Wednesday, September 3, 2014

Tips Membuat Isian Lumpia Semarang Ekonomis


Kemaren beberapa teman yang punya usaha kue2 dan cemilan basah tanya cara membuat aneka kudapan ekonomis tapi enak yang bisa di jual..baiklah..karena *Mak Irit ahlinya yang mur mer dan ekonomis tapi enak..hihi..mari kita bahas satu persatu ya nanti teman2..jika pas aku bikin cemilan. Walau sebenernya udah banyak sich..resep2 ekonomis tapi enak yang udah aku posting di sini..tinggal rajin ngubek2 aja isi web ini teman2..pasti banyak dech nemu ide aneka snack rumahan yang bisa di jual..untuk menambah penghasilan keluarga. Colek mba Harsini yang kemaren kirim email dan juga teman2 lain yang sudah mulai atau baru mau   punya niat usaha sambilan bikin aneka jajanan..ayukk..semangat ya..pasti bisa..walaupun kita sibuk ngurus keluarga dll..tapi jika punya keinginan untuk memulai usaha di bidang kuliner..pasti ada jalan. Di mulai aja dari yang kecil2 an teman2..bisa nyetor aneka snack ke tempat pedagang jajan pasar di pasar2 tradisional..di toko2, warung2, kantin sekolah..kantor dll..atau di titip di tempat2 pedagang snack di pagi hari..kalau di tempatku di Semarang sini banyak lho yang jual aneka snack dan jajanan di pagi hari..dan laris manis pula...walau rasa kadang standar banget. Kalau teman2 nggak punya waktu untuk menjual sendiri..dengan di titip jual seperti itu..menguntungkan juga lho..karena para pedagang jajanan itu malah nggak bikin sendiri..jadi di setor aja oleh para pembuat jajanan. Jadi..peluang bisnis di bidang makanan itu ada di mana2 teman2. Di lingkungan tempat tinggal, sekolah..kantor..semua bisa jadi lahan usaha kok teman2..^^

Oke dech..biar nggak kelamaan ceramahnya..hihi..ntar malah kabur teman2 nich ndak jadi baca..lol..! Cuma mau kasih semangat aja kok buat teman2 yang mau mulai usaha makanan..tapi masih ragu2 dan mikir2..yukk segera di mulai..kalau ndak di coba...mana kita bisa tau ya..hasilnya. Aku dulu..awalnya malu2 ya...mau jualan gitu..sekarang..apa2 malah di jual..hahaha..liat barang atau produk makanan unik dikit malah pengennya jadi produk jualan  gitu..haha. mari kita mulai tips pertama hari ini yang mau aku bahas..tentang isi lumpia Semarang versi ekonomis. Mengapa tiba mau bahas isian lumpia..karena tadi pagi aku beli rebung segar titipan Mbakyu Priscilla yang pesan rebung segar buat di kirim ke Malang..pertama ragu2..ntar basi nggak ya..tapi karena mba Priscilla bilang.." Aku ra po po ..kalau basi....! " hihi..yo wis tak kirim nanti malam ya mba..nich udah ku siapin di packing pakai plastik tebal..dan di sealer rapat ini..biar nggak bocor. Kalau ketahuan aku kirim bahan makanan basah kan bisa berabe..hihi. Tapi untungnya JNE deket rumahku nich asyik2 aja yang punya agennya temen sendiri..hihi..jadi ndak pernah protes aku mau kirim apa aja..abu merang..tepung dll..hihi. Jadi patner yang klop bingits dech. Kadang2 malem aja dia udah tutup..kalau di telp suamiku..mau kirim paket banyak..mau buka lagi..hihihi. Makasih banyak dech Mas Rudi ya..atas supportnya..jadi biarpun jam 10 malam juga masih bisa kirim barang ke JNE. 
Walah..mau bahas rebung ini kok jadi  bahas yang lain..hihi..ya gitu teman2..cuma sekedar cerita aja..kalau kita udah mulai suatu usaha..jalan pun di mudahkan kok jalannya..kalau kita bener2 mau berusaha dan berdoa..^^

Ya oke lanjut ya..soal rebung nich..moga2 nanti selamat sampai ke Malang dan ndak basi ya mba Priscilla. Tips mengolah rebung jika terasa agak asam..rebus  hingga mendidih dan buang airnya. Ulangi lagi sampai rasa asam berkurang ya. Jika masih sedikit asam ndak pa2..nanti di masak dengan bumbu2 yang berani kan tersama kok..rasa asamnya. Tapi kalau rebung segar sich aslinya tidak ada rasa asam ya..tapi biasanya rebung2 bisa di simpan dalam waktu lama dengan cara di rebus dulu..kemudian di rendam dengan air dalam waktu lama..jadi muncullah sedikit rasa dan aroma khas rebung yang udah di rendam. Rebung buat mba Priscilla ini buat uji coba..hihi..siapa atau ntar kalau selamat sampai ke Malang..aku bisa jualan rebung Semarang ini juga..hihi. Karena rasa rebung Semarang ini memang khas teman2..kalau di buat lumpia..aroma dan rasanya berbeda dengan rebung daerah lain. Jadi jika punya mesin vacum gitu kali bisa ya..di kemas dalam rendaman air..peluang bisnis baru lagi..hihi. Lho iya lho..kalau di luar  negeri malah ada rebung kalnegan ya teman2..kalau di kita akan masih jarang ya..eh ada ding di superindo itu rebung dalam kemasan plastik gitu kalau di Semarang. Kalau di daerah lain kan belum ada kali ya teman2. Kalau aku sich belinya rebung segar kayak gini di pasar aja banyak tiap hari selalu ada di sini.



Sisanya..aku olah jadi isian lumpia ekonomis tapi enak. Agar isian lumpia bisa ekonomis tapi tetep enak..kuncinya adalah di bumbunya ya teman2. harus berani bumbu. Selain itu..di kasih aroma atau perasa gurih sedikit dari udang segar yang di cincang sedikit saja..udah terasa gurih kok. Jika udang masih terasa mahal cost produksinya..ya pakai ebi saja..kan juga nambah gurih. ebi mahal juga..pakai saus tiram..itu juga bisa bikin isian lumpia jadi tambah gurih dan enak..murah kan saus tiram ya teman2. Tapi tetep..ciri khas isian lumpai Semarang yang menonjol adalah rasa manis dan gurih..jadi tetep di kombinasikan sama rasa manis ya..kalau saus tiram aja kan agak asin. Jadi bisa pakai gula pasir atau kecap manis sebagai tambahan rasa yang gurih manis..khas lumpia Semarang.

Selain itu...isian juga bisa kita tambah sayuran jika di rasa bahan rebungnya susah di dapat..misal tambahin wortel..jadi makin cantik dech  ada warna warni isi lumpianya. tambah jamur tiram..kan murah juga itu sebagai pengganti ayam..Kayak yang aku buat ini tadi..isian lumpianya pakai jamur tiram yang di suwir2 teman2..enak bingits juga lho..klop sama rebung rasanya. Nah..selanjutnya..tinggal pilih segmen pasar dech..kalau mau jualan lumpia ini...dan tentukan harga jual. Kalau mau buat versi murah..yang isi rebung aja..udah enak kok asal bumbu2nya pas. Di sini banyak kok lumpia mur mer 2 ribu an yang isinya cuma rebung aja..hihi. kalau yang isi komplet dan di jual di pusat oleh2 kota Semarang bawah sono ya..bisa sampai 10 ribu per biji..hihi. Mahil..tapi buat oleh2 atau pelancong kali ya ndak pa2..tapi kalau aku ya lebih eman2..suka bikin sendiri aja..lebih enak dan murah..hihi. Mak Irit...lol..! Jika mau harga yang oke..gitu..lumpianya..pakai udang..telur.ayam cincang..dll..tentu saja jangan kemahalan seperti harga lumpia sini ya teman..hihi. Jadi..sudah siap berbisnis kuliner teman2..?..Yukk..semangat ya......colek mba Intan.. yang  udah mulai bisnis risolesnya..tepung panir orange nya udah ku kirim tadi pagi ya..via wahana..semoga cocok..hihi.





12 comments :

  1. Habis dicolek mba Diah langsung kaget aq..hihiihiii...makasih banyak ya mba ulasan tentang usaha aneka jajanan/makanan...jadi tambah semangat nih mau jualan hehee...
    Mba Diah nih emang 'Mak Irit' beneran deh...aq ga kepikiran lho kalo ayam suwir bisa diganti pake suwiran jamur tiram...ngakak abis aq hihiihiii...4 jempol deh buat mba Diah bs ada ide2 cemerlang kayak gini...
    Ditunggu ulasan / ide2 khas 'Mak Irit' lainnya ya mba...hihiii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siappp mba..nanti di posting satu per satu ya..hayuuk semangat.pasti bisa..rejeki dari bisnis makanan..menjanjikan lho..semangat ya..:)

      Delete
  2. disini cari rebungnya susah,harus pesan tukang sayur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak..pusatnya di Semarang ya..klu rebung..:)

      Delete
  3. Hadeuuh jeng diaah, sebut2 namaku hehee.... Iya gpp mbak, buat trial jd kelinci percubaan ha..haa.... Makanya belinya dikit dulu yak; kalo basi tar mau cobain kiriman yg express. Kalo masih basi jg y berarti harus langsung ke TKP :/ Wis ngidam ini padahal. Kalo ga dicoba kan ga tau yach.... Tp mana no rek nya mbak? Aq belum bayar euyy.... koq uda dikirim. Tulung ya mbak'e no rek n jmlh totalnya. Jd kirimnya semalam ya? Tar aq liat de brp hr nyampenya; trial expedisi ke Mlg jg ^_^

    Kelupaan 1 barang mbak. Kalo ga salah di Smrg ada kecombrang kan? Koq seingetku urap megono tuh khas Smrg n pake kecombrang. Soalnya aq pernah mkn di rumah org, kaya' gt, enak lho.... Duh aq jg pengen yg 1 ini; kalo dibuat arsik pasti wangiiii deh. Bener gak sih mbak, kecombrang ada di Smrg? Apa salah ya, koq mbak diah ga pernah bahas masakan berkecombrang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..no problemo mba..ntar ku email ya. eh aku sdr kok jarang nemu bunga kecombrang ya di sini..ntar mau ke pasar gang baru..sapa tau ada..:)

      Delete
  4. Justru ulasan yg penuh inspirasi & semangat yg membuat aku berat hati pindah ke lain blog...hihihi. Salut buat mbak Di... marketingnya jago banget. Resep2nya mbak Di menginspirasi aku buat jualan lho mbak. Apalagi resep2 mbak Di ekonomis tapi uenak. Mula2 memang ada rasa malu buat jualan tapi dipikir-pikir kenapa mesti malu ya, malah seharusnya bangga ya mbak karena olahan kita bisa diterima dan dikonsumsi banyak orang. Kemaren pas bulan puasa setiap hari sebulan penuh aku bikin risole utk dititip jual di pasar ramadhan dan alhamdulillah habis terus, malah ada yg pesen buat acara. Wuih senengnya mbak meskipun badan rasanya remuk redam...lha wong tiap hari sepulang kerja bikin risole sampe malem dan ga ada yg bantuin...tapi puas dan seneng karena jualannya habis terus...hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaaa..keren TOP mba..sambil kerja masih bs buat risol scr rutin..sippp hebat2. Ayuk..jgn cuma pas puasa aja..titipin di kantin2 mba..hari biasa pasti laris juga..:)..

      Delete
  5. Mbak, kiriman rebungnya udah nyampe lho, cepet jg walo paket oke. Jd aq hrs berbuat apa nich mbak? Direbus dulu, direndam, disimpan freezer atau gimana? Aq sdh imel jg tuch. Thanx ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di rebus 2 tiga kali sampai mendidih mba..air di ganti2 dan di buang ya,, biar berkurang asamnya..:)

      Delete
  6. Hallo mbak diah :) Rebungnya udah kurebus mbak, ternyata nggak asem samsek, padahal cuma 1x rebusnya. Udah kueksekusi kemarin. Tinggal besok bikin kulitnya. Jadi kesimpulannya bisa tuh mbak dijual hehehee... Jadi maksimal 2 hr proses pengirimannya, kalau lebih harus diuji coba dulu :) Makasih ya mbak'e

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp syukurlah mba..hihi..jadi keturutan makan lumpia Impor langsung Semarang rebungnya ya..:D

      Delete