Thursday, August 31, 2017

Kroket Kornet Campur Dengan Tepung Kentang


Wah besok Lebaran ya teman-teman, selamat merayakan hari raya Idul Adha ya. Nah jika teman-teman memerlukan ide resep untuk menu hari rasa besok yang serba olahan daging, sudah pernah aku rangkum di SINI ya resep-resepnya. Ada 20 an lebih resep daging yang sudah aku share...hihi..jadi silahkan di pilih-pilih ya.

Nah kali ini aku mau share menu snack mudah dan praktis aja yang bisa jadi ide menu bekal anak, menu snack jika ada acara atau sekedar buat cemilan sore teman minum teh bersama keluarga, ini dia ya..resep Kroket Kornet yang mudah dan praktis, karena memakai Tepung kentang flakes. Dan lebih praktis lagi, karena isian Kroket di campur sekalian di adonan, jadi nggak perlu repot memasak sendiri isian atau mengisikan ke adonan. Semua campur saja jadi satu. rasanya sama enaknya kok..hihi.

Pakai Tepung kentang ini selain praktis juga ekonomis lho. Aku cuma pakai 100 gram Tepung kentang, jadinya lumayan banyak Kroketnya, jika ukuran mini bisa jadi 20 an lebih hihi. Belum lagi hemat waktu dan tenaga, hemat gas juga, karena nggak perlu merebus atau mengukus kentang, cukup langsung di seduh saja dengan air panas, siap di olah dech. 

Yang minat Tepung Kentang flakes ini silahkan ready banyak kok, baru datang stok barunya..masih fresh..hihi. Silahkan sms atau wa 089654712500 ya teman-teman. Dan di jamin awet karena sudah di proses hingga kering, jika mau pakai dan masak olahan yang memakai tepung kentang, tinggal seduh saja. Serbaguna kok Tepung kentang flakes ini teman-teman, bisa untuk olahan gurih atau manis, karena rasanya masih tawar Tepung Kentangnya. 

Kroket Kornet Campur Dengan Tepung Kentang

Bahan :
TEPUNG KENTANG FLAKES 100 gram, seduh dengan air panas hingga jadi adonan kentang kukus yang halus ( lihat Video )
100 gram Kornet Ayam, cincang kasar
1 buah wortel ukuran kecil, rebus sebentar, potong kotak kecil
6 batang buncis, rebus sebentar, potong kecil-kecil
1 batang sledri, cincang halus
1/2 bawang bombay, cincang halus
1 siung bawang putih, cincang
Secuil kecil Pala, haluskan
1 sendok teh kaldu ayam, 1 sendok teh gula pasir, 1/4 sendok teh merica bubuk 
50 gram terigu
100 ml susu cair

Pelapis :
50 gram terigu
Panko orange secukupnya
1 butir telur, kocok asal rata

Cara membuat :
Panaskan 1 sendok makan margarin, tumis bawang bombay, bawang putih dan pala hingga harum
Masukkan Kornet Ayam, aduk rata
Masukkan Tepung terigu, aduk hingga bergerindil agar matang tepungnya
Masukkan susu cair, aduk rata hingga mengental
Masukkan semua bumbu lain dan Tepung Kentang yang sudah di seduh
Aduk rata
Koreksi rasa
Jika sudah pas rasanya, bentuk bulat lonjong kecil
Lumuri dengan tepung terigu, celup kocokan telur, gulingkan ke panko
Goreng hingga luarnya renyah

Tips :
Agar kroket tidak pecah ketika di goreng, simpan dulu di kulkas atau di frezeer beberapa saat agar adonan lebih set. Goreng di minyak yang sudah di panaskan, dan terendam  menggorengnya. Jangan terlalu lama menggoreng kroket, cukup hingga bagian luar renyah, karena adonan kroket sudah matang asal terendam minyak menggoreng cepat saja tidak masalah.
Untuk lebih detail cara membuatnya, silahkan lihat video berikut ini ya teman-teman, klik aja tanda panah nya, Selamat mencoba...:)



1 comment :

  1. Mba Diah makasi untuk resep2 di blog ini, sebelumnya ak iseng browsing resep nasi liwet lalu berujung ke blog ini, berguna banget krn info2 memasak mba yang detail. Cheers :-)

    ReplyDelete