Friday, September 19, 2014

Tahu Aci Ekonomis


Mumpung koneksi lagi bagus nich.sekalian aja postingnya masakan kemaren yang aku buat..hihi..daripada lupa..dan kalau koneksi lemot susah upload foto2. Walaupun masakannya masih yang cepat2 dan praktis ini..kemaren. Kalau di pinggir2 jalan di gerobak itu ada sering liat abang2 penjual tahu aci di gerobak di Semarang sini. Kalau tahu aci Tegal kan bentuknya besar2 tahunya juga besar2. Kalau di Semarang ini..kayaknya versi Jawa barat yang di bentuk kecil2..tahunya di potong kecil2 juga..jadi lebih imut dan irit ya..hihi. Akhirnya aku coba buat kemaren..tapi kalau punyaku ya jadinya tetep agak gede2..hihi..karena acinya kan ngembang ya..hihi. Mungkin aku ngiris tahunya juga masih gede dikit..padahal 1 potong tahu udah jadi 6 potong kecil2 lho..tapi hasilnya tetep masih agak gede gini tahu acinya. Tapi yang jelas lebih enak makannya sekali hap dech. Buat di jual kali2 menguntungkan juga lho teman2..kan..kecil2..bisa jadi lebih banyak hasilnya..misal di jual 1 buah 500 rupiah gitu pasti menarik ya di gerobak2 pinggir jalan gitu..coba di buat lebih menarik kemasananya..pakai kantung2 kertas yang di labeli bagus gitu..wah jadi inovasi baru kan..tahu aci modern...terus di kasih aneka rasa gitu kali seru..tahu aci keju..pedas..dll..hihi. Sekedar ide aja teman2..sapa tau ada yang lagi cari ide buat usaha di bidang kuliner.

Nah nich dalam rangka menghabiskan tahu kemaren teman2..hihi..jangan bosan ya..karena mau cepat dan praktis..aku pakai tepung ACIKU..aci berbumbu yang dari Tegal tuch yang aku impor dari mba Dewi..hihi..karena banyak juga yang pesan tepung ini bareng tepung kentang dll..ya udah aku  jual juga kerjasama sama mba Dewi..biar bisa kirim sekalian...jika teman2 pesan tepung2 lain ke aku. Cara pakainya mudah lho..tinggal di seduh air panas. Nah untuk 1 bungkus tepung ACIKU Ini bisa jadi sekitar 10 tahu aci kalau versi Tegal..tapi kalau di buat tahu aci ekonomis kayak aku ini..kemaren bisa jadi 30 bijian..hihi..jadi ekonomis tho teman2..soalnya aku campuran tepung terigu juga lagi sich..hihi. Aku sesuaikan seleraku biar nggak terlalu gurih dan pas buat di cemal cemil. Jika mau..bisa pakai resep tahu aci yang dari tapioka biasa juga..dulu udah pernah ku share resepnya di SINI ya teman2.
Tahu Aci Ekonomis

Bahan :
5 buah tahu yang padat , bisa tahu soka, tahu sumedang, tahu surabaya, potong2 kecil sesuai selera aja ya. 1 bungkus Aciku tepung aci berbumbu
50 gram tepung terigu protein rendah
1/4 sendok teh gula pasir
Air kira2 150 ml

Cara membuat :
Campur tepung ACIKU dengan gula, tepung terigu. Tuangi air panas sedikit demi sedikit hingga jadi adonan yang kalis tapi lemes.
Oleskan aci menyelimuti 3/4 bagian tahu..biarin keliatan dikit tahunya biar orang bisa tahu kalau itu tahu aci..hihi. Masukkan langsung ke minyak banyak sambil sekalian di panaskan..nggak perlu nunggu panas dulu biar bisa mengembang. Goreng di api kecil hingga matang dan renyah luarnya dan matang. Sajikan hangat.





4 comments :

  1. mbak aku mau baca-baca tepungnya dulu di blognya ya,segera aku kabari mau pesan yang mana

    ReplyDelete
  2. Mba,,ak pernah kirim email ke mba pesen tepung bakso tp blm d bls heheee,,sibuk ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emailnya yang ini..bukan Mas ?.iamyoungandrich@gmail.com

      Udah ku bales lho..:)

      Delete