Google Ad

Friday, November 30, 2018

Nasi Gulung Kongbap Isi Tuna


Menu Yodha tadi nich teman-teman.
Masih punya sisa isian Tuna di freezer, aku buat Nasi Gulung Kongbap aja, praktia untuk sarapan teman-teman. Atau bisa juga untuk bekal sekolah anak. Sekali hap, udah banyak gizi ya, dari Tuna dan telurnya.

Jadi seperti sushi, tapi balut telur dadar, bukan rumput laut. Rasanya tak kalah enak, dan canti juga ya teman-teman bentuknya. Agar Nasi makin cantik warna warni aku tambah Kongbap. Selain lebih cantik, juga membuat nasinya lebih sehat, dan kaya serat.
Kali ini aku pakai Kongbap warna kuning teman-teman..sama enak dengan yang orange atau hijau kok, komposisi biji-bijian nya aja yang beda.

Kongbap ini cara pemakaiannya mudah, tinggal di campur waktu kita menanak nasi, terus di masak biasa dech, tapi air di tambah 50 ml dari takaran nasi putih biasa ya, agar tetap empuk dan pulen. Selanjutnya nasi bisa di nikmati  dengan aneka lauk seperti biasa, atau bisa di kreasikan jadi aneka menu, seperti nasi goreng, sushi, nasi gulung, nasi bakar, dll. Resep-resep yang memakia Kongbap ini udah banyak aku share di webku ini ya teman-teman. Jika mau melihat kreasi lain menggunakan Nasi Kongbap, bisa di lihat di ig nya ya @kongbap_id

Yuk yang penasaran tentang Kongbap, cobain ya teman-teman, bisa di dapat di supermarket atau di minimarket terdekat kok.

Nasi Gulung Kongbap Isi Tuna 

250 gram beras putih
1 sachet kongbap kuning
Secukupnya air, masak di rice cooker seperti biasa
Ambil dua centong nasi, ratakan beri isian tuna , gulung dan padatkan, sisihkan

Bahan :
4 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
Bumbu dan bahan pelengkap, di bagi dua ya untuk kuning dan putihnya :
1/4 sendok teh kaldu jamur
1/8 sendok teh merica bubuk

Cara membuat :
Kocok rata kuning telur dengan sedikit bumbu  buat dadar di telfon, isikan nasi gulung tuna, gulung , sisihkan di pinggir wajan
Kocok putih telur asal rata, beri sisa bumbu , aduk rata
Buat dadar, isikan gulungan nasi pertama
Gulung kembali ke arah putih telur
Gulung dan padatkan, dan masak sebentar di pan hingga matang
Dinginkan sebentar agar padat, potong sesuai selera

Bahan Isian Tuna, bisa di buat sekalian banyak, simpan di freezer :
1 kg Tuna, kukus dengan 2 lembar daun salam agar harum dan tidak amis.Jika sudah matang suwir-suwir, sisihkan
4 lembar daun jeruk
500 ml santan atau air biasa 
4 sendok makan gula pasir ( bisa separuh gula merah, separuhnya gula pasir, jika mau warna isian Tuna agak kecoklatan )
Garam sesuai selera

Bumbu Halus :
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica butiran
4 butir kemiri sangrai

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum
Masukkan air
Masukkan Tuna Suwir
Masukkan garam dan gula
Masak sambil di aduk hingga air habis
Cicipi rasa sebelum di gongseng terus hingga agak keset, tapi masih lembab rasa ikannya

2 comments :

  1. Wah aku belum pernah sih coba Kongbap ini, hehe.. Padahal ini produk udah lumayan lama yah :p Bener Mbak, cantik nih nasi gulungnya, anak-anak pasti suka makannya :)

    ReplyDelete
  2. Waah makasih atas informasinya
    senang bisa mendapatkan informasi ini

    anime terbaik

    ReplyDelete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel