Friday, September 26, 2014

Lemper Abon Goreng


Alhamdulillah ..minggu kemaren dapat oleh2 Abon dari Ibu Lily..salah satu customer yang sering order aneka tepung dariku. Makasih banyak ya Bu..enak sekali abonnya. *The best ever*...beneran..paling enak abon ini dari yang biasa aku beli dan coba aneka macam abon dengan berbagai merk. Asli dari Boyolali..jadi pusatnya abon di sana memang ya teman2. Dari kecil aku suka sekali abon..jadi hafal bener..mana abon yang enak atau yang abal2..yang banyak campurannnya..hihi. Yang abon kiriman ibu Lily ini enak bener..asli dagingnya..gurih legit, lembut garing membelai lidah rasanya...kreyes2 enak sekali. Rasa gurih manisnya pas..cocok banget sama seleraku. Suamiku juga suka banget..aku suruh cicip temen yang main ke rumah juga pada bilang enak..wah bisa di jual online ini..hihi..* otak bisnis..mulai dech..*

Tapi beneran kok teman2..abon2 yang di supermarket itu yang mahal2 berbagai merk..aku udah sering coba..lewat dech rasanya. Yang ini mantep banget. Kayaknya masih produksi umkm juga dech..karena kemasannya masih sederhana. Tapi soal rasa..juara..ngalahin yang kemasan modern dan bagus2 itu abonnya. Tips kalau beli abon..memang lebih baik yang berkualitas gini teman2..kalau orang Jawa bilang..malah *babar*..jadi sesuai harganya..lebih mahal dikit tapi dapat abon kuliatas super, dan kalau kualitas abon bagus..itu malah jadinya lebih banyak lho teman2..karena kalau abon berkualitas kan ringan ya jadinya karena garing dan kreyes, 1 bungkus 250 gram aja isinya banyak banget..awet di buat lauk sehari2..hihi. Beda sama abon abal2 yang banyak di campurin bawang goreng dll..itu jadinya malah berat ya timbangannya..hihi...kan suka bergerindil2 kecil gitu ya abonnya teman2..kalau yang versi abon mur mer tuch ya..^^



Kemaren mau bikin donat abon..tapi belum sempat..dan malah kepengen makan ketan pakai abon. Akhirnya kemaren bikin ketan aja . Di makan pakai abon ini..klop bingits rasanya. Kalau Yodha dan papinya sich buat lauk sehari2..abon nich di tabur sama lauk2 atau sayur lain enak juga. Tapi kalau aku..paling suka pakai ketan , kalau makan abon yang enak bingits gini. Jadilah kemaren aku sarapan dan makan siang..cuma makan ketan sama abon..hihi. Sore masih ketannya..akhirnya kepikiran aku buat lemper goreng isi abon ini teman2. Rasanya..enak bingits juga. Legitnya ketan berpadu legitnya abon..di tambah kres rasa kriuk2 dari luarnya..karena pakai tepung panir..hemm...enak sekali. Jadilah aku puas makan ketan dan abon kemaren..hihi. 

Oke..buat teman2 yang punya usaha snack..cobain dech..siap atau bisa jadi variasi snack baru ya buat jualan...lemper goreng ini. Buat yang suka ketan sama abon kayak aku..met coba juga ya jika suka..^^
Lemper Goreng Abon

Bahan Ketan:
250 gram beras ketan,  rendam 1 jam
150 ml santan dari 1/2 butir kelapa
½  sendok teh garam, 1 sendok teh gula pasir
2 lembar daun pandan

Cara membuat  :
Kukus ketan selama 10 - 15 menit sampai setengah matang.
Rebus santan, garam, gula dan daun pandan hingga mendidih. Masukkan ketan, aduk rata hingga santan terserap di ketan. Kukus ketan sampai matang selama kurang lebih 30 menit.

Bahan Pelapis :
1 butir telur, kocok lepas
50 gram tepung panir kasar

Bahan isi : Abon sapi secukupnya

Cara penyelesaian :
Ambil sedikit adonan ketan, isi dengan abon secukupnya. Bentuk lonjong atau sesuai selera.
celup ke kocokan telur, gulingkan ke tepung panir kasar, sambil di tekan2 agar tepung panir menempel sempurna. Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang. 

Tips : Usahakan minyak agak banyak agar bisa terendam dan cepat matang.

13 comments :

  1. Pucuk dicinta ulam tiba...heheh kok jadi pantun2an. Lha iya lho mbak...aku dikasih abon setoples masih utuh...pada ga suka buat lauk. Wis matursuwun resepnya...segera tak bikin deh. Blognya mbak Di penuh inspirasi sekalian bikin berat badanku naik lagi...lha kok cari kambing hitam...hihih. Sekarang aku jadi sering bikin cemilan lho mbak...sudah gitu plak pluk nyemal nyemil gak brenti2..heheh.

    ReplyDelete
  2. Hihi., Mba Ertina..ketularan aku ya..:) tukang ngemil. Aku yo kurang suka kalau abon buat lauk mba..sukanya buat cemilan..isi lemper, pastel kering dll..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Diah makasih ya inspirasinya & semoga jadi berkah... lemper goreng sekarang jadi salah satu snack jualanku hanya saja isinya gak pake abon tapi pake ayam. Kapan itu salah satu customer nanyain lemper, aku kirimi deh lemper goreng buat food test. Alhamdulillah sekarang minta rutin tiap minggu.

      Delete
    2. Sipp mba..alhamdulillah ya..jk bawa tambahan rejeki resepnya......:)

      Delete
  3. oh namanya lemper goreng toh.... sering makannya tapi nggak tau namanya ... kemaren2 cuma bisa makan ja... krn mbak Diah telah berbagi resp ...jd tau cara buatnya .... makasih ya mbak

    ReplyDelete
  4. Mba Diah, dibales dong Emailku tentang pesanan tepung heheh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah lho mba...aku bbrp kali bales email atas nama mba Retno..nah mungkin salah satunya dr mba ya..:)

      Delete
    2. Ini aku retno yang dari bank danamon jogja. Aku mau kirim buat anak aku di jerman. Coba besok pagi aku cek lagi ya. :) thanks!

      Delete
  5. Mba Diah aku ko justru sebaliknya, sukanya malah sama abon yang g murni hehehe, mungkin karena g bisa makan daging sapi itu kali ya, jadi pernah dulu ditawarin teman abon kualitas bagus, beraaasaa banget sapinya,, duuuh aku ya malah g bisa makan mba, malah suka yang banyak campuran alias g murni gitu heheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi..iya ya Mba..byk bawang gorengnya..malah gurih juga.:)

      Delete
  6. Mbak, jika lemper nya dipanggang pake teflon bisa ka? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bs mba..:) tapi ndak usah pakai panir ya..:)

      Delete