Friday, September 12, 2014

Siomay Udang & Ayam Ala Resto


Kalau kita makan di resto yang menyediakan menu dim sum atau di hotel2..kadang kita menemukan menu siomay udang atau di campur ayam ya teman2. Bukan siomay ala abang2 yang dari ikan tenggiri ya..tapi siomay yang dari sincangan daging udang dan ayam Dagingnya nggak perlu di haluskan..cukup di cincang aja. Jadi masih terasa tekturenya gitu. Kalau di resto2 sich biasa di sajikan di wadah kukusan kecil dim sum khusus dari bambu kayak keranjang kecil gitu ya..tapi aku ndak punya je..jadinya ya..pakai wadah seadanya aja. Dulu pernah ngintip di resto mart..wah..mahal ternyata kukusan dim sum dari bambu kayak gitu..jadinya ya eman2 mau beli..lha wong cuma buat di rumah aja..hihi. Tapi harusnya ya beli ya paling nggak yang kecil gitu buat properti foto kapan2 dech..hihi. Pengen beli hot plate yang buat steak itu yang bentuk kewan lucu buat properti foto..juga nggak jadi2 di sana..hihi. Lha masak  piring hot plate gitu bisa 100 ribu lebih ya..eman2 je..hihi.

Din sum udang atau ayam seperti ini aslinya pakai kaviar ya topingnya..kalau aku liat di afc gitu pas Chef Martin yan bikin. Wah..lha kalau di kita mana ada kaviar ya..hihi..makan aja belum pernah lho aku..beneran..hihi..jadi cukup di ganti wortel aja buat topingnya..kan sama kan..ada orange2 gitu warnanya..hihi. Oh ya..kulit pangsit yang di pakai yang khusus kulit pangsit untuk rebus ya teman2..jangan keliru yang buat pangsit goreng..ntar alot dech kalau di kukus.nggak lembut..hihi.

Oke..aku share resepnya langsung ya teman2..biasa mau..ngurusi packingan pesanan tepung dulu..sama hari ini nanti tepung martabak manis udah datang..ayuk yang mau pesan ready ya...hihi. Mau coba2 lagi aneka resep dengan tepung martabak manis jualanku ini.
Siomay Udang & Ayam Ala Resto

Bahan :
80 gram udang kupas, cincang halus
80 gram daging ayam, cincang halus
Tepung bakso 30 gram / atau pakai tapioka biasa juga bisa
Kulit pangsit 10 lembar

Bumbu :
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Garam secukupnya
Kaldu ayam bubuk 1/4 sendok teh
Gula pasir 1/4 sendok teh
Minyak wijen 1/2 sendok teh

Cara membuat :
Campur semua bahan dan bumbu hingga rata ( nggak perlu di uleni ya biar nggak keras ), koreksi rasa dengan cara ambil sedikit adonan, lalu di goreng. Jika udah pas gurihnya..ambil selembar kulit pangsit, isi dengan 1 sendok makan adonan, lalu bentuk sesuai selera. Kukus 10 menit atau hingga matang.
Sajikan hangat dengan saus sesuai selera.

8 comments :

  1. kulit siomay utk rebus yg gmn mbak ? biasanya mereknya apa ? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku beli di superindo mba..ada dua macam kulit pangsit di rak pendingin ya.ada yg buat pangsit kuah ada yang buat pangsit goreng. Merk Jempol.

      Delete
  2. Klo ga pake kulit pangsit nya bs ga mba? Cara ngukus nya gmn? Thanks...

    ReplyDelete
  3. pakai tahu juga enak mba..asal tahunya enak ya..atau masukin ke pare..kol..atau langsung di bualat..hihi.

    ReplyDelete
  4. gampang ya mbak buatnya apalagi kulitnya bisa di beli di supermarket

    ReplyDelete
  5. Pas banget tadi aku beli kulit pangsit dan ada stok ayam plus udang hehhe. Makasih mbak resepnya. Besok praktek ah :D

    ReplyDelete
  6. Klo ga pke udang bs ga mbak? Perlu penambahan ga ya krn pengurangan udang. Tq

    ReplyDelete
  7. Mbak ini ga pake telur siomay nya ?
    Thanks

    ReplyDelete