Monday, August 28, 2017

Sambel Goreng Labu Siam, Krecek, Dan Tahu


Menu Semarangan, favorit suami yang tidak pernah bosan adalah Sambal Goreng labu siam. Banyak variasi Sambel Goreng labu siam di sini. Ada yang di masak dengan Krecek, itu biasa untuk pelengkap Nasi Ayam. Ada yang di masak bersama Tahu, Telur rebus, dan Kacang Tholo seperti ini, kalau ini biasa di jual di warung-warung Nasi ramesan atau di jual penjual sarapan di pagi hari. Biasa kalau di jual pagi hari di sajikan dengan Bubur Nasi putih. Rasanya pas sekali berpadu dengan Bubur ala Jawa yang gurih.
Aku sering masak Labu siam setelah pindah Semarang. Kalau di Yogya sich kurang biasa masak ini. lebih sering Pepaya Muda. Tapi memang enak semua..aku suka semua..hihi. Apa yang nggak suka ya..hihi. Pokoknya menu-menu tradisional Jawa itu nggak pernah mbosenin. Nyatanya dari kecil makan ya nggak bosan ya..hahah.

Sayangnya belum berhasil membuat Yodha menyukai menu Jawa bersantan seperti ini. Dia lebih suka yang modern, atau lauk-lauk keringan Ayam goreng, Daging, dll..hihi. Salah aku juga kali ya..terlalu memanjakan dia. Kalau masak musti dua, untuk Yodha sendiri, untuk Papinya sendiri. Coba kalau ala-ala orang tua kita jaman dulu, apa yang ada di meja kudu di makan, ya mungkin doyan juga karena kepepet..hahah. Tapi yo kasian lah ya..biarin aja..ntar kalau udah besar ya bisa suka sendiri ya...hihi.

Tips agar Sayur berkuah seperti ini enak, tumis bumbu hingga benar-benar matang ya teman-teman, dan masak api kecil hingga meresap. Silahkan cek video aku di youtube berikut ini ya, agar lebih jelas cara menumis bumbunya ya. Jangan lupa subcribe ya aku you tube aku, insyaallah tiap hari aku bikin video tutorial singkat terbaru. Selamat mencoba teman-teman jika suka...:)

Sambel Goreng Labu, Kacang Tholo dan Tahu

Bahan :
1 buah labu Siam, potong korek api
100 gram Kacang Tholo, rendam semalaman, atau rebus hingga mengembang
3 buah Tahu kulit, iris kotak
2 lembar daun salam
3 cm lengkuas, memarkan
1 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
1/2 sendok makan ebi, rendam air panas, haluskan bersama 50 gram cabe merah, dan 1 siung bawang putih
8 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, iris tipis
1000 ml santan sedang / encer saja

Cara membaut :
Tumis duo bawang hingga matang dan harum
Masukkan cabe halus
Tumis hingga matang
Masukkan santan, dan semua bumbu
Didihkan
Masukkan Labu, Kacang Tholo, dan Tahu
Masak api kecil hingga meresap

1 comment :