Monday, September 8, 2014

Kroket Telur...Yummy..^_^



Kroket lagi..yapp....inilah menu sekali happ...buat maksi ku..dan sekaligus cemilan..hihi..kalau siang nggak sempat makan siang. Ya udah..pagi2 aku suka bikin kroket aja yang padat gizi gitu..bisa buat sarapan..atau bablasbuat maksi. Kan udah padat gizi ya..kroketnya. ada kentang..wortel, ayam dan ada juga telurnya. Pokoknya sekali happ..kenyang dan padat gizi..hihi. Cocok juga buat bekal suami kerja atau anak2 sekolah nich teman2.

Kroket itu ndak ada matinya..ndak pernah bosan..karena salah satu gorengan favoritku. aslinya di negara2 luar juga banyak ya..cemilan seperti kroket ini teman2.  Tapi kalau kroket luar biasanya lebih tawar rasanya. Sering kan..kalau kita makan di resto2 steak gitu..pendamping steaknya juga kroket kentang, tapi polos tanpa isi dan tawar aja rasanya. Tapi buatku..kroket paling enak adalah kroket Indonesia..hihi..karena lebih kaya rasa dan enak di makan anget2 sambil di cocol cabe rawit. Banyak sekali variasi kroket yang udah ku buat..semua..saya suka..! ^^

Nah..karena udah sering coba aneka kroket..salah satu favoritku adalah kroket campur, yang semua bahannya di campur.nggak perlu di isikan di tengah kroket. Lebih praktis jadinya buatnya. Adonan juga pakai campuran terigu dan susu dan di masak dahulu..jadi kroketnya lebih lembut..kayak bitterballen. Enak bingits dech teman2..apalagi di tambah telur..wah ya makin gurih dan padat gizi...apalagi buat anak2. Bentuknya juga unik..bulat lonjong separuh putih, karena putih telur di pakai sebagai alas kroketnya. Jadi pasti menarik buat di sajikan. walau pastelnya jadi gundul separo..karena agak susah nempel panir ke putih telurnya..tapi malah seru kan..bentuknya..ada variasinya..hihi.
Kroket Telur
Bahan-bahan :
300 gram kentang kukus
1 sendok makan margarin untuk menumis
1/2  buah bawang bombay, dicincang halus
1 buah wortel rebus, potong kotak kecil atau serut kasar
2 sendok teh seledri cincang
100 gram ayam rebus , cincang
2 sendok makan tepung terigu protein sedang
150 ml susu cair
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh bumbu kaldu rasa ayam bubuk ( optional, nggak usah pakai jika nggak suka )
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh pala bubuk
2 sendok teh gula pasir ( atau sesuai selera )
minyak untuk menggoreng
Telur rebus 4 butir, belah 2 , kuningnya di cincang

Bahan pelapis:
2 putih telur, dikocok lepas
100 gram tepung panir kasar 
Cara Membuat  :
Kulit : Panaskan margarin. Tumis bawang bombay sampai harum. Masukkan ayam giling dan wortel. Tambahkan tepung terigu. Aduk sampai berbutir dan terigu berubah warna gak nggak bau tepung mentah kroketnya. Tuang susu cair sedikit – sedikit sambil diaduk sampai licin.
Masukkan kentang, garam, merica bubuk, gula dan pala bubuk. Terakhir masukkan kuning telur Aduk rata. Angkat.
Ambil sedikit adonan.Masukkan di atas putih telur rebus. Bentuk bulat lonjong
Gulingkan ke tepung panir kasar oranye. Celupkan ke putih telur. Gulingkan ke tepung panir kasar oranye.
Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.

Noted : Jika adonan masih sisa..bisa di buat isian roti tawar goreng..atau langsung di bulat2 dan di lapis tepung panir, lalu goreng.

6 comments :

  1. Masya Allah,...mbk Diah dg kreasi cemerlangnya.Sama mbk aq jg. suka yg hartig2.

    ReplyDelete
  2. Krokeet emang selalu enaak enak enaaak ya mba, bikin nangis, apalagi variasi baru seperti ini, wajiib dicoba, ditambah lagi kitakan penyuka telur...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..ayuk di coba ini padat gizi juga..hihi

      Delete
  3. aku ganti pakai rawit aja ya mbak makannya :)

    ReplyDelete
  4. Hai mbak Di.. mau tanya kalau pakai tepung kentang berapa ukurannya, mbak? Thanks 😁

    ReplyDelete