Wednesday, September 24, 2014

Tips Membuat Pia Udang Lembut


Pia Pia ..kalau di Semarang itu gorengan khas yang bisa di temui di pedagang gorengan pinggir jalan. Mungkin di tempat lain di sebut berbeda..nggak masalah ya teman2. Namanya makanan,...kadang2 walaupun sama, nama atau sebutan beda2 di masing2 daerah. Pia pia ini mirip ote ote, tapi setauku kalau ote ote yang asli dari Porong gitu pakai isian dan ada campuran tepung kedelainya. Sedangkan pia pia ini..ya kayak bakwan, tapi isian sayurnya lebih sedikit, jadi lebih banyak terigunya, sehingga ketika di cetak pakai sendok sayur, hasilnya bisa cantik.

Aku tau pia pia ini ya sejak tinggal di Semarang..gorengan satu ini banyak di jumpai di pedagang gorengan di pinggir jalan. Ada yang enak..ada juga yang malah eneg. Kenapa bisa eneg..karena adonannya kurang lembut..nggak ngembang..kadang2 kalau beli  itu malah suka bau tepung gitu karena dalamnya nggak matang sempurna. Jadi kalau aku lebih sering bikin sendiri di rumah.

Setelah seringkali membuat sendiri di rumah...akhirnya aku tau trik2 agar hasil pia2 ini lembut dan enak. Berikut tips2 nya ya teman2..siapa tau mau menocba di rumah..:
  • Karena adona pia pia ini lebih banyak tepungnya di banding sayurannya, maka adonan harus pas komposisi air dan jumlah terigunya. Jika terlalu kental..nanti bisa keras atau bau tepung pia pianya. Agar adonan mengembang, sebaiknya di tambahkan telur.
  • Adonan pia pia jangan di uleni cara mencampur adonannya. Kadang2 kalau liat di pedagang gorengan tuch..suka di uleni pakai tangan kalau bikin adonan bakwan atau pia pia..jadinya ya bakal kerasa dan alot dech..karena gluten terigunya terbentuk. Cukup di aduk pakai sendok aja hingga rata adonannya.
  • Gunakan minyak banyak dan terendam ketika menggoreng pia pia, agar hasilnya mengembang dan matang sempurna hingga bagian dalam
  • Agar pia pia lebih gurih, bisa di tambah cincangan  udang di adonannya. Jangan kuatir nggak matang..udang itu mudah sekali matang jika kena panas. Agar lebih cantik, sisakan 1 atau dua udang untuk hiasan di atas pia pia nya.
  • Gunakan cetakan sendok sayur yang sebelumnya sudah di celupkan dahulu ke minyak panas, agar hasil pia pia sama besar dan seragam. 
Pia Udang Lembut

Bahan :
175 gram tepung terigu
200 ml air
1 siung bawang putih, haluskan
1/2 sendok teh kaldu ayam & garam secukupnya
1/4 sendok teh merica bubuk
1 butir telur, kocok lepas
2 batang daun bawang, iris halus
1 buah wortel, potong kotak2 kecil
Udang kupas cincang 50 gram
Udangs egar berkulit 50 gram  untuk housing

Cara membuat :
Campur semua bahan dan bumbu, aduk rata dengan sendok .
Panaskan minyak, celupkan sendok sayur, beri adonan secukupnya, taruh 1 / 2 udang di atasnya, masukkan ke minyak panas, biarkan hingga setengah matang, lalu goyang2 cetakan agar pia pia terlepas. Goreng hinnga matang, Sajikan hangat.

5 comments :

  1. Di Madiun namanya heci mbak Di... dimakan anget2 sambil nyeplus rawit... hmmm yummmy...!! Untuk variasi kadang diatasnya ditaruh dua sampai tiga biji kacang tanah tapi aku tetep milih yg udang.... lebih enak pastinya..hihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bingits Mba..:) aku yo palings uk apakai udang..lebih gurih ya...:) yg heci kacang aku juga pernah coba dulu..hihi

      Delete
    2. Kalau di madiun ga ada abang2 yg jual heci/bakwan dipinggir jalan mbak. Ada yg jual tapi pake tenong keliling, di pasar bagian jajanan cinan atau di toko kue. Jaman SMA dulu aku paling suka ke kantin beli heci pecel... heci dipotong potong & dimakan pake pecel plus lempeng/karak deh... walah enak banget mbak Diah...heheh

      Delete
  2. Gara2 lihat pia2 jadi kangen makan Hongkong (nama versi Jember)...hiks...hiks...
    Besok langsung bisa praktek mumpung ada stok wortel dan daun bawang... :D mamaci resep dan tipsnya ya,mbak Di...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hongkong..wah lucu namanya ya Mba..spp nambah ilmu nama2 makanan..hihi. Met cb ya..:)

      Delete