Google Ad

Tuesday, September 18, 2018

Oliballen Pisang



Maaf ya teman-teman, update jadi nggak rutin di sini, jadwalku kacau hihi. Tapi aku usahakan segera menyimpan resep-resp baru yang sudah aku share di instagram di sini. Takut lupa dan malah tertimbun kan sayang sekali. 


Kadang aku kalau mebuat resep baru suka langsung aja pada saat masak baru mencatat bahan atau bumbu, jadi kadang-kadang kalau nggak langsung di catat suka lupa, naruh gula seberapa, garam seberapa, dll hihi. Ya namanya juga manusia ya, banyak pikiran, harus di bantu dengan catatan. 

Pernah lho aku uji coba bikin kulit pastel takaran baru hasilnya oke banget tapi lupa, margarin seberapa hahah..gara2 nggak langsung di catet, main masuk-masuk bahan aja. Oke, aku share resep baru ini ya teman-teman, Oliballen Pisang. Ini enak lho, seperti donat tanpa ulen, seperti pisang goreng juga tapi ada aroma ragi, jadi enak, hihi.

Yang paling penting bikin biang raginya hingga berbuih ya, airnya suam-suam kuku anget aja, jangan kepanasan ntar mati raginya. Tandanya ragi hidup setelah 15 menit dia akan berbuih. Jika tidak berbuih, berrarti udah mati raginya, segera ganti yang baru ya. Kalau ragi mati, nanti nggak bisa mengembang dan jadi seperti pisang goreng biasa hihi. 

Tanda-tanda adonan mengembang itu jika kita buka pakai sendok akan seperti berongga  ya teman-teman adonannya. Yuk di coba, mudah kok...

Cara membuat :

1 sdk teh ragi, 1 sdk teh gula, 100 ml air, aduk rata, diamkan 15 menit.

Dalam wadah timbang 250 gram terigu protein sedang, 30 gram gula, campur dengan air ragi dan 1 butir trout, aduk rata.

Masukkan susu cair 150 ml, 2 sdk mkn margarin yang di lembekkan.
Uleni rata, tambahkan 1/4 sdk teh garam.
Uleni rata pakai tangan ya.
Masukkan 7 pisang kepok yang di iris kecil.
Aduk rata. Diamkan 30 menit.
Panaskan minyak, sendokkan adonan, goreng api kecil
Taburi gula halus jika suka
Sajikan hangat

6 comments :

  1. kayaknya enak ini mb...kalo gak digoreng tp dicetak di panci serbaguna yg bolong2 kayak cetakan takoyaki gitu bisa mb ? tanpa minyak...

    ReplyDelete
  2. Mbak Di, layak dicoba nih! Tapi spt komen mb Wiek, pake cetakan takoyaki sptnya bisa ya, tanpa minyak. O ya, ada salah ketik "trout" maksudnya telur kan? Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
  3. Oliballen pisang nampaknya enak , terima kasih mba atad tips nya tentang ragi yang masih hidup zat nya

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Kayak nya telor deh, soal nya satu butir

      Delete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel