Tuesday, September 9, 2014

Tips Membuat Tahu Petis Semarangan



Tadi kirim petis Semarang pesanan mba Angelia di Kupang..aku kok jadi pengen tahu petis..hihi. Dan memang aku suka uji coba beragam petis di Semarang sini..sampailah pada kesimpulan..kalau buat tahu petis..itu..lebih enak kalau di campur..petis yang mahal..sama petis yang murah ala pasar..hihi. dan memang kok teman2..penjual tahu petis langgananku dulu juga bilang begitu. Kalau pakai petis yang bagus atau mahal aja..malah neg tahu petisnya. Karena kan terlalu gurih ya. Karena petis kan memang ada macam2 kelas ya teman2..yang paling bagus itu biasanya rasanya sangat tajam aroma udangnya. Beda dengan petis pasar yang lebih murah..itu lebih light aroma dan rasanya..karena apa..karena tapiokanya banyak. Salah satu bahan untuk membuat petis pasar kan di campur tapioka teman2..makanya jadi lebih kental daripada petis mahal Kalau petis mahal itu..bentuknya kental , tapi di tuang masih bisa meleleh sedikit gitu..kalau petis pasar bentuknya kayak lem..lem hitam..hihi. Tapi justru karena banyak tapiokanya itu jadi malah enak kalau buat tahu petis. Karena rasa gurihnya netral aja..juga ada rasa manis2nya dikit. Tapi kalau aku ya tetep tak tambahin gula merah sedikit  sich kalau bikin tahu petis..biar makin sipp.

Tips membuat tahu petis Semarangan...mari kita bahas ya. Apa itu tahu petis..itu lho..salah satu gorengan yang banyak di jual di gerobak pinggir jalan di Semarang. Coba aja main ke Semarang teman2..kalau ketemu penjual gorengan..selain aada bakwan , tempe mendoan dll..pasti ada dech tahu petis ini. Dulu awal2 pindah Semarang ya gak begitu suka..hihi..karena aneh aja gitu saus petis hitam..meleleh di antara tahu goreng. Tapi setelah bisa buat sendiri jadi suka dech. Kan kalau bikin sendiri lebih sesuai selera bumbu2nya gitu..juga bisa tau petis yang di pakai sesuai selera. Nah..tips membuat tahu petis Semarangan yang enak..tentu saja pertama pilih tahu yang enak..karena bahan utamanya tentu saja tahu selain petis ya. Tahu buat tahu petis, aku biasa suka pakai tahu sutra yang dari daerah Bandungan deket Semarang sini sich enak banget..tahunya udah gurih dan lembut..nggak asam. Memang harganya lebih mahal dari tahu2 biasanya sich. Tapi daripada makan tahu asam..aku paling nggak suka..hihi. Kalau nggak ada bisa pakai tahu Sumedang, tahu Surabaya..atau tahu2 lain yang enak dech..sesuai selera ya. nah..petis yang di gunakan itu pakai campuran petis biasa / petis pasar , sama petis yang bagus, atau yang kemasan cup gitu kalau di Semarang sini. Petis yang kemasan cup ini memang petis untuk bumbu teman2..jadi enak di buat masakan seperti tahu campur Surabaya, tahu tek, lontong balap, tahu telur, dan tahu gimbal khas Semarang juga pakai petis bumbunya. Selain itu buat petis kangkung, rujak cingur dll..banyak dech masakan yang pakai petis..di search aja di web ini..udah ku posting semua itu resep2nya ya. 

Selanjutnya mari kita buat tahu petis nya ya..pertama goreng tahu hingga berkulit..paling enak itu luarnya garing, tapi dalamnya masih basah. Setelah itu di belah tengahnya, lalu di isi dengan saus petis yang udah berbumbu, sampai meleleh leleh..atau sampai tumpah tumpah..!..Lol..kata mbak Jupe..tapi memang begitu kok teman2..penampakan tahu petis Semarang itu kurang afdol kalau nggak sampai keliatan saus petisnya meleleh keluar dari tengah2 tahunya..hihi. Makanya kalau beli tahu petis..kan di belah dan di isi saus ketika ada yang beli. Jadi saus petis berbumbu di letakkan terpisah di baskom gitu kalau di gerobak2 pinggir jalan yang bikin gorengan. Kalau ada yang beli..baru saus di isikan ke tahu. Udah gitu aja kok bikinnya..mudah kan teman2. tahu petis ini enak bingits..di nikmati hangat2..dengan nyeplus cabe rawit..dan nggak bakal kerasa..sebelum 3 atau 4 biji masuk mulut..hihi. 

Ok..sekarang yukk simak cara buat saus petis untuk tahu petis ya..ini dia resepnya..walau udah pernah ku posting..kali ini aku kasih yang versi detail campuran petis mahal dan petis pasar ya.
Tahu Petis Semarangan

Bahan :
Tahu goreng secukupnya

Saus :
2 sendok makan petis pasar
1 sendok makan petis kemasan
1 sendok teh gula merah
Garam secukupnya
1 siung bawang putih, haluskan. Jika tidak suka aroma bawang mentah, di goreng dulu ya sebentar bawangnya.

Cara membuat : 
Kukus sebentar kedua macam petis sebentar biar matang. Walaupun udah matang sich petis..tapi kan biar mantap aja di masak lagi. Haluskan bawang putih, garam dan gula, masukkan petis, aduk rata. Koreksi rasa..udah pas belum manis, gurihnya. Jika udah pas..tinggal masukin dech ke tahu goreng ya udah di belah tengahnya..dan tahu petis semarangan yang enak   dan gurih..siap di nikmati anget2..sambil nyeplus cabe rawit..yummy..! ^^
 

Kalau di Semarang ada dua macam petis..yang versi kemasan cup..harganya lebih mahal..ini yang halus dan bentuknya mengkilat, serta nggak terlalu kental kayak lem..warnanya juga nggak hitam banget. Kalau yang versi petis pasar,  ini yang biasa di buat tahu petis di penjual gorengan..ini warnanya lebih hitam pekat dan lebih kental. 

Petis Pasar..kayak foto bawah ini teman2..^^


Petis kemasan cup..lebih mengkilat dan halus, warnanya juga nggak terlalu hitam, kental tapi masih bisa di tuang..kayak foto berikut nich teman2..kayak kecap , tapi lebih kental lagi.



Jika teman2..mau pesan petis2 ini.bisa lho..silahkan ..aku kirim bisa via JNE atau Wahana ataau pos. Selain petis2 tersebut..jika malas meracik sendiri bumbunya..aku juga jual petis yang sudah berbumbu..udah matang, siap makan. Di kemas dalam kemasan cup plastik bersih kayak di bawah ini. Tinggal colek aja. enak buat makan aneka gorengan..atau untuk buat tahu petis semarangan kayak resep di atas..tapi praktis..tinggal di olesi aja ke tahu goreng..bahkan buat makan aneka kerupuk aja enak lho..hihi. Email aja jika mau order ya..di bundadidi@gmail.com, inbox di fb aku atau isi contact form di pojok kanan atas web ini ya..^^







19 comments :

  1. Sedaaapppp banget tahu petisnya mbak Di... kalau boleh aku bilang saos petis gak kalah sama saos mayones... aku lebih suka saos petis deh dan sebenernya enak buat cocolan gorengan apa aja lho... dari tahu, tempe, menjes (tempe gembus), krupuk dll... apalagi saos petisnya puedes...makin mantabs.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Se puluh mba..eh setuju aja ding..hihi..aku yo milih petis di banding mayo mba..hihi.

      Delete
  2. suamiku suka banget, tapi aku biasnaya makan tahunya aja mbak :)

    ReplyDelete
  3. Neguk li*r mba diriku jadinya,,, karena akhirnya lidahku bisa menerima nikmatnya si hitam enak ini.... (kenapa g dari dulu ya...)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok sama lagi tho Mba ..diriku dulu yo nggak suka lho..sekarang jd suka..hihi

      Delete
    2. Ntar aku juga mau pesan ini ya mba kalau boleh,,, pengen coba petis semarang juga deh jadinya...

      Delete
  4. enakan petis kemasan biasa mb D,wiisss kalau beli tahu petis,gak nengok gorengan lain.pas hamil'nya baby Zahra,hmpir tiap hari tahu petiiiiss trs.jrg absen,hehehe.gak pnah bsen ama yg 1 ini.mb Diah,aku mau buat cake cokelat tnpa telur,ngintip resep'e mb Rina Audie,tkut bantat.tips bkin cake kukus biar ngembangnya cantik gmna ya mb.aku bkin cake kukus kok ngembangnya krg tggi.awal2 bljar cake,tak intipin trus,buka ttup panci,hehehe.penasaran jga pngen bkin pizza ekonomis buat bakulan,kyak di Nandi Sari itu loh mb,uang 3rbu bsa mkan pizza,hehe(mak rempong pngen irit jualan).posting dong mb,pizza ekonomis,bnyk yg suka psti deh.nanti tak bntu icip2 deh,gpp,hihihi.trims.elmi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..kalau buat tahu petis mba.enak yang apsar ya..tp klu buat masakan tetep kudu ada tendangan petis kemasannya..hihi. Coba2 aja mba.byk resep klu mau buat jualan..nanti kan ketemu yang pas..hihi

      Delete
  5. duhh mbak, jadi pengen buattt... kalo di tempatku pake petis udang sidoarjo Mbak yg enak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..memang dr sana terkenal ya petisnya..:)

      Delete
  6. Waa..jd pengen tahu petis ni.. soale dah bbrp kali plg ke kampung halaman suami di pati..tahu petisnya tutup.. lum kesampaian mkn tahu petisnya..huhuhu.. mbak klo mau pesen gimana caranya?

    ReplyDelete
  7. Mbak kalow sekilo kirim ke batam berapa biaya za......?

    ReplyDelete
  8. Mbak, kebetulan dapat oleh-oleh petis dari mertua. Jadi kepengen bikin tahu petis. Kalo di pasar, jenis tahu yang dipakai itu namanya tahu apa ya Mbak? Saeingat saya tahu Prasojo Semarang itu nggak kopong kayak tahu sumedang, tapi juga nggak sepadat tahu bandung.

    ReplyDelete
  9. Enak lg petisnya di campur ama petis madura yang warna merah itu... Hmmmm yummy.... Klo mau pesen petis madura yg agak asin itu isa pesen di aq lho...

    ReplyDelete