Google Ad

Tuesday, December 18, 2018

Gethuk Goreng Sokaraja



Gethuk goreng khas Sokaraja...teman-teman udah pernah coba ?

Pasti udah ya, secara kan terkenal banget jadi salah satu oleh-oleh khas dari Sokaraja. Sokaraja itu terkenal dengan kuliner Soto Sokaraja dan Gethuk Gorengnya ini.
Gethuk goreng Sokaraja ini berbeda dengan Gethuk Goreng biasa yang basah ya teman-teman. Tapi lebih tahan lama dan awet di simpan beberapa hari, makanya bisa di jadikan oleh-oleh. Kenapa Gethuk Gorengnya bisa awet,  karena di goreng hingga agak kering, dan rasanya manis sekali. Karena memakai gula dalam jumlah banyak, jadi gula ini juga berfungsi sebagai pengawet alami.

Warna Gethuk Goreng Sokaraja ini kecoklatan, tekturenya agak liat tapi luarnya renyah kriuk jika masih baru selesai di goreng, jika udah beberapa lama ya jadi alot-alot gimana gitu, enak dech. Kalau tekture dan rasanya mirip sama kue cucur jaman dulu...mungkin karena sama-sama muanis banget dan alot ya hihi. Kue cucur yang versi jaman dulu kan memang agak alot juga dan muanis banget, nah mirip kayak gitu dech.

Aku suka gethuk goreng Sokaraja, walau kalau kebanyakan ya jadi mblenger. Nah akhirnya sekarang bisa bikin sendiri dech dengan takaran gula yang bisa di sesuaikan selera. Jadinya cemal cemil terus juga nggak akan bosan kalau nggak terlalu manis.

Tips nya :
Pilih singkong yang pulen, mempur, jinten, bagian kulit dalam warna pink agar tidak langu
Kukus hingga empuk
Pilih gula merah yang coklat tua dan asli gula merah / gula aren
Haluskan hingga adonan liat, kalau kurang luat nanti akan mudah hancur ketika di goreng...bisa di tumbuk agak lama atau jika mau praktis pakai chopper.
Menggorengnya harus sabar ya agak lama, agar bisa legit, kering luar, lembut bagian dalam, api jangan terlalu besar agar tidak mudah gosong.
Mencelup adonan ke larutan tepung lebih enak pakai tangan, jadi adonan hanya terlapis tipis2 merata , jadi seperti tanpa adonan tepung.

Yuk cobain teman-teman, aku share resepnya ya...

500 gram singkong kukus ( timbang setelah di kukus ), potong kecil2
150 gram gula merah ( pilih yang coklat tua )
1/2 sdk teh garam
1/2 sdk teh vanili

Campur semua bahan, proses di food processor hingga jadi adonan yang liat. Adonan harus liat ya, agar tidak hancur ketika di goreng. 

Selanjutnya goreng denga di celup adonan tepung cair hingga kering.
Adonan tepung :
65 gra tepung beras
20 gram sagu
100 ml air


No comments :

Post a Comment

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel