Thursday, August 24, 2017

Tips Mengolah Jerohan Agar Tidak Amis


Sebentar lagi mau hari raya Qurban ya teman-teman. Jadi pasti banyak stok daging di rumah. Nah..jika ada yang mau mengolah Jerohan sapi atau kambing, gimana caranya biar nggak amis atau bau, aku kasih tips-tips singkat ya. 


Jerohan itu aneka macam, misal ada bagian Paru, ada Babat, Iso, Ati, dll ya. Kalau di kita Jerohanpun harganya mahal. Kalau di luar negeri jarang ya di olah. Makanya sering, kalau aku posting menu jerohan, teman-teman yang di luar pasti bilang susah nyarinya..hihi.

Mungkin males mengurus Jerohannya ya...pasalnya, jika belum di olah memang gak bau ya. Tapi sebenernya jika kita pintar mengolahnya, tidak akan bau lagi kok. Misal, sebelum mengolah Jerohan, terutama Babat atau Iso sapi yang aromanya kurang enak, lebih baik kita rebus dengan aneka rempah, sebelum di masak.

Jadi pertama cuci berish Babat dan Iso. Lalu rebus dengan berbagai rempah, daun salam yang agak banyak, lengkuas dan jahe, pasti dech nggak akan amis lagi aromanya. Setelah di rebus, bisa langsung di olah. Jiak mau cepat empuk, perebusan bersama rempah ini bisa di lakukan dengan panci presto. Jadi waktu di olah dengan bumbu-bumbu, jerohan sudah empuk.

Aku suka Babat dan Iso, tapi jika aromanya masih tajam juga ogah makan..hihi. Kadang makanya males jika beli menu Babat atau Iso di luar karena masih tajam aromanya. kecuali di warung-warung tertentu spesial Babat Isonya oke, seperti di Nasi Goreng Babat pak Karmin, Pak Hengki, dll itu udah oke mengolah Babatnya. Kalau di warung biasa...aku nggak suka..hihi.

Makanya jika lagi kepengen makan Babat Iso yang seringnya  masak sendiri sekarang. Bisa yakin bersih dan sesuai selera rasanya. Waktu beli mentah juga pilih jerohan  yang masih fresh ya teman-teman. Jika sudah stok lama tentu akan semakin amis juga aromannya.

Oke, semoga bermanfaat ya sedikit tipsnya teman-teman. Untuk resep Babat Iso Gongso, sudah pernah aku posting kok, di SINI. Ada juga videonya. Berikut aku kasih link videonya ya teman-teman, selamat mencoba.


1 comment :