Google Ad

Friday, September 28, 2018

Heci Mini Isi Ayam


Sore tadi mau bikin Heci khas Malang, tapi kok cari centong sayur yang agak gepeng kok nggak nemu, akhirnya aku cetak akali cetakan takoyaki aja, terus aku goreng lagi. jadinya Heci modern ya hihi.

Pertama makan heci waktu di Malang, waktu mau beli oleh-oleh di toko Pia Mangkok, ada depot gitu yang jual Heci gede-gede satunya 9 ribu, langsung beli satu aja, karena penasaran. Walau sempat di omelin yang jual karena cuma beli satu hahah.

Buatku selalu penasaran kalau ada jajanan baru yang belum pernah aku coba, jadi walau di omelin yang jual, aku seneng udah nyicip citarasa aslinya kayak apa hahah. Jadi kalau bikin sendiri di rumah bisa ada bayangan. Tapi dulu seingatku kulitnya agak keras sedikit sich, mungkin takaran tepung berasnya lebih banyak. Kalau aku coba-coba bikin adonan tadi, masih ada lembut tekture adonannya. Tapi gini ya enak sich, sepiring langsung ludes tadi sore-sore di makan Yodha dan papinya.

Pokoknya kalau mereka doyan itu udah lolos sensor lidah, berarti enak hahah. Kalau beli gorengan rasa biasa, biasanya pada nyomot satu terus udah. Tapi ini tadi aku buatin sampai ludes, piringnya kosong, berarti enakk.. hahah.


Heci Mini Isi Ayam

Bahan :
150 gram tepung terigu protein rendah
20 gram tepung beras
250 gram air
1 butir telur
1 sendok teh kaldu ayam / jamur
1/4 sendok teh merica bubuk

Bahan Isian :
100 gram Ayam cincang
1/4 butir bawang bombay, cincang
1 butir bawang putih, cincang halus
1/4 sendok teh merica
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh kaldu ayam
1 sendok teh saus tiram
1 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )
Air 100 ml
Cara membuat :
Campur semua bahan kulit, aduk rata

Bahan isi :
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum
Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna, masukkan air, bumbu lain
Masak hingga meresap
Koreksi rasa

Cara menggoreng :
Aku versi cepat pakai cetakan takoyaki dulu yang di oles minyak, tuang adonan separo tinggi cetakan, beri isi tumisan ayam, tuang lagi adonan hingga penuh, masak api kecil hingga setengah matang, goreng dech hingga agak kering luarnya. 
Kalau mau versi tradisional, pakai cetakan sendok sayur pipih, celup dulu ke minyak panas sendok sayurnya, angkat, beris adonan, ratakan di dasar sendok sayur, beri isi, tuang lagi adonan, lalu celup minyak panas hingga terlepas dari cetakan, lalu goreng hingga kering.

Note :
Ini bukan bakwan oke ?..hihi..bakwan itu adonan terigu campur sayuran, ini bukan juga ote-ote, kalau adonan ote-ote itu pakai tepung kedelai adonannya, kapan2 tak coba juga, okeee ...




2 comments :

  1. Halo mb Diah..
    Wah ke Malang yaa..
    Yang mbak beli itu kl di Malang namanya ote2.Depot Semeru sebelah Pia Mangkok memang top...aku sering beli cakuenya..adonannya beda dengan heci..

    ReplyDelete
  2. bunda, aku kasih tipsnya itu pake tepung kedelai atau sari kedelai.

    ReplyDelete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel