai sambal yang sederhana saja..yaitu sambal rawit kosek..karena ayamnya sendiri juga sangat gurih dan legit..jadi cukup di imbangin dengan sambal pedas yang netral dan natural rasa pedas aja..jadinya klop banget dech perpaduan rasanya.

Mau coba..yukk belanja ayam dulu ke pasar ya..^^
Ayam Bakar Bumbu Opor

Bahan :
1/2 kg sayap ayam
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun jeruk
2 batang serai, memarkan
1.000 ml santan dari 1 butir kelapa
1 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
2 sendok makan kecap manis
1 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam secukupnya

Bumbu Halus: 
8 siung bawang merah 
4 siung bawang putih
3 cm kunyit , bakar sebentar
6 butir kemiri, sangrai
1 sendok teh ketumbar, sangrai

1/2 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan ayam, aduk hingga berubah warna, masukkan santan dan semua bumbu2 lain kecuali kecap manis, masak dengan api kecil hingga bumbu meresap, ayam empuk dan kuah mengental. Koreksi rasa. Masukkan kecap manis, aduk rata. Panggang di atas bara api atau wajan anti lengekt yang sudah di oles minyak , sambil di olesin sisa bumbu  jika perlu.



5 comments :

  1. wew..kalo kyk ini suamiku bakalan jadi tambah gendut nie gara nambah terus makannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba..suamiku juga je..udah ndut tambah ndut..haha

      Delete
  2. Mba Diah,,, aku barusan bikin enyaaaaakk mba, pokoknya kalau mba Diah sudah posting resep ayam, aku ya pasti WAJIB coba mba,,, selalu enaaaak soalnya... Makasih ya mba Diah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp mba..ayam nggak ada matinya ya mba..di olah..:D

      Delete
  3. Hii mba alamat emailnya bundadidi@gmail.com kok
    Invalid ya

    ReplyDelete