Google Ad

Tuesday, August 28, 2018

Tips Membuat Tahu Isi Yang Enak


Tahu isi, salah satu cemilan favorit di rumahku. Aku suka, Yodha dan papinya juga suka. Cemilan mudah, murah meriah. Tapi kalau beli kok ada aja yang kurang sreg, ntah itu isiannya atau adonan pencelupnya. Kadang isiannya kurang gurih atau rasanya aneh, itupun cuma sedikit sekali isinya hihi.  Kadang pencelupnya keras atau alot, jadi kurang suka beli gorengan Tahu Isi, lebih sering bikin sendiri di rumah. Terakhir iseng beli minggu lalu harganya udah 2500 per biji, wo alah, mahal juga ya.. hahah.Padahal kalau bikin sendiri dengan murah meriah bahannya.

Membuat Tahu isi yang enak itu tidak sulit lho teman-teman. Suamiku sampai komen kalau beli tahu isi aneh rasanya dia bilang, lha cuma jualan gorengan bikin yang enak sekalian apa susahnya, kok ngga pada mau belajar gitu penjual gorengan pinggir jalan itu atau tidak di cicip dulu, dll dech panjang lebar..hihi. Kalau di pikir-pikir ya iya sich, ngga susah sebenernya, bikin Tahu isi yang enak. Yuk simak tips dari aku ya teman-teman, siapa tahu bisa jadi ladang usaha juga nich. Banyak di pinggir jalan di jual aneka olahan Tahu isi, misal tahu is pedas, dll nyatanya laris manis juga.

Ini aku kasih resep yang tidak pedas, jika mau pedas seperti tahu isi kekinian, tinggal di tambah cabai rawit iris ya, di tumisan isinya. Rasa isian Tahu isi yang enak itu gurih ringan, dan terasa juicy tumisan sayurnya kalau kata Yodha..hihi. Jadi ketika di gigit itu tumisan sayurannya terasa lembab, gurih dan enak, bumbunya ikut membasahi bagian dalam tahu pong, jadi akan terasa gurih juga tahunya...enak sekali. Sekali makan Yodha bisa habis 4 biji hihi.

Tahu yang enak untuk Tahu isi ini adalah Tahu pong, yang memang sudah di goreng kalau beli. Tahu pong ini bisa di jumpai di pasar, sudah di goreng, tinggal kita buka satu sisinya, maka dalamnya akan menjadi kantung tempat kita sisipkan tumisan sayuran. Tapi jika kesulitan mencari Tahu pong, kita bisa juga menggunakan Tahu putih yang di goreng terlebih dahulu. Atau bisa juga sich pakai tahu basah, tapi agak kesulitan biasanya asukin sayurannya. Kalau tahu isi pakai tahu putih basah di Yogya, namanya Tahu Susur, hihi. 

Untuk tumisan, biasanya sayur wortel dan kol, namun kadang di tambah taoge juga. Tapi Yodha kurang suka kalau pakai taoge, karena jika ada isian taoge yang keluar dan agak gosong kadang jadi pahit ya. Jadi aku biasa kol sama wortel aja sama daun bawang / sledri. Oh ya, jika mau lebih gurih, bisa di tambah 2 ekor udang ya di tumisan sayurnya teman-teman, udang yang masih segar gitu jadi terasa makin gurih dech. Aku di freezer selalu sedia udang segar untuk penyedap masakan di campur ke nasi goreng, cap cay, mie goreng, dll lebih enak rasanya.

Untuk adonan pencelupnya, itu jangan terlalu kental ya, agar tidak keras. Tambahkan sedikit tepung beras atau tapioka agar lapisan tepungnya lebih kres dan renyah hingga dingin, nggak alot.  Goreng tahu isi di minyak yang sudah di panaskan, goreng dengan cara di goreng agak banyak minyaknya atau tenggelam jadi matang sempurna secara keseluruhan. 

Untuk isian bisa variasi sich, bisa isi sayuran, isi tumisan soun, isi ayam atau jamur, udang, dll bahkan isi tumisan rebung juga enak lho. Tapi kali ini aku mau share aja resep Tahu isi sayuran favorit Yodha ya teman-teman, selamat mencoba ya jika suka...:)
TAHU ISI
Bahan : 
10 buah tahu pong, siap pakai 

Bahan pencelup :
100 gram tepung terigu protein rendah / sedang
2 sendok makan tepung tapioka
1/2 sendok teh bumbu kaldu bubuk / garam sesuai selera
1/2 cm kunyit, haluskan
1/4 sendok teh ketumbar, haluskan
1 siung bawang putih, haluskan
Air kira2 150 ml ( secukupnya hingga kental sedang adonannya )

Bahan isi :
2 buah wortel, potong korek api
1/4 buah kol, iris halus
1 sendok teh bumbu kaldu jamur bubuk dan garam secukupnya
Gula pasir 1 sendok teh
50 ml air
1 batang daun bawang, iris halus
2 ekor udang kupas ( bisa di skip )
Bumbu halus untuk tumis sayuran :
2 siung bawang putih , 3 siung bawang merah
1/2 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
Isi : Panaskan 1 sendok minyak goreng, tumis bumbu halus untuk sayuran, aduk hingga berubah warna. Masukkan wortel, tambahkan air, aduk hingga wortel layu, lalu masukkan sayuran dan bumbu lain. Masak hingga sayuran layu.
Ambil 1 buah tahu, beri isian secukupnya
Celup ke dalam bahan pencelup, lalu goreng hingga matang dan kecoklatan.

7 comments :

  1. favorite keluargaku banget ini mba.. ceplus rawit enak bget hehehe salam kenal mba diah, saya orang Demak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuppp rawit ijo ya mba, sedep. ...salam kenal juga ya mba 😘😘

      Delete
  2. Favorit ini, akan saya coba pakai resep bunda,
    Sempat buat pakai resep kira2 tapi masih gagal klo goreng sering tepungnya lepas dr tahu, kira2 kenapa ya bun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin minyak belum panas, adonan sudah masuk mba ? Jadi nggak ngikat tahu adonannya. Kalau minyak panas , adonan langsung ngembang kan merekat erat di tahunya.

      Delete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel