Wednesday, August 30, 2017

Fruit Cake Ekonomis


Cakes Kismis dan Sukade, atau bahas kerennya di bakery-bakery biasa di sebut Fruit Cake..hihi. Salah satu Kue favoritku. Sayangnya jika beli kadang suka  neg terlalu manis atau ada yang pakai rhum, jadinya malah mblenger menurutku aromanya. Membuat sendiri mudah sich, tapi yang ngabisin yang nggak ada hahah. Tapi jika lagi pengen banget buat ya tetap buat dan aku bagi-bagi aja.


Kayak tadi, lihat di rak dapur masih ada sedikit Sukada dan Kismis, daripada kelamaan lupa dan di makan semut haha...akhirnya aku buat Fruit cake aja. Dan beneran yang suka cuma aku..Yodha dan papinya lebih suka cake yang lembut seperti sponge cake atau chiffon, kalau Buttercake yang agak padat gini kurang suka. Padahal enak, empuk dan moist lho, dan harum wangi buah kering. Mereka juga kurang suka kismis sich sebenernya..Ayah dan anak sama selera...hihi. Padahal Emaknya suka banget Kismis, di cemil gitu aja aku suka. Akhirnya aku bagi-bagi aja tadi Cakenya biar cepat habis.

Cake jenis ini memang jenis cake Butter cake yang cara pembuatannya Margarin dan Gula di kocok terlebih dahulu. Jadi jenis Cake yang padat, tapi jika cara pembuatannya benar, akan tetap moist hasilnya. Apalagi jika memakai tehnik Telur di kocok terpisah, walau cuma pakai 3 telur, tetap empuk dan moist hasil Cakenya.

Untuk membuat Buttercake seperti ini kuncinya, gula di blender terlebih dahulu, agar lebih mudah mengocoknya. Kemudian, telur di kocok masuknya satu persatu, jika langsung masuk, akan misah adonan seperti pecah ketika di kocok. Jika putih telur di kocok terpisah, pastikan putih telur bebas dari kuning telurnya. Jika kecampuran sedikit saja, tidak akan mengembang ketika di kocok. Alat untuk mengocok  putih telur juga harus bebas lemak dan bebas air ya teman-teman.

Ok, langsung aja ya ini dia resepnya...selamat mencoba, jika suka, untuk lebih jelasnya cara membuatnya, aku juga sudah buat video singkatnya di youtube ya teman-teman, atau klik saja tanda panah berikut langsung juga bisa di putar di sini..hihi.

Fruit Cake Ekonomis

Bahan :
3 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
100 - 125 gram gula pasir, di blender ( selera manisnya sesuai masing-masing ya )
175 gram Margarin 
150 gram Tepung terigu protein sedang plus 1 sendok makan munjung susu bubuk plus 1 sendok makan munjung Maizena plus 1/2 sendok teh baking powder, aduk rata dan ayak, sisihkan
50 gram Kismis, 5 gram Sukade warna warni, cuci kismis, keringkan. Taburi tepung tipis2 Sukade dan kismisnya.

Cara membuat :
Siapkan loyang Loaf, oles dengan sedikit margarin, taburi terigu tips-tips aja
Kocok putih telur hingga kaku, sisihkan. Pastikan wadah dan pengecok kering, bebasa lemak dan bebas dari kuning telur sedikitpun agar mengembang
Siapkan wadah lain, kocok margarin dan gula hingga putih mengembang, masukkan kuning telur satu persatu, sambil terus di kocok hingga mengembang ( nggak mengembang tinggi sich, hanya creamy dan putih warnanya, nampak mengkilat dan lembut )
Masukkan campuran terigu
Aduk rata dengan spatula
Masukkan putih telur, separo dulu, aduk rata, masukkan sisa putih telur perlahan Aduk hingga tercampur rata dengan spatula
Masukkan Kismis dan Sukade, aduk rata
Panggang 40 menit suhu sedang hingga matang ( tergantung oven masing-masing ya panas dan lamanya memanggang ) ..contoh, jika aku pakai ovenku yang besar, suhu musti 200 C, karena bagian dalam oven luas, sirkulasi udara juga luas, jadi kalau suhu 170 berasa lebih lama manggangnya, ngga matang-matang...hahah. Jika aku pakai ovenku yang kecil, suhu 170 C, cukup lah.


No comments :

Post a Comment