Tuesday, August 29, 2017

Membuat Roti Sobek Dengan Bread



Hari ini mainan pakai Bread Maker lagi, gara-gara Yodha dan Papinya nggak mau lagi makan Roti dari Bakery..hihi. Sejak punya Bread Maker, bikin roti memang jadi lebih mudah dan praktis. Bisa di sambi ngerjain yang lain, Bread Maker yang kerja dech. Dan yang pasti itu hasilnya fresh dan lebih enak, di banding beli roti di luaran.

Nggak tau ya, jika makan Roti ala Bakery yang terkenal di sini tuch malah berasa nggak makan Roti. Kayak penampilan doang yang menarik, tapi jika di gigit, langsung kempes..hihi. Rasanya ada yang kurang aja...kayak kebanyakan pengembang. Beda jika bikin sendiri itu lebih mantep, di gigit rasanya itu berasa makan roti..hihi.

Dan yang penting, jika buat sendiri, tentu bahan-bahan lebih berkualitas ya teman-teman. Membuat Roti itu prinsipnya ada Terigu ada gula, ada ragi, ada margarin atau mentega, dan sedikit garam, ada telur, kadang nggak pakai telurpun juga bisa jadi roti, contohnya roti Pizza...hihi. Bahan-bahan alami itu sudah cukup dan itulah rasa natural Roti yang enak menurutku. Jika di tambah macam-macam seperti pengembang atau pengempuk malah nggak alami rasanya..hihi.

Ok, hari inia ku mau share resep Roti Sobek dengan Bread Maker, yang hasilnya empuk, lembut,  menul-menul. Tapi karena pakai Bread Maker, hasilnya tetap saja kotak...hihi. Jadi aku nggak ambil foto tadi, langsung saja videonya, klik tanda panah di link video atas ya teman-teman jika penasaran cara membuat Roti dengan Bread Maker dan hasil nya.

Aku tuliskan resepnya ya :

Roti Sobek

Bahan
510 gram Tepung Terigu
3 butir kuning telur
100 gram gula pasir
100 gram margarin
1/2 sendok teh garam
275 ml susu cair
1 pack ragi instan ( 11 gram )

Cara Membuat :
Jika pakai Bread Maker, masukkan cairan susu, di ikuti terigu, telur, gula, lalu proses dengan tombol DOUGH.
Jika sudah setengah kalis, masukkan margarin dan garam
Biarkan mesin Bread Maker menguleni adonan hingga kalis, nanti mesin akan mati sendiri jika sudah selesai tugasnya..hihi.
Diamkan 45 menit hingga mengembang dua kali lipat
Kempiskan adonan, timbang 50 gram, bentuk bulat, diamkan 10 menit sambil membulat-mbulat semua adonan
Ambil satu bulatan beri isi sesuai selera ( aku isi selai coklat )
Letakkan di dasar baskom bread makernya, aku tumpuk dua lapis tadi
Diamkan kembali 45 menit hingga mengembang kembali
Proses di Bread Maker dengan tombok Bake...tinggal aja ntar matang sendiri..hihi.

* Adonan di atas bisa di uleni juga ya, seperti biasa jika tidak ada Bread Maker

Selamat mencoba ya teman-teman..jika suka.



No comments :

Post a Comment