Thursday, September 4, 2014

Cumi Goreng Krispi ..Super Kriukkkk...^_^


Weekend kemaren makan di salah satu resto sambal baru di deket rumah..walah..menunya kok sama aja semua. Ndak tau nich di Semarang atas sini lagi marah resto2 sambal gitu teman2..latah dech..karena udah ada beberapa resto2 sambal gitu yang sukses dan selalu ramai..jadi banyaklah bermunculan resto2 baru yang serupa. Dari menu2 nya..wah hampir sama semua. tapi karena rasanya kurang spesial..jadi males ik mau nulis review restonya. Wah iya..jadi ingat nich lama nggak nulis resto review di web ini..hihi. Padahal udah ada beberapa materi sich pas kami makan di beberapa resto gede di bawah yang enak2..cuma belum sempat edit foto2nya..ya ntar dech cari waktu luang dulu. Walaupun Mak Irit..tetep..tiap weekend nich kami selalu menyempatkan diri makan di luar teman2..coba2 resto baru..kalau tanggal muda..lol..!..Kalau tanggal tua ya cukup keliling kaki lima aja tiap weekend..coba2 menu2 baru yang jarang di masak di rumah..misal bahannya unik..dll yang susah di dapat..apa itu..pecel keong..makan gablok pecel..sup kepala kakap..dll kan aneh2 tcuh jarang masak..hihi. Nah..kalau ke resto2 sich Mak irit kan ndak usah mikir ya..kan kadang2 di undang nich sama2 resto2 tersebut buat icip2 alias makan gratis..dan paling sering sich di traktir Pak boss...hihi. Selain mengasah lidah kalau jajan di luar itu..biar makin beragam dan tau citarasa aneka masakan di luar sana yang kira2 di sukai banyak orang..juga nambah2 ilmu dan juga ide2 segar dalam berkreasi di dapur kok teman2..jadi..kita bisa makin kreatif gitu. Walah...kok ke mana2 lagi ceritanya..hihi.

Jadi kemaren tuch pas di resto2 sambal2 gitu..aku sampai bosan mau makan apa ya..menunya ya gitu2 aja..aneka sambal..ayam goreng..bakar..sayur ca kangkung dll..duch kok ndak pada kreatif ya bikin menu yang unik2 gitu biar beda sama yang lain..hihi. Mana restonya bagus gitu..kan sayang..kalau cuma jualannya aneka sambal2 pula..hihi. akhirnya karena bingung ya udah aku coba cumi goreng tepung..dan ternyata belum sesuai seleraku juga cumi gorengnya..alot dan nggak renyah..huhu. Dan juga mahil bingits..cuma dapat dikit cuminya sepiring..haha..ya iya lah ya..cumi kan mahal Mak..! Akhirnya kemaren ke pasar..beli cumi..belum puas makan cumi goreng tepung ala resto yang biasa2 aja..jadilah aku buat sendiri di rumah..dan..hasilnya..puas dech makan cumi goreng tepung yang gurih..renyah..dan super kriuk..dan nggak alot cuminya. Mudah kok teman2..bikin cumi goreng ala resto begini di rumah..dan dengan hasil yang lebih enak pula..serta lebih ekonomis...cumi 1/2 kg tuch kalau beli di pasar kan..cuma 15 ribu tuch..kalau di buat sendiri..cumi goreng krispi gini..wah..udah jadi banyak dech. coba kalau makan cumi di resto..harga segitu kan ndak dapat ya cumi goreng tepung..atau misal ada harga segitu ya dikit banget dapetnya..hihi. Jadi..ayukk bikin sendiri di rumah ya..jika ingin puas makan cumi krispi..hemat..dan lebih enak pastinya..^^

Mau coba..yukk simak resep cumi goreng tepung krispi ala aku ya teman2..^^
Cumi Goreng Krispi

Bahan :
500 gram cumi, bersihkan kulit luar dan isi tubuhnya, cuci bersih, potong2 bulat
Lalu rendam 15 menit dengan sedikit garam, 2 cm jahe geprek, merica dan 1/4 sendok teh bawang putih halus. Tiriskan.

Bahan adonan tepung pencelup :100 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sendok makan bawang putih bubuk
150 ml air es
1/2 sendok teh baking powder
1/2 sendok teh garam, 1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir. Aduk rata semua bahan pencelup hingga jadi adonan halus dan kental sedang

Bahan tepung lapisan, ayak bersama :
200 gram tepung terigu protein tinggi
2 sendok makan maizena
1 sendok teh bawang putih bubuk
1 sendok teh kaldu bubuk
1/2 sendok teh garam ( sesuai selera )
1/4 sendok teh merica bubuk

Cara membuat :
Celup potongan cumi satu persatu ke bahan adonan pencelup basah, angkat, dan gulingkan ke bahan tepung pelapis kering sambil di cubit2 hingga keriting. Goreng di minyak yang sudah benar2 panas...jadi ketika masuk ke minyak..langsung terdengar bunyi berisik minyaknya dan lapisan tepungnya langsung keriting. Goreng hingga kuning keemasan bagian luarnya.

Tips :
Api waktu menggoreng cumi..agak besar nggak apa2..asal jangan kebesaran juga ntar langsung gosong..hihi. Jadi kalau api besar, lapisan tepung cepat kering dan renyah..sementara cumi di dalamnya masih empuk dan nggak alot. Kalau di goreng api kecil atau sedang dan terlalu lama..hasilnya cumi alot dech..siap2 aja melawan ketika di gigit..jadi kayak karet..hihi.
Tepung terigu untuk pelapis kering..pakai tepung terigu protein tinggi, menghasilkan lapisan tepung yang renyah dan krispi banget. Serta tahan lama renyahnya hingga dingin. Tapi jika tidak ada pakai protein sedang atau rendah juga bisa.


Note : 
Untuk resep di atas aku pakai bawang putih bubuk bumbunya..karena lebih praktis..hihi..ndak perlu ngulek2 bawang. tapi jika mau boleh di ganti bawang segar..kecuali lapisan tepung bumbu keringnya ya nggak bisa ya kalau pakai bawang putih segar..harus pakai bawang putih bubuk...atau di skip jika tidak ada. Tapi kalau nggak ada aku jual lho teman2..hihi..*dodolan maning..*
Bawang putih jualanku ini produksi umkm juga..binaan kami ..jadi asli..100 persen bawang putih asli..tanpa campuran..tanpa bahan pengawet..kimia dll. harum wangi bawang dan nggak mudah menggumpal kalau di simpan. Mau order yukk mari..hihi..murah kok..ndak mahal..^^





31 comments :

  1. krispinya awet berapa lama mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai dingin masih krispi mak..tp ya ndak sampai berhari2 ya.ini kan jenis lauk harian bukan keripik..hihi

      Delete
  2. Woww... bagi dikit dong mbak Di... penampilannya aja menggoda & sempurna banget kayak di resto apalagi rasanya pasti enak bingits... huadeuh cuma nelen ludah nih mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayukk cobain mba..mumpung weekend nich..enak bingits..hihi

      Delete
  3. Resto'nya Rasa Sambal ya mb?
    Waahh,pnah ke situ jga aku mb,nganter lamaran krja tpi,hahahaha.tiap hari rameee trus,rame main game online tpi,hehe.awal2 buka tak kirain rame bneran tuh resto,woooalah,jebule bocah2 krucil2 pda nge'game.kalo sambal,aku msh favorit,sambal original Cabe.cuma kalo yg ori gak di jual gtu aja sih mb,msti di oplos ama bhan lain.kbtlan papa'e Zahra pnah jdi spv di resto Cabe dket SMP 21."elmi"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..aku malah belum coba mba..keduanya..kakean resto di Semarang atas sini soale..hihi

      Delete
  4. resto gede dan keliatan menjanjikan ketika tampak dari luar, ternyata menunya mengecewakan juga sering kualami tuh mbak. Makanya sekarang aku lebih sering jajan di kaki lima aja. Biar cuma sederhana tapi makanannya biasanya lebih unggul dalam hal rasa. Habis jajan nggak merasa rugi keluar duitnya hihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul mba Rina..sekarang nich byk yg latah buka resto krn ya pada punya ,modal aja..tp nggak di seriusin soal menu2 nya..:)..sayang ya..:)

      Delete
  5. Murah ya mb d Semarang, dsni cumi setengah kilo sktr 22. Menarik nih untuk dicoba hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba,.yuk di coba..kan udah nyampe bawang putih bubuknya..hihi

      Delete
  6. Hmmm... jd pengen bikin, di ganti udang atau ayam jg enak kali ya mbak :-)

    ReplyDelete
  7. Wahahaaa.mbak diah.ini postingan menganduuung umpan dan racuuun.jualan maning* ini andalan ku juga mbak. Cumi kriuk.neng kene regone 30rebo dpt 1/2kg. Hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba...sambil menyelam..mandi sekalian..*nah lho peribahasa ngawur..Lol..!*

      Delete
  8. Mba..gmn caranya klo mau order bawang putih bubuknya?Harganya brp y mba?


    Salam kenal,
    -mhya-

    ReplyDelete
  9. Email aku ya Mba..di bundadidi@gmail.com atau tinggalkan no hp di sini nanti tak catet..terus tak hapus jk udah ku catet no nya :)

    ReplyDelete
  10. Mba Diah saya sudah coba resep cumi nya ini dan bener2 enak crispy nya maknyus hehehe. Terimakasih byk ya mba Diah atas resepnya :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba Tuti..syukurlah jk suka ya..:)

      Delete
  11. Mba di...tpung brprotein rndah sdang n tnggi tu yg bgaimna y mb?merkny apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat sini ya mba :http://www.diahdidi.com/2013/05/aneka-jenis-tepung-terigu-dan-fungsinya.html

      Delete
  12. mantap nih makasih yah resep nya



    http://www.kaffah.biz/

    ReplyDelete
  13. kakak.. itu jual bawang haluse berapaan???? #mancing

    #pgntnyajah hehe

    ReplyDelete
  14. Siang mba didi, mau tanya kalau pakai tepung beras nambah crispy ga yah? Thx b4.. Terus bedanya ga pakai baking powder gmn yah?

    ReplyDelete
  15. Siang mba didi, mau tanya kalau pakai tepung beras nambah crispy ga yah? Thx b4.. Terus bedanya ga pakai baking powder gmn yah?

    ReplyDelete
  16. Mba Diah,mau beliii bawang bubuknyaa..hehehe.saya di semarang juga mba:)

    ReplyDelete
  17. mbak mau dong bwg putih bubuknya... brp hrganya n tahan brp lama?

    ReplyDelete
  18. Mau dong pesen bawang putih bubuknya. Hrgnya Brp?

    ReplyDelete
  19. Mau dong pesen bawang putih bubuknya. Hrgnya Brp?

    ReplyDelete
  20. Promo bubuk bawang putihnya cantik, Mbak. Boleh ya kl aku jadiin contoh utk bahan ngajar iklan :)

    ReplyDelete