Google Ad

Friday, December 7, 2018

Nasi Gurih Ayam Kongbap



Menu kita hari ini teman-teman, aku buat Nasi gurih ayam pakai Kongbap. Nasi rice cooker biasa, tapi aku tambah kaldu ayam waktu memasaknya. Jadi Nasinya lebih gurih, mirip Nasi Hainan, tapi ini versi bumbu minimalis aja. Yang penting rasanya pas enak, gurih dan lebih  bergizi ya teman-teman, karena memakai kaldu ayam alami.

Pertama kita siapin ayam pejantan atau kampung kita rebus api kecil aja hingga keluar kaldunya. Lalu kita tambahkan kaldu ayamnya waktu memasak nasi. Ayamnya di angkat, lalu di ungkep bumbu minimalis ala-ala Ayam Pop..hihi. Jadi ini menu apa, Chinese atau Padang ya..hihi. Gabungan aja ala aku wis, yang penting enak, Yodha dan papinya lahap sekali makan, di kira ayam kampung , padahal ayam pejantana aja. memang kadang ayam kita masak bumbu  minimalis seperti ini, malah justru muncul rasa alami gurihnya ya teman-teman.

Masak Nasi Gurih Ayamnya mudah :

250 gram Beras Putih
1 sachet Kongbap
3/4 sendok teh garam
1 lembar daun salam
Air ( aku ganti air kaldu ayam ) secukupnya seperti memasak nasi biasa, tapi tambahkan ektra 50 ml dari  biasanya ya, karena ada tambahan Kongbapnya.
Selanjutnya, masak seperti memasak nasi biasa di rice cooker ya.

Jadi Kongbap itu merupakan campuran 10 macam biji-bijian kaya serat, yang bisa kita campur ke dalam nasi ketika kita memasak nasi seperti biasa. Nasi nggak berubah rasa, dan bisa di buat pulen, atau mau pero nasinya..ya seperti biasa, kalau kita memasak nasi. Cuma warna nasinya saja yang sedikit berbeda, ada bintik warna warni, tapi malah cantik menurutku..hihi. Tradisi memakan nasi dengan campuran biji-bijian kaya serat ini di adaptasi dari budaya warga Korea dan Jepang, yang sekarang di buat lebih praktis. Dalam satu sachet kemasan Kongbap...sudah kompet terdiri dari berbagai macam biji-bijian, tinggal kita campur ketika kita menanak nasi seperti biasa.

Pemakaiannya mudah, dan nasi juga nggak berubah rasanya, serta manfaat asupan serat yang berguna buat kita, membuatku selau rutin memasak Nasi memakai Kongbap ini. Yodha juga nggak pernah protes..dan di makan pakai lauk apa saja juga enak Nasi Kongbap ini. Oh ya..selain di buat untuk campuran nasi harian, kita juga bisa berkreasi dengan Kongbap ini dan mengolahnya menjadi aneka hidangan berbahan Nasi yang spesial, seperti kemaren aku buat Nasi Goreng Kongbap, Nasi Kebuli, sampai Arem - Arem, Sushi, dll.. pakai Kongbap enak lho teman-teman, dll. Coba cek video resepku di webku ini atau di You Tube ya.

Untuk Ayam Pop nyaaku pakai resep dari temen yang mertuanya asli Padang, dulu aku pernah di kirim waktu aku ngadain event giveaway menu tradisional Indonesia. Takaran bumbu aku sesuaikan sedikit dengan seleraku : 

Ayam Pop Simple

Bahan :
1 ekor ayam pejantan
Air kelapa dua butir
1 sdk teh garam
2 sendok teh kaldu ayam
1 sdk makan gula pasir
1/4 sdk teh merica
1/4 sendok teh cuka
700 ml air

Cara Membuat :
Campur semua bahan, ungkep hingga ayam matang dan meresap
Koreksi rasa
Tiriskan, goreng sebentar saja agar warna ayam tetap putih bersih dan juga masih moist empuk dagingnya.
Sajikan dengan Nasi gurih ayam. 

 

No comments :

Post a Comment

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel