Google Ad

Friday, September 7, 2018

BEKAL SEHAT KONGBAP


Untuk anak-anak yang masih sekolah TK, SD, tentu masih bawa bekal, tiap hari teman-teman. Pastinya butuh banyak ide bekal yang unik dan menarik nich. Aku mau kasih ide ya, menu bekal enak, sehat dan pastinya menarik untuk anak-anak ya.


Kali ini aku buat Nasi Kongbap yang aku cetak bulat, kasih Nori. Mau cetak bentuk segitiga juga bisa. Sesuai selera aja ya teman-teman. Aku tambahkan Kongbap di nasinya agar makin sehat dan kaya serat. Sudah tau kan, kalau Kongbap itu adalah aneka biji-bijian yang kaya serat alami yang di butuhkan tubuh. 

Cara mengkonsumsi Kongbap ini juga mudah, tinggal kita campurkan waktu memasak Nasi dengan takaran 250 gram beras, di tambah 1 sachet Kongbap. Kongbap ada tiga varian, ada orang, hijau, kuning. Aku tadi pakai yang warna hijau, lebih lengkap ada aneka kacang-kacangan juga. Yuk di coba teman-teman, rasa Nasi nggak berubah kok, tetap enak.

Kongbap bisa di dapat di minimarket ya, atau beli online juga banyak. Dengan mengkonsumsi Kongbap, tanpa terasa kita juga telah mengkonsumsi aneka serat setiap harinya tanpa terasa, enak kan.

Oke, kali ini aku share resep contoh bekal kreatif untuk anak ya.
Nasi Kongbap :
250 gram beras putih
1 sachet kongbap
air secukupnya seperti memaska nasi biasa, di tambah 50 ml

Masak seperti biasa ya di rice cooker. Cetak bentuk bulat, beri nori di salah satu sisi.
Ayam Panggang Madu

Bahan :
1/2 kg Ayam bagian sayap, potong jadi dua bagian
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
2 sendok makan Madu
1 sendok makna saus sambal
1 sendok makan saus tomat
1 sendok makan kecap / secukupnya
1 sendok teh kaldu jamur / ayam, atau garam sedikit aja  / sesuai selera
1/2 sendok teh gula pasir 
1sendok teh merica

Cara membuat :
Campur semua bahan, remas-remas agar bumbu menyelimuti ayam
Masukkan wadah tertutup atau kantong plastik, simpan di kulkas minimal 2 jam
Letakkan di loyang, oven hingga matang. Karena aku pakai Air fryer, aku alasi dengan daun pisang
Panggang sekitar 20 menit jika di Air fryer, atau tekan tombol ayam. Jika oven ya sekitar segitu juga suhu 170 c ya. Selamat mencoba.
Tips : aku tadi panggang aku lapisi daun pisang atas bawah pakai airfryer jadi bisa mulus ayamnya. Lama memanggang sesuaikan alat masing-masing ya, jika di rasa masih kurag boleh di tambah waktunya. Kalau di air fryer yang aku pakai, 20 menit udah matang sempurna.

Untuk lauknya variasi yang cocok untuk Ayam Panggang Madu ini, Telur Gulung dan Mie goreng. Atau lauk lain sesuai selera ya. 

Ide lain menu bekal unik dengan Kongbap, bisa di lihat di akun instagram Kongbap ya, di SINI atau Facebooknya. Selamat mencoba ya teman-teman. 



No comments :

Post a Comment

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel