Google Ad

Wednesday, November 21, 2018

Tips Memakai Slow Cooker




Banyak teman yang beberapa waktu lalu minta di ulas tentang slow cooker ya, mumpung hari ini belum ada postingan menu baru, aku ulas dulu tentang Slow Cooker ini ya teman2.

Slow cooker adalah alat untuk memasak dengan cara perlahan ( slow cooking )
Bentuknya biasanya seperi rice cooker, ada yang bulat, ada juga yang ukuran besar seperti merk Vicenza ini lonjong bentuknya.

Wadah bagian dalam terbuat dari keramik, sehingga bahan yang di masak dengan slow cooker ini tidak akan mudah gosong, dan cairan / kuah juga tidak berkurang banyak. Selain itu keramik juga menyimpan panas lebih lama, jadi ketika matang, dan sudah tidak di colokkan ke listrik pun makanan tahan lama hangatnya.

Slow cooker ini bisa kita gunakan untuk mengolah berbagai masakan, biasanya lebih cocok ke bahan2 yang tidak mudah matang untuk masakan, misal daging, ayam kampung, dll..atau bahan yang lunak seperti ikan pun bisa, misal kita bikin pindang bandeng pakai slow cooker ini tidak remuk, justru bumbu meresap, karena di masak perlahan2.

Slow cooker juga cocok untuk bikin aneka masakan, untuk bikin telur pindang, bubur, kaldu, minuman seperti wedang kacang, sari kacang hijau, dll. Kadang aku merebus jamu atau bikin minuman herbal juga pakai slow cooker ini. 

Keuntungan lain dari memakai slow cooker ini nutrisi makanan juga tetap terjaga, karena di masak perlahan2, bumbu juga lebih meresap.
Yang perlu di perhatikan dalam pemakaian slow cooker adalah waktu yg tepat, karena selama kuah masih ada, proses masak jalan terus, jadi harus kita cek, agar makanan tidak overcooked.

Slow cooker ada yang besar ada yang kecil, aku pakai keduanya, tergantung bikin apa. Kalau masak menu porsi kecil aku pakai yang kecil. Tapi kalau masak misal Gudeg, aku pakai slow cooker besar, yang muat banyak, satu ekor ayam kampung utuh besar muat, jadi enak kalau bikin kaldu. Kalau bikin Baceman Tahu Tempe juga muat banyak.

No comments :

Post a Comment

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel