Google Ad

Friday, August 24, 2018

NASI JAMBLANG KONGBAP


Hai, kembali lagi nich di postingan  Friday menu with Kongbap ya teman-teman.
Hari ini aku bikin Nasi Jamblang khas Cirebon . Lumayan komplet lauknya,  ada beberapa macam. Walau ngga sekomplet seperti di warung-warung Nasi Jamblang di Cirebon ya 😂😂


Kalau di cirebon bisa  40 lauk lebih,  kalau ini seadanya saja.  Ada yang khas sana yang penting, yaitu Sambel iris dan Sate Kentang.  Ada lagi yang khas itu Cumi Blakutak ( masak hitam ), tapi aku udah terlalu sering masak Cumi Hitam, jadi nggak buat kemaren. Di pasar juga lagi susah cari Cumi yang bener-bener fresh dan banyak tintanya. Kalau lauk lain udah biasa masak ya,  ada Semur Tahu,  Tempe Goreng,  Perkedel dan Paru Goreng .

Untuk nasinya, seperti biasa,  aku tambah kongbap agar lebih kaya serat . Kongbap ini kita butuhkan karena praktis bisa menambah asupan serat setiap hari tanpa terasa,  karena di campur ke dalam nasi. Karena tiap hari kita makan Nasi kan, jadi jika Nasi kita campur dengan Kongbap, otomatis kita juga mengkonsumsi serat yang baik setiap hari. 

Cara memasaknya mudah,  tinggal masak nasi seperti biasa dan kita tambah 1 sachet kongbap setiap  250 gram beras . Jangan lupa takaran air di tambah  50 ml, agar nasi matang sempurna seperti biasa. Kongbap ada 3 varian ya, ada warna orange yang pertama dulu, terus ada yang hijau dan kuning, yang varian baru. Kongbap ini bisa di peroleh di minimarket terdekat ya teman-teman.

Untuk Nasi Jamblang ini,  nasinya nasi biasa ya,  cuma aku tambah Kongbap . Bukan nasi gurih ya,  jadi bisa di masak di rice cooker seperti biasa.

Bahan nasi :
250 gram beras plus 1 sachet kongbap
Masak seperti biasa di rice cooker hingga matang

Untuk lauknya aku tulis dua yang paling khas ya  dan belum pernah aku post di sini :

Sambal Iris daging

Bahan:
250 gram daging tetelan
250 gram cabe teropong,  buang biji, iris halus
8 bawang merah,  Iris tipis
3 bawang putih,  iris tipis
2 cm lengkuas,geprek
1 batang serai , geprek
1 /2 sdk makan gula merah atau gula pasir sesuai selera
1 sdk teh kaldu sapi
Garam secukupnya

Cara membuat :
Daging potong kecil-kecil, rebus dengan 1/2 sdk teh garam,  2 cm jahe , 2 lembar daun salam hingga empuk , ukur kaldunya  200 ml
Tumis bawang merah,  bawang putih , hingga harum
Masukkan cabe,  aduk hingga cabai layu
Masukkan daging,  air dan semua bumbu lain
Tutup Pan dan masak api kecil hingga meresap
Koreksi rasa

Sate  kentang

Bahan :
500 gram kentang mini. Rebus,  kupas
300 ml air
200 gram kelapa,  sangrai hingga kering,  atau serundeng manis siap pakai  100 gram
1 sdk teh kaldu jamur dan garam secukupnya
1 sdk mkn gula merah

Bumbu halus
6 bawang merah
2 bawang putih
1 sdk teh ketumbar
1/2 sdk teh merica bubuk
3 butir kemiri

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang
Masukkan air,  kentang,  kelapa sangrai,  dan semua bumbu
Masak api kecil hingga meresap dan kuah habis
Koreksi rasa
Tusuk dengan tusuk sate






3 comments :

  1. Wah, jadi kangen nasi Jamblang nih Mbak, mosok harus balik ke Cirebon, hehe..

    Langganan Jasmin sih yang ada didepan Grage itu lho..

    ReplyDelete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel