Tuesday, September 23, 2014

Ayam Lombok Ijo



Beberapa hari pas agak sibuk biasanya pagi di rumah pada sarapan yang simple..nasi goreng dll..nah..kalau bosan..suami suka beli di luar. Beberapa hari kemaren sempat beli nasi ramesan gitu..pakai lauk ayam lombok ijo. Suami seneng banget..sampai beberapa kali beli. Unik sich kayak masakan oseng ayam berkuah tapi pakai cabe hijau atau lombok ijo gitu. Rasanya gurih manis dan pedas..Jowo bingits..hihi. Jadilah aku pengen buat sendiri buat suami..soalnya..Mak irit gemes..kalau beli itu udah mahal..plus ayamnya cilik cilik alias kecil2 banget potongannya..hihi. Lha..kalau bikin sendiri kan puas ya makannya..hihi.


Akhirnya tadi malam aku masak ayam lombok ijo ini..pagi tinggal manasin buat sarapan. Memang lebih enakd an meresap bumbu2nya..kalau masaknya malah..terus di inapkan di kulkas dulu teman2..karena ini masakan berkuah ya..jika tidak begitu kurang meresap ke ayamnya bumbu2nya. Terus..masaknya juga pakai api kecil..jadi ayam bisa empuk dan bumbu2 meresap, tapi kuahnya nggak habis.

Jadi..intinya..menu ayam lombok ijo ini adalah kayak oseng berkuah atau asem2 kuah berkecap..tapi isinya ayam..dan rasanya nggak terlalu asam, karena pakai tomat aja. Harusnya sich tomat ijo..tapi aku lagi nggak punya..jadi pakai tomat  mera biasa tadi malam. Rasanya..mak yuss lah..hihi..Jowo bingits...soalnya berkecap dan ada gurih manis rasanya. Serta pedes dari lombok ijonya juga bikin tambah seger rasanya.


Mau coba teman2..yukk mari..silahkan..mudah dan simple kok masaknya ...^^
Ayam Lombok Ijo

Bahan : 
6 potong ayam ukuran bebas ( kira2 1/2 kg )
8 siung bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
15 buah lombok ijo / cabe hijau keriting, potong panjang2
2 buah tomat ijo / tomat hijau
3 cm lengkuas, memarkan
2 cm jahe, memarkan
2 lembar daun salam
2 - 3 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )
1/2 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu ayam ( optional )
Air 1000 ml
Garam secukupnya

Cara membuat :
Tumis bawang emrah dan putih hingga harum dan matang, masukkan potongan ayam, tumis hingga berubah warna. Masukkan air dan semua bumbu2...kecuali lombok ijo dan tomat. Tutup panci dan masak dengan api kecil hingga meresap. Jika udah empuk ayamnya, masukkan lombok ijo dan tomat, masak lagi hingga bumbu meresap dan kuah menyusut. Koreksi rasa. Sajikan hangat..Yummy..! ^^

15 comments :

  1. Huadeuh... ampun deh mbak Di.....bikin lapeeeerrrrr..... !!

    ReplyDelete
  2. Simple, gak ribet...tapi mantep rasanya mb diah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..mudah bikinnya.yukk di coba ya..:)

      Delete
  3. Oh jd ayam nya ga di goreng dl ya mba? Klo ayam ungkep bs ga? Thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak perlu mba..kan nantri di ungkep sm bumbu2 hgg empuk. Nanti kalau pakai ayam campur2 bumbunya ya..jadi malah kurang enak..:)

      Delete
  4. mbak Di,itu bwg merahnya 8 atau 4??soalnya ditulisannya bwh putih semua.mksh..
    Eva

    ReplyDelete
    Replies
    1. dasar error... Eva

      Delete
    2. Bawang merah mba yg 8 butir..mksh koreksinya udah ku update ya..:)

      Delete
  5. Mba Diah, pas banget nih mba posting resep ayam... dah mati gaya nih saya mba.... Di freezerku masih ada 1 1/2 ekor ayam pejantan dan bingung mau dibikin apaan hahaha, besok coba ini aaah, tapi harus pakai cabai hijau dan tomat ijo, waaah harus ke tukang sayur pagi2 nih biar langsung eksekusi,,,,

    ReplyDelete
  6. Mbk kl tomt ijo dignti blimbing wuluh bgm? Terl@lu @sem y@? - nining

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..terlalu asem mba..lebih baik nggak usah pakai..:)

      Delete
  7. Thank mb. Resepnya nanbah pengetahuan

    ReplyDelete