Google Ad

Friday, August 25, 2017

Soto Bening Daging


Menu Daging lagi ya teman-teman, tapi yang ringan aja...Soto...hihi. Lha hampir semua menu daging sudah pernah aku masak. Jadi silahkan search aja jika butuh menu-menu Idul Adha, banyak sekali resep Daging di webku ini. Jika kesulitan mencari dengan fasilitas search di sini, cari saja pakai pencarian di google, misal..mau cari resep Rendang, tinggal ketik di google, Resep Rendang Diah Didi, nanti akan langsung muncul link resepnya ke webku. Begitu lebih praktis dan mudah.

Nah kali ini mau share resep Soto lagi. resep Soto Bening aja..niru Soto Bening ala Soto Sedep di warung makan Soto yang terkenal dekat rumahku..hihi. Hasilnya Soto yang seger dan gurih ringan. Yodha lebih suka jenis Soto yang seger seperti ini di banding Soto yang kuah kental. Memang lebih cocok untuk menu anak-anak. tapi baut orang  tua yang enak-enak aja..apalagi jika di tambah sambel yang pedes, dan pelengkap seperti perkedel, dll...hihi. 

Untuk Soto seperti ini pilih Daging yang tidak berlemak, agar tidak ngendal kuahnya ya teman-teman. Pelengkap sebenernya bebasa saja. Kalau di warung Soto langgananku itu malah cuma isi Nasi, irisan Daging dan Taoge, Bawang Goreng dan Sledri aja. Nah, kalau aku tetap aku pakai soun, karena Yodha suka Soun. Oke, langsung saja ya ini dia resepnya teman-teman. Selamat mencoba ya...jika suka...

Soto Bening Daging

Bahan :
500 gram Daging sapi, rebus api kecil hingga keluar kaldu bening, potong-potong dagingnya, saring kaldu dan ukur 800 ml. Cara membuat kaldu bening silahkan lihat di SINI
2 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas , memarkan
1 batang sere, memarkan
1 sendok teh kaldu sapi bubuk dan garam secukupnya
1 sendok teh gula pasir

Bumbu halus :
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica butiran
2 cm kunyit, bakar dan geprek saja..tanpa di ulek biar warnanya nggak terlalu kuning kuahnya.

Pelengkap :
Soun, taoge seduh, Bawang merah goreng, sledri, Bawang putih goreng, jeruk nipis, kecap, sambal rawit

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan air kaldu dan bumbu lain. Masak hingga meresap. Koreksi rasa hingga pas rasanya. Susun bahan pelengkap soto di mangkuk, tuangi kuah soto.



4 comments :

  1. mbak diah
    aku kalau bikin olahan dari daging sapi kok baunya agak gimana gitu ya dagingnya
    agak bau bau giman gitu
    padahal sudah aq cuci berulang kali

    apa karena sempet aq taroh frezeer ya

    apa ada trik khusus ya mbak supaya tdk muncul bau bau anehnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, baunya bau khas daging sapi atau bau daging basi mbak?

      Delete
  2. Assalamualaikum bunda mengolah daging dari frezer gmn ya bun. Soalny kalo dr frezer suka berubah rasa biasany daging yg sedikit keras/masi amis gt.. Terimakasi bunda. Wassalammualaikum..

    ReplyDelete
  3. mba diah, air untuk merebus daging kira2 berapa liter ya sebelum akhirnya disaring?

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel