Google Ad

Friday, August 31, 2018

SAMBAL GORENG LABU DAN TAHU BUMBU EBI


Hari ini Yodha camping ..jadi terasa sepi di rumah. .😂😂
Biasanya ada celoteh usil Yodha tiap sore gangguin Maminya..pokoknya walau cuma berdua di rumah jika papinya belum pulang tuch heboh dengan keusilan dan celotehan Yodha. Baru di tinggal camping aja begini, gimana ntar kalau Yodha udah nikah ya...😀😀


Menu hari ini pun favorit suami aja,  karena nggak ada request Yodha 😅😅..suami cuma minta di masakin sambel goreng labu dan tahu favoritnya.  Udah ngga neko-neko sich kalau favorit suami menunya . Lauknya Sate Kerang. Mau bikin Lontong Balap nggak jadi, buat lauk ini aja dech. Cocok juga kok.

Menu ini rumahan banget,  kalau nggak mau masak pun di Semarang sini banyak yang jual di warung-warung makan gitu,  atau tiap pagi ada yang jualan bubur nasi plus sambel goreng labu dan tahu ini. Lebih enak lagi sayur begini jika udah menginap semalaman, bumbu makin meresap ke pori-pori tahu..enak sekali. Yang penting tahunya yang enak ya, karena kadang kalau tahunya nggak enak, bisa merusak rasa keseleuruhan.

Bikin sendiri yuk sayur ini, tentu lebih sesuai selera ya teman-teman. Kali ini bumbu aku tambah Ebi ya,  jadi makin sedep..jika suka bisa di tambah krecek juga lho atau kacang tholo..yummy 😘😘

Bahan :
1 buah Labu Siam,  agak besar ya,  iris korek api
5 buah tahu yang berkulit,  iris-iris
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas,  memarkan
1 sendok makan Ebi, rendam air panas
1 sdk makan gula merah
1 sdk teh kaldu sapi dan garam secukupnya
1000 ml santan
6 bawang merah,  iris tipis
3 bawang putih , iris tipis
8 cabai merah,  haluskan

Cara membuat :
Tumis duo bawang hingga harum
Masukkan cabai ulek
Masak hingga matang dan harum
Tambahkan Santan, ebi dan bumbu2 lain
Didihkan
Masukkan tahu dan labu
Masak api kecil sambil sesekali di aduk hingga meresap
Koreksi rasa

Tips :
Belah labu siam menjadi dua bagian,  gosok-gosok hingga getahnya keluar , cuci bersih , baru di kupas dan di  iris ya.
Tahu,  gunakan tahu yang berkulit ya,  kalau tahu putih kadang hancur pas di masak dan nanti aroma kuah bisa jadi asem.

1 comment :

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel