Monday, September 29, 2014

Asam Pedas Tongkol Asap





Wah...pagi2 bangun tidur kok rada..gara2 kalau malam lembur..lembur nonton dra kor..hihi. Udah lama banget ndak nonton drakor..hihi..jadi kangen..lumayan jadi bisa refreshing..tapi ujung2nya ya begadang..hihi..soalnya sempatnya nonton cuma malam setelah Yodha tidur..lha susah kan mau berhenti ya kalau udah nonton dan ngikutin ceritanya, jadinya ya begadang..hihi. Ndak pa2..cuma hari libur aja kok pas weekend..sekali2 begadang..^^


Nah drama Korea tadi malam yang aku nonton, Big Man. Sebenernya ceritanya rada ajaib sich ya..hihi..maksudnya terlalu drama bingits....tapi kok ya seru aja buat di ikutin. Gimana nggak ajaib teman2..lha drama ini bercerita tentang seorang pemuda...Kim Ji Hyok, yang waktu kecil di buang orang tuanya. Nah..akhirnya hidup sebagai barandalan dan tinggal dengan ibu angkatnya di pasar tradisional..yang tiba2 berubah hidupnya..di angkat anak oleh salah satu konglomerat besar di Korea. Kenapa bisa begitu..karena..konglomerat tersebut lagi cari donor jantung untuk anaknya yang kecelakaan..dan dari data2 yang di cari ..jantung Kin Ji Hyok itu yang cocok dengan jantung anak konglomerat tersebut. Jadi..biar lebih mudah birokrasinya dan operasi segera bisa di lakukan..untuk pendonoran jantungnya..Kim ji Hyok ini di aku sebagai anak kandung konglomerat tersebut. Padahal aslinya cuma mau di ambil jantungnya aja sich..hihi..jadi..dia di pukuli oleh preman suruhan konglomerat tersebut sampai hampir meninggal. Lalu di bawa ke rumah sakit, kemudian mau di operasi jantungnya dan di donorkan ke anak kandung konglomerat tersebut. Tapi keajaiban terjadi, karena pas waktu operasi..Kim Ji Hyok hidup lagi..dan karena kode etik kedokteran..maka operasi nggak jadi dan nggak bisa di lakukan. Karena Kim Ji Hyok hidup lagi dan beritanya udah tersebar tercium wartawan kalau dia adalah anak kandungnya..akhirnya konglomerat tersebut terpaksa mengakui..bahwa Kim Ji Hyok adalah putra kandungnya. Padahal jelas bukan..karena cuma mau mengambil donor jantung untuk anaknya. Nah..dari situ dech mulai ceritanya..karena setelah nggak jadi di ambil jantungnya..Kim Ji Hyok..memang benar2 di jadikan anak oleh konglomerat tersebut, tapi dengan tujuan jahat yang beda lagi..yaitu di jadiin kambing hitam  agar menggantikan posisi anaknya yang punya perusahaan korup, sehingga jika di incar kejaksaan. Tuch jadi ajaib kan ada orang sejahat itu teman2..kan juga drama ya..hihi. Nah..jika Kim Ji Hyok di jadikan pres dir di perusahaan tersebut..maka dia yang akan bertanggung jawab terhadap kejaksaan. Jadi sementara anak konglomerat yang sebenernya di bawa ke luar negeri untuk operasi dan mencari donor jantung lain, Kim Ji Hyok yang pemuda berandalan tersebut lah yang akhirnya menggantikan posisinya sebagai pres dir di sebuah perusahaan milik anak konglomerat tersebut. Nah..dari situ sich kekonyolan2 di mulai..karena dia pemuda tanpa latar belakang pendidikan, bisa jadi pres dir..hihi. Tapi akhirnya  pemuda berandal  berhati baik ini, karena dia memang mengira dirinya benar2 anak konglomerat tersebut dan di buang waktu kecil..jadi dia malah bersungguh2 mau belajar dalam bekerja dan menyelesaikan berbagai masalah di perusahaan tersebut..tentu saja dengan bantuan karyawan2 handal yang akhirnya malah memihak ke dia karena kebaikannya...dan juga seorang sekretaris cantik yang sebenernya pacar anak konglomerat aslinya..tapi akhirnya jatuh cinta juga ke Kim Ji Hyok. Karena ketulusan hatinya..walaupun nggak pintar dan terpelajar..tapi dia malah berhasil menyelesaikan berbagai masalah di perusahaan tersebut, mendapatkan kontrak2 baru..selama 3 bulam menjadi pres dir. Tapi akhirnya setelah semua terungkap, dan anak konglomeratnya sudah sembuh kembali dan kembali dari luar negeri..taulah Kim Ji Hyok bahwa dia cuma di manfaatkan oleh konglomerat tersebut..akhirnya..separo episode selanjutnya adalah edisi balas dendam. Cara balas dendamnya..?.Tonton sendiri ya teman2 hihi..yang jelas akhirnya happy ending sich..dan Kim Ji Hyok ini karena kerja kerasnya berhasil menjadi pres dir beneran di perusahaan konglomerat tersebut. Ok..buat yang suka drakor..yang belum sempat nonton..lumayan juga nich drama baru  keluaran 2014 juga ini..tayang di Korea Juni kemaren..jadi masih lumayan baru kan..^^

Ya udah dech..setelah begadang dan agak pusing kepala..jadinya perlu makan yang pedes gitu dech buat ngilangin pusing. Tengok di kulkas ada ikan tongkol asap yang aku beli kemaren. Mau ku masak mangut khas Jateng..kok udah sering ya..jadi nggak belajar hal baru dong. Akhirnya aku ingat..masakan ikan  pedas dari luar Jawa..pernah baca..Asam Pedas gitu ya teman2 nama masakannya atau asam padeh, kalau nggak salah lho ya. Pernah baca sekilas di majalah femina...resepnya. tapi mau bongkar2 koleksi majalah kok males..akhirnya browsing aja..eh resepnya macam2 juga ya ternyata...ya udah dari pada bingung..kalau mau bikin resep khas suatu daerah yang aku belum pernah makan..biasa yang aku tuju adalah web atau blog yang resmi dari daerah tersebut..jadi paling nggak kan otentik ya..resepnya. Jadi resep yang aku coba..adalah Asam Pedas versi Pekan Baru yang aku liat resepnya di SINI. Tapi pas udah mateng..enak sich..tapi berasa ada yang kurang ya..oh ternyata ndak pakai gula ya aslinya..hihi. Lidah Jawa ku protes..kok ada yang kurang balance gitu rasanya..akhirnya aku tambah gula pasir 1 sendok teh dan gula merah 1 sendok teh..wah..akhirnya..baru dech nambah enak bingits rasanya...jadi seimbang..asam pedas, gurih dan sedikit manis..suka dech. Suamiku juga suka banget..walau agak kepedesan..hihi..soalnya aku pakai cabenya cabe bubuk yang aku jual tuch..yang pedesnya nendang bingits teman2. tapi enak sich praktis..kalau buat masakan pedas..nggak perlu ngulek2 cabe lagi kan pegel. Hasilnya..sama enak..kayak pakai cabe segar lho teman2..dan pedesnya itu nendang abis..karena terbuat dari cabe segar asli yang di keringkan, terus di bubuk, tanpa campuran bahan2 lain lho..murni cabe aja.
Kayak gini nich cabe bubuk yang aku jual..bisa buat bumbu tabur atau aneka masakan pedas kayak mangut, gulai, sop tom yam, asam pedas kayak gini dll..yang perlu cabai dech. Praktis kan teman2..hihih..sisan promosi dech. 


Oh iya.ini resep Asam Pedas Ikan Tongkol nya ya teman2..ikan bisa di ganti ikan lain juga kok..kalau aku pakai ikan tongkol asap..enak..cuma aku sesuaikan seleraku bumbu2nya dan tambah gula juga..jadi asam pedas Jowo..hihi...tapi enak lho..jadi lebih balance kombinasi rasanya..^^

Asam Pedas Ikan Asap Tongkol

Bahan :
2  ikan asap tongkol, potong2
1 ons belimbing wuluh ( aku 5 buah aja , takut terlalu asam )
1 sdt teh garam
Penyedap rasa secukupnya ( aku pakai kaldu sapi 1/2 sendok teh aja )
2 sd makan minyak goreng
1 buah tomat iris
1 lembar daun kunyit
3 lembar daun jeruk
1 ruas lengkuas memarkan
1 batang serai
air 2 gelas

Bumbu-Bumbu Asam Pedas Ikan Patin :
1 ons cabe merah ( aku 1 1/2 sendok makan cabe bubuk, udah pedes banget )
5 siung bawang merah ( aku pakai 6 buah )
5 siung bawang putih ( aku 3 aja )
1 ruas jari jahe
1 sendok teh gula pasir, 1 sendok teh gula merah ( tambahanku sendiri )

Cara Membuat :
Semua bumbu digiling halus dan ditumis,kemudian masukkan daun-daun,lalu masukkan air setelah mendidih masukkan ikan yang sudah dibersihkan, masukkan belimbing wuluh.setelah agak matang kecilkan api beri penyedap rasa dan masukkan tomat.






5 comments :

  1. Wah...ini sih enak bngt mba. Masakan ini hampir mirip dngn masakan aceh tp nama nya tumis ikan. Salah satu bumbu nya menggunakan asam sunti, dan menurut saya disitulah letak istimewa nya masakan aceh yg hampir semua masakan pst menggunakan asam sunti, dan dijamin pst enak smuanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gt mba Laura..kpn2 tak masak masakan aceh juga dech..mksh tipsnya ya mba..:)

      Delete
  2. menggiurkan mbak,warna cabe bubuknya,,pedesnya bisa smp level brpa mbak?
    yg jadi pemeran utamanya yg maen di lie to me ya mbak..
    sebelumnya dia pernah juga maen di genre drama kyk gt ada balas dendamnya,judulnya incarnation of money,,seru juga tuh mbak,,c akang yg satu ini emang cocok meranin peran kyk gt,,hihhi ikutan curcol ngebahas drakor ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik..nanti aku cari mba Rima dvdnya..mksh infonya..:)

      Delete
  3. kalo pake pindang tongkol atau pindang salem bisa ya mak...
    Terus kalo daun kunyitnya dihilangkan gimana mak?

    ReplyDelete