Google Ad

Tuesday, November 13, 2018

Tips Mengolah Cumi Hitam Agar Empuk



Kemaren aku masak Cumi hitam atau Cumi Tinta lagi, dan ternyata masih banyak teman-teman yang menanyakan tips cara mengolah Cumi Tinta agar warnanya bisa hitam cantik dan nggak alot.


Cumi hitam atau Cumi Tinta, aku kenal olahan ini setelah tinggal di Semarang. Di Yogya memang Seafood termasuk barang langka, jadi mesti biasa beli kalau ke resto-restoo seafood aja, jarang masak sendiri di rumah keluargaku dulu.

Begitu pindah ke Semarang, wah..surganya seafood di sini murah-muarh dan fresh, jadi bisa sering masak sendiri. Dulu juga aku kurang familiar dengan Cumi masak Tinta. Pertama kali liat waktu suami bawa dari salah satu warung terkenal di sini, Cumi Hitam, aku kok agak gimana gitu hahah. Tapi setelah mencoba dan tau rasanya, jadi suka dech. Ternyata enak sekali, Tinta cumi yang fresh ini bisa jadi bumbu yang membuat masakan jadi gurih.

Kuncinya, cuminya harus masih benar-benar fresh ya teman-teman, tintanya belum bocor, cirinya jika beli di tukang penjual seafood itu air rendaman masih bening...belum kehitaman. Jika sudah kehitaman berarti sudah  bocor tintanya.

Kalau di Semarang jika mau agak jauh belanja misal ke pasar Gang Baru di Semarang, kadang malah banyak penjual Cumi yang masih fresh sekali, masih bening badannya, mulus dan masih keras, kenyal. Tintanya masih utuh semua..wah itu enak sekali, manis dan ngga amis sama sekali. Di masak tinta...enak sekali rasanya. Gurih..dan khas aroma serta rasanya.

Kalau biasanya dulu cuma di tumis cabe hijau, akhir-akhir ini aku lebih suka aku masak bumbu komplit, pakai duo bawang, cabe, kemiri, kunyit, jahe, merica, kecap dll..jadi lebih kaya rasa. Resep sudah aku upload ya di webku teman-teman...di SINI

Agar Cumi tidak alot, masaknya jangan terlalu lama ya teman-teman. Jadi air juga jangan terlalu banyak. Karena Cumi sendiri mengeluarkan cairan jika di masak, jadi setelah menumis bumbu, tes dulu, masukkan cumi, jika sudah cukup berair, tidak perlu di tambah air, jadi bisa di masak dengan cepat, agar tidak alot.

Yang penting, menumis bumbunya hingga benar-benar matang ya teman-teman, jadi tidak langu bumbunya walau di masak dengan cepat. Yuk, cobain tips nya, pasti tidak akan alot dan bisa kental pekat cumi masak Tintanya teman-teman.



2 comments :

  1. Resepnya boleh juga nih, kebetulan saya penikmat cumi apalagi diolah jadi cumi hitam ^^

    ReplyDelete
  2. makasih banyak sis informasinya sangat membantu buat ane..
    Semoga terus update artikel yang membantu seperti terus menerus
    sekali lagi makasih yah sis

    jadi pengen langsung buat nih hihi

    Anime Romance

    ReplyDelete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel