Google Ad

Saturday, September 1, 2018

LODEH PARE


Alhamdulillah Semarang sudah di guyur hujan dari siang hingga malam. Seger rasanya setelah lama panas terus. Sampai lele di kolamku pada ngamuk kekurangan air hihi. Lelenya besar-besar soalnya...jadinya kalau airnya habis itu kayak marah badannya di gerak-gerakin hingga bunyi keras gitu. beneran lho..Lelenya di kolam rumahku itu mungkin beratnya bisa sekilo lebih satu ekor atau bahkan 2 kg, jadi kalau gerak heboh...hihi.


Ya maklum , makanan Lelenya juga bergizi, apa aja makanan sisa, ayam goreng, ikan goreng dl yang tinggal dikit aku lempar aja ke kolam Lelenya, eh doyan semua..haha. Sampai belagu itu Lele di kolam, kalau di kasih roti tawar aja, kadang di cuekin dulu. Kalau di kasih lauk yang enak-enak langsung di sambar hahah.

Tapi mau panen ya nggak tega ya, udah kayak jadi hewan peliharaan, makin gede, makin nggak tega. Dulu sich biasanya setelah agak besar di panen, aku bagi-bagi. Nah sekarang malah jadi lele raksasa, kok nggak tega panen lelenya. Biarin aja dech, lihat sampai seberapa besar Lelenya hidup hihi. Kadang sam aYodha di suapin suwiran ayam Lelenya..nurut lho...hahah.

Tadi sore karena hujan males keluar rumah. Biasanya malam minggu gini makan di luar. Tapi karena males dingin jadi ya masak lagi aja hihi. Seadanya bahan di kulkas. Kalau lauk masiha da bacem ati ampela di freezer. Sayurnya cuma ada Pare di kulkas. Tapi mikir mau di oseng kok bosen, aku bikin lodeh aja dech. Ini enak lho, seger..nggak pahit banget, justru ada semriwing sedikit rasa pahit itu justru bikin unik rasa kuahnya, tapi tetep gurih dan sedep. Biar makin sedep aku pakau ebi dan tempe semangit juga tadi masaknya.

Mau resepnya teman-teman ?

Ini ya..cobain dech.
Lodeh Pare

Bahan :
2 buah Pare, belah iris tipis
100 gram tempe semangit, potong-potong
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 sdk makan gula merah / gula pasir secukupnya
1 sendok teh kaldu jamur 
Garam sesuai selera
700 ml santan / cream masak
1 sendok makan ebi, seduh air panas
6 bawang merah iris tipis
3 bawang putih, iris tipis
5 cabai merah, iris serong
5 cabai rawit, iris serong

Cara emmbuat :
campur 1000 ml air, 1 sdk garam dan 1 sdk makan gula pasir
Rendam Pare di campuran air tersebut sekitar 15 menit, remas-remas, bilas lagi hingga bersih, sisihkan
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang, masukkan cabai, aduk rata
Masukkan santan dan semua bumbu lain
Didihkan
Masukkan tempe dan pare
Masak hingga meresap api kecil saja
Koreksi rasa


3 comments :

  1. Makasih mbak Didi inovasinya..next month buat sajian di acara arisan kampung.

    ReplyDelete
  2. Wah saya baru tahu pare bisa menjadi lodeh, terimakasih mba

    ReplyDelete
  3. saya suka saya suka!!
    jadi ingat si mamak, pare dirumah biasanya emang di lodeh trus dikasih udang basah... tambah enyukkkkkk

    ReplyDelete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel